KAJIAN TENTANG PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) OLEH UKM (USAHA KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA & APLIKASINYA

Ratih Tresnati

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji Usaha Kecil Menengah/UKM di Indonesia dalam melakukan kegiatan Corporate Social Responsible (CSR). UKM ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat, penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM juga banyak tercipta unit-unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari itu UKM juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. Walaupun perusahaan UKM berskala menengah dan kecil, tidak berarti mereka tidak dapat berbagi kepada masyarakat maupun kepada perusahaan yang skalanya lebih kecil dalam program CSR. Salah satu model CSR yang dapt dilakukan oleh perusahaan UKM adalah "Mendukung atau bergabung dengan suatu konsorsium. Perusahaan turut mendirikan, menjadi anggota atau mendukung lembaga sosial yang didirikan untuk tujuan sosial tertentu. Contoh lembaga yang melakukan model tersebut adalah “Dompet Dhuafa". Awalnya berdirinya, Dompet Dhuafa bernama Ikatan Silaturahmi Republika (ISR) yang merupakan bagian dari kesekretariatan Harian Republika yang menghimpun zakat dari para pegawainya. Kemudian ISR berkembang dengan melibatkan partisipasi dari masyarakat, dan akhirnya memasyarakat, maka diubahlah ISR menjadi Dompet Dhuafa Republika pada tanggal 2 Juli 1993. Adapun fungsi dari DD adalah menjalin ukhuwah melalui pemasyarakatan ZIS, dan menunjang pemberdayaan ummat melalui penguatan jaringan Institusi BMT, bertujuan meningkatkan kualitas iman, kesehatan dan taraf hidup masyarakat yang menjadi sasaran program. Disinilah beliau pemah menduduki posisi sebagai kepala Divisi Sosial Dompet Dhuafa. Divisi Sosial adalah divisi yang menangani penyaluran dana ZIS (zakat,  infaq, sedekah dari muzzaki kepada mustahik.

            Dari kajian ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan UKM dapat melaksanakan kegiatan CSR yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Dengan kegiatan CSR nya, "Dompet Dhuafa"  telah banyak menolong kelompok Usaha Kecil dan masyarakat Dhuafa,  sehingga mereka mampu meningkatkan taraf hidup tanpa memberatkan mereka. 


Full Text:

PDF

References


Adrian, Mirza, 2007. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Indonesia : Sebuah Tinjauan Singkat

Agus, F., & Manikmas, M. A. O. (2003, August). Environmental roles of agriculture in Indonesia. In 25th Conference of the International Association of Agricultural Economists (pp. 16-22)

Hackston, D., & Milne, M. J. (1996). Some determinants of social and environmental disclosures in New Zealand companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 9(1), 77-108.

Hill, H. (1992). Indonesia's textile and garment industries: Developments in an Asian perspective (No. 87). Institute of Southeast Asian.

Kotler, P., & Lee, N. (2008). Corporate social responsibility: Doing the most good for your company and your cause. John Wiley & Sons.

Rivai, Adri Yanti, 2008. Mendukung UMK Merancang Program Corporate Social Responsibility

Saidi, Z. (2004). Menjadi Bangsa Pemurah: Wacana dan Praktek Kedermawanan Sosial di Indonesia. Ford Foundation.

Setyobudi, A. (2007). Peran serta bank Indonesia dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Buletin Hukum Perbankan dan Kebanksentralan, 5(2), 29-35.

Susanto, A. B. (2007). Corporate Social Responsibility. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.

Tambunan, T. (1999). Perkembangan industri skala kecil di Indonesia. Mutiara Sumber Widya.

Wibisono, Y. (2007). Membedah konsep & aplikasi CSR: corporate social responsibility. Fascho Pub..

Zuhroh, D., & Sukmawati, I. P. P. H. (2003). Analisis pengaruh luas pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan terhadap reaksi investor. Simposium Nasional Akuntansi VI, 1314-1326.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.4713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039