Pengaruh Experiential Marketing Pada Hypermart
Abstract
Bisnis ritel modern dengan format minimarket, Supermarket dan Hypermarket berkembang dengan pesat hal ini ditandai dengan semakin banyaknya gerai ritel yang beroperasi serta meningkatnya omzet dari tahun ke tahun. Gerai ritel ini dimiliki oleh pengusaha nasional maupun pengusaha luar negeri yang memasuki pasar domestik. Hal ini menyebabkan persaingan di bisnis ritel semakin ketat, salah satu strategi memenangkan persaingan adalah memberikan pengalaman yang menyentuh hati dan perasaan konsumen (Experiential marketing) dengan menggunakan dua keranngka utamanya yaitu : Experiential Provider dan Strategic Experiential modules
Full Text:
PDFReferences
Christian, A., & Dharmayanti, D. (2013). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty The Light Cup Di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-13.
Hamzah, A. (2007). Analisis Experiential Marketing, Emotional Branding, Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Merek Mentari. Jurnal Usahawan, Hal, 22-28.
Kusumowidagdo, A. (2012). Pengaruh Desain Atmosfer Toko Terhadap Perilaku Belanja Studi Atas Pengaruh Gender Terhadap Respon Pengunjung Toko. International Research Journal Of Business Studies, 3(1).
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel_Strategi Dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia.
Rini, E. S. (2009). Menciptakan Pengalaman Konsumen Dengan Experiential Marketing.
De Farias, S. A., Aguiar, E. C., & Melo, F. V. S. (2014). Store Atmospherics And Experiential Marketing: A Conceptual Framework And Research Propositions For An Extraordinary Customer Experience. International Business Research, 7(2), 87.
Kartajaya, H., Indrio, B. D., & Madyani, D. (2004). Marketing In Venus. Gramedia Pustaka Utama.
Kustini, K. (2007). Penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 44-57.
Liu, K. T. (2012). Exploration Convenience Store Service Quality Phenomenon In Taipei By Experiential Marketing With Kano Model. The Journal Of Human Resource And Adult Learning, 8(1), 175.
Levy, M., Weitz, B. A., & Grewal, D. (1998). Retailing Management, Sixth Edition, New York:Mc Graw Hill
Ida Farida Oesman. 2007. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggaln Kosmetik Tata Rias Dasar Sari Ayu Martha Tilaar Bandung, Kinerja: Jurnal Ilmu Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, Vol.8, No.2, Desember 2007.
Indonesianconsume. Blogspot.Com/2013/02/Perkembangan Baru Bisnis Ritel Modern.Html
Pandin, M. L. (2009). Potret Bisnis Ritel Di Indonesia: Pasar Modern. Economic Review, 215, 1-12.
Jatmiko, R. D., & Andharini, S. N. (2012). Analisis Experiential Marketing Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Wisata (Studi Pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(2), 128-137.
Suryawan, S. (2013). Analisa Hubungan Antara Experential Marketing, Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Cafe Nona Manis Grand City Mall Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-10.
Sopiah, S., & Pd, M. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing. Journal Of Marketing Management, 15(1-3), 53-67.
Novia, V., & Musfar, T. F. (2012). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty Pada Pelanggan Restoran Koki Sunda Di Pekanbaru. Jurnal Ekonomi Universitas Riau, 20(04).
Hidayat, T. (2009). Cengkeraman Hypermarket Di Bisnis Ritel. SWA, Edisi, 19, 28-34.
Susilo, Y. S. (2007). Ini Zamannya Shopping Experience. Marketing.
DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.4712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa
Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039