Kajian Teoritis Dan Empiris : Kreativitas & Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan Industri Kreatif Kota Bandung

Titi Laras

Abstract


Dalam kajian ini, penulis memilih Industri Kreatif Bandung sebagai unit penelitian. Adapun alasan sebagai industri kreatif kota Bandung, menurut Simatupang, (2007: 15) sebagai berikut: (a) Kota Bandung dikenal sebagai Paris Van Java dan Pusat Kebudayaan Sunda; (b) sudah dikenal sejak dulu kala sebagai pusat tektil dan mode; (c) pusat promosi karya budaya termasuk perintis perfileman nasional; (d) trend setter mode pakaian di kalangan anak muda; (e) sebagai daerah tujuan wisata dari Jakarta dan kota kota lainnya; (g) dike dengan generasi mudanya yang kreatif dan berani berekperimen dengan gagasa gasan yang inovatif; (h) sumberdaya pendukung industri kreatif tersedia dengan baik, dan (i) sebagai pusat pendidikan tinggi teknologi, bisnis, desain dan komunikasi visual.

Mendasarkan fenomena dan penelitian terdahulu, maka tema sentral dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; faktor pengubah creative destruction yang berati, dibangun inovasi baru dalam industri akan menggusur industri -industri lama yang tidak kreatif dan menggatinya dengan kreatif. Industri kreatif adalah bagian dari ekonomi kreatif.

adapun yang menjadi fenomena dilipangan menunjukkan:

1. Terdapat transportasi masih bermaalah

2. Lemahnya penguasaan teknologi pendukung industri kreatif

3. Pelaku usaha kurang terinoti untuk mengolah bahan baku menjadi bahan jadi jadi profitnya rendah

4. kurangnya apresiasi masyarakat terhadap produk kreatif

5. Belum ada bentuk skema pembiayaan yang sesuai untuk industri kreatif


Full Text:

PDF

References


Agteren, Rob Van. 2004. The Competitive Advantage of Corporate Performance Management, Whitepaper Achinas For Sustainable Growth, www.achinas.com

Al-Rfou and Trawneh, 2010. To What Extent Can a Company Achieve a Competitive Advantage Through Job Development?, J Soc Sci, 23(3): 189-196 (2010), Accounting and Business Department, Tafilah Technical University, Tafilah 66110,JordanFax: 962- 32250002, E-mail: “ahmadrafo_357@yahoo.com, **khalaftara@yahoo.co.uk

Amabile (1997:4) Creativity, Desaign and Business Performance, DTI Economics Paper No. 15.

Amabile, T. M. (1983) The social psychology of creativity: A componential conceptualization. Journal of personality and social psychology 45 pp.(357-376

Anatan, Trifena Lina dan Ellitan, Lena, 2005. Strategi Inovasi dan Kinerja Operasional Perusahaan: Sebuah Review Aplikasi Intellectual Capital Management Dalam Era Baru Manufaktur, Proceding Seminar nasional PESAT, ISSN:185822559. Auditorium Universitas Gunadarma-Jakarta.

Asmuji, 2010. Pengaruh Kreativitas Terhadap Inovasi dan Kinerja Pemasaran pada Perusahaan Kerajinan Bambu di Kabupaten Jember, Jurnal Aplikasi Manajemen, Volome 8, Nomor 1, Feberuari 2010. Terakreditasi SK. Ditjen Dikti No. 43/Dikti/Kep/2006, ISSN: 1693-5241

Auw, Emily, 2009. Human Capital, Capabilities & Competitive Advantage, International Review of Business Research Papers Vol. 5 September 2009 Pp. 25-36

Bessant, John; Whyte, Jennifer, and Neely, Andrew. DTI Think Piece 2005, ‘Management of creativity and design within the firm,’Advanced Institute for Management (AIM) and Imperial College, subsequently referred to as Bessant et al (2005).

Blankenship, Joseph.C. 2004. Competitive Advantage Through Business Performance Management. Issues in Information system, volume V. No.1. Youngtown State University.

Byars, Lloyd L and Rue, Leslie 2000. Human Resource Management, Sixth Edition. Boston: McGraw-Hill.

Chang, H Otto and Chow, W Chee 1999. The Balanced Scorecard: A Potential Tool For Supporting Change and Continuous Improvement in Accounting Education. Issues in Accounting Educations. Vol. 14. Nomer. 3. pp. 396-412

………………, 1997, Human Resources Management, 7th Edition, Prentice Hail, International Inc.

Cooper, Donald D and Pamela S. Schindler. 1998. Business Research Methods Boston, Mc.Graw-Hill International Edition.

Cooper, Donald. R and Schindler Pamela. S. 2006. Metode Riset Bisnis, edisi Sembilan, Mc-Graw-Hill Irwin. PT. Media Global Edukasi. Jakarta. Creativity and Competitiveness 13

Decenzo, David A and Stephen, P. Robin, 1999. Human Resource Management, Sixth Edition, New York, John Wiley & Sons, Inc.

