Strategi Keunggulan Bersaing Melalui Keunggulan Asosiasi Merk, Kekuatan Asosiasi Merk dan Keunikan Asosiasi Merk
Abstract
ABSTRACT
Competition in the bag industry has developed quite rapidly, the company is implementing various strategies to win the market competition. One of them is to create a strong brand image to get top of mind in consumers' hearts. The purpose of this study was to analyze the effect of increasing brand image on the competitive advantage of Loram Wetan bags in Kudus Regency. This research uses explanatory research type, the analysis uses multiple linear regression statistics with sampling applying convenience sampling technique. Samples were obtained from respondents who used Loram Wetan Village product bags. The partial test results show that the enhancement of the Loram Wetan bag brand image can significantly increase the effect on increasing competitive advantage. This success is shown based on the test value of the coefficient of determination. Improving the brand image can provide a significant effect on increasing the competitive advantage of Loram Wetan bag products.
Keywords: brand association favorability, strength, uniqueness, competitive advantage
ABSTRAK
Persaingan industri tas mengalami perkembangan cukup pesat, perusahaan melakukan berbagai strategi untuk memenangkan persaingan pasar. Satu di antaranya adalah dengan membuat citra merk yang kuat untuk mendapatkan top of mind di hati konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana pengaruh peningkatan citra merk terhadap keunggulan bersaing tas Loram Wetan Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research, analisis menggunakan statistik regresi linier berganda dengan sampling menerapkan teknik convenience sampling. Sampel diperoleh dari responden yang menggunakan tas produk Desa Loram Wetan. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa peningkatan citra merk tas Loram Wetan mampu meningkatkan pengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keunggulan bersaing. Keberhasilan ini ditunjukkan berdasarkan nilai uji koefisien determinasi. Peningkatan citra merk mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keunggulan bersaing produk tas Loram Wetan.
Kata kunci: keunggulan asosiasi merek, kekuatan, keunikan, keunggulan bersaing
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Ardiani Ika Sulistyawati, Rejeki Ari Indrayani. (2012). Pengaruh Kepuasan Karyawan, Training, Turnover, Dan Produktivitas Karyawan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Perusahaan, Jurnal Dinamika Akuntansi Vol. 4. No. 2. (2012) 83-93.
Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right Terhadap Inovasi dan Kreativitad), Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 20, No. 2, September 2013, Hal. 142 – 149. ISSN: 1412-3126
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler & Amstrong. (2012). Principles of marketing (14 th edition). New Jersey: Pearson Education.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kudus Dalam Angka. (2013). Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Kudus dan BPS Kabupaten Kudus.
Marheni Eka Saputri, Tutut Ratna Pranata. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap Pengguna Smartphone Iphone, Jurnal Sosioteknologi, Vol. 13 No. 3 Desember 2014, hl. 193-201.
Markland, Robert E., Cornelia Droge and Shawnee Vickery. (2008). Source and Outcomes of Competitive Advantage : An Exploratory Study in the Furniture Industry. Decision Sciences, 25 (5/6) : 669 –689
Merakati, Indah., Rusdati., dan Wahyono. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran, Journal of Economic Education, Vol. 6, No. 2, pp. 114-123
Nusair, N., Ababneh, R., & Bae, Y., (2012). The impact of transformational leadership style on innovation as perceived by public employees in Jordan. Inter national Journal of Commerceand Management, 22(3), 182-201.
Parkman, I.D., Samuel S.H., & Helder. S. (2012). Creative industries: Aligning Entrepreneurial Orientation and Innovation Capacity, Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 14(1), 95-114.
Porter, Michael E. (2011). Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Erlangga, Jakarta
Ranjbarian, B., Abdollahi, Masoomeh, S., dan Khorsandnejad, A. (2011). The Impact of Brand Equity on Advertising Effectiveness (Samsung and Snowa brand names as a case study), Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, Vol. 5, No. 3, pp. 229-238.
Riprabowo, Tri. (2011). Analisis brand image handphone merek nokia terhadap loyalitas konsumen di kecamatan gresik kebomas kabupaten gresik, Jurnal Logos Vol. 5, No. 1 Juli 2007.
Sarjono, Haryadi & Winda Julianita. (2011). SPSS vs LISREL: sebuah pengantar, aplikasi untuk riset. Jakarta : Salemba Empat.
Schiffman, Leon G & Kanuk, Leslie L. (2010). Perilaku konsumen, edisi ketujuh. Jakarta : PT.Indeks.
Sekaran, Uma & Bougie Roger. (2010). Research methods for business, a skill building approach. USA : John Wiley & Sons.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
Sunyoto, Danang. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama
Surachman. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Malang: Bayumedia Publishing
Triton PB, (2008). Marketing Strategic. Yogyakarta: Tugu.
DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.4872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039