Kajian Strategi Event and Experience Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru (Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Unisba)

Ratih Tresnati

Abstract


Artikel ini membahas tentang Strategi Event & Experince yang diguan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Bandung guna meningkatkan iumlah mahasiswa Baru. Event & Experience, pada dasarnya adalah sebuah alat promosi memberikan pengalaman kepada pelanggannya, siswa-siswa SMA dan sederajatnya di kota Bandung dan sekitarnya, antara lain dengan mengadakan kunjungan ke SMA-SMA di lingkungan kota Bandung dan sekitanya bahkan ke Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pelaksanaan Strategi Event & Experience yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Unisba; 2) Mengetahui Hasil Strategi Event & Experience tersebut terhadap Peningkatan jumlah Mahasiswa Baru.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Guna mendapatkan data tentang Strategi Event & Experience, jenis datanya sekunder berupa laporan Tahunan Unisba, yang diperoleh dengan wawancara kepada : Kabag Humas Unisba. Pimpinan Fakultas Ekonomi Unisba, Kabag Puslahta Unisba. Analisis dalam penelitian ini adalah melalui teknik FGD (Focus Group Discussion) dan Brainstorming  kemudian dikonfrontir dengan data sekunder yang didapatkan, dianalisis lebih tajam mengenai dampak Strategi Event & Experience terhadap jumlah mahasiswi baru di Ekonomi. Dalam beberapa tahun terakhir, Fakultas Ekonomi melakukan promosi dengan menggunakan alat promosi Event & Experience, dengan media : kunjungan ke SMA-SMA se kota Bandung atau di kota-kota di Jawa barat, pelatihan-pelatihan ditujukan ke siswa maupun guru-guru SMA dan lain-lain. Cukup mengembirakan dimana jumlah pendaftar ke Unisba khusunya Fakultas Ekonomu menunjukkan trend yang meningkatkan dari tahun ke tahun.

 

Key word : Event & Experience

Full Text:

PDF

References


Fou, Agustine. 2005. Experiential Marketing To Give Enough Information to make The Purchase Decision. Marketing Science Consulting Group. Inc.

Irawan, Handi. 2006. Pekerjaan Semitt Belum Selesai. Majalah Marketing, No. 03/VI/Maret/2006, halaman 34.

Kartajaya, Hermawan. 2000. Membentuk Pengalaman Pelanggan. Bisnis Indonesia. 05/Oktober/2000, halaman 5.

Kotler, Philip. Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. 14th Edition. USA: Prentice Hall Inc.

Mowen, C. John. 1999. Consumer Behavior. Fourth Edition. Oklahoma: Prentice Hall International edition Oklahoma University.

Mowen, C. John, Michael Minor (alih Bahasa Dwi Kartini Yahya). 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Morton, Jack. 2006. Experiential Marketing Influence Such A High Proportion Of Purchase Decision.

Schiffman, G., Leon, Leslie Lazar Kanuk. 2002. Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Educational Internasional Prentice Hall, Inc.

Scmitt, Bernd H. 1999, 1st Edition. Customer Experiences Management. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Scmitt, Bernd H. 1999. 1st Printing. Experiential Marketing. New York: The Free Press.

Solomon, R. Michael. 1999. Consumer Behavior. Fourth Edition, New Jersey: Prentice Hall, Inc.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v8i2.6067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039