Eddy Soeryanto Soegoto, 2009, Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung. Cetakan pertama, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Einstein, Feynman. 1999.(both attributed) dalam Creativity, Desaign and Business Performance, DTI Economics Paper No. 15.

Hair, JR, Joseph F., Rapl E., Anderson., Ronald L., Tathan, and William C. Black, 1998. Multivariate Analysis. FifthEdition, New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.

Han, Jin. K, Namwoon Kim and Rajendra K. Srivastava, 1998. Market Orientation and Organizational Performance: Is innovation a missing link?. Journal Marketing, p.42-45

Hoque Zahirul and Wendy James. 2000. Lingking Balanced Scorecard Measures to Size and market Factors: Impact on Organizational performance. JMAR. Volome Twelve. Pp. 1-17

Inpres No. 6 tahun 2007, Tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

Ittner, D Christopher and Larcker, F David 1998. Innovations in Performance Measurement: Trends and Research Implications. JMAR. Volome 10. pp. 206-237.

Khandwalla, Pradip. N. 2003. Corporate Creativity The Winning Edge, Tata Mc.Graw-Hill Publishing Company Limited, ISBN:0-07-049949-7, 7 West Patel Nagar, New Delhi 110008, Typeset at LeoCap Expressions, B 302, Rishi Apartment, Alaknanda, New Delhi 110019.

Lipe, Gascho Marlys and Saltero, E Steven, 2000: The Balanced Scorecard: Judgemental Effect of Common and Unique Performance Measures. The Accounting Review. Vol. 75. No. 3. pp. 283-298

Munandar, 2009, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Cetakan ke tiga, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

NACCE10 (1999:4) dalam Creativity, Desaign and Business Performance, DTI Economics Paper No. 15.

Nurbayani, Nenny. 1996. Wahana Senirupa, dari STISI untuk seni rupa dan desain, ISSN No. 0852-5374. STT No. 2080/SK/DITJTNPPG/STT/1994.

Pilcher, Tery (2004), Company Benchmarking for Competitive Advantage, Assistant Director-Department of Trade and Industry UK, (BCSMgt@aol.com).

Porter, Michael E and Kramer, Mark R., 2002. The CompetitiveAdvantage of CorporatePhilantropy, by Harvard Business School Publishing Corporation, All Right Reserved. Haervard Business Review.

Richard Florida. (2002). Creativity Desaign and Business Performance, DTI Economics Paper No. 15.

Rivai, Veithzal and Sagala, Ella Jauvani, (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori dan Praktik. Edisi kedua, PT. RajaGrafindo, Jakarta.

Schiff, D Andrew and Hoffman, Richard L.1996. An Exploration of The Use of Financial and Non Financial Measures of Performance by Executive in a Service Organization, Behavior Research in Accounting. Volome 8. pp. 134-153.

Sekulic, Vesna (2009) Corporate Strategy Development And Competitive Advantage of Enterprise, The Faculty of Economics, University of Nis, Serbia vesna.sekulic@eknfak.ni.ac.rs Facta Universitatis Series: Economics And Organization Vol. 6, No 3, Pp. 269-279

Simatupang, Togar M, (2008). Jurnal Sekolah Bisnis dan Manajemen Perkembangan Industri Kreatif. Penerbit ITB Bansung

Stobbeleir, Katleen; et.al. 2010. From Creativity To Success: Barriers and Critical Success Factors In The Creative Process. Vlerick Leuven Gent Management School, e-mail:Katleen.DeStobbeleir@vlerick.com. 201. pp. 1-26

UK DCMS Task Force (1998:4) dalam buku Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015, bagian I tentang pengantar dan arah pengembangan ekonomi kreatif Indonesia 2025

Umi Kaltum. 2010. Pengaruh Strategi Bisnis Dan Total Quality Service Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Implikasinya Pada Kinerja Unit Bisnis Industri Telekomunikasi Di Indonesia (Suatu Survey Di Pulau Jawa). Universitas Padjadjaran, Bandung.

Wood, et. al. 2001. Organization Behavior. A Global Perspective, 2th edition, John Wiley & Sons Australia, Ltd.

Yuan Hung-Richard Yu, (2006) Business Process Management As Competitive Advantage: A Review and Empirical Study. Toko University Department of International Business No. 51 Sec. 2, University Road Pu-Tzu City, Chia-Yi County 613 Taiwan

Yu-Yuan Hung, Richard, 2009. Business Process Management As Competitive Advantage: A Review And Empirical Study, Toko University Department of International Business, E-mail: ryyhung@mail.toko.edu.tw, ryyhung@yahoo.com.tw

Zuhal, 2010. Knowledge and Innovation Platform Kekuatan Daya Saing, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, ISBN 978-979-22-5652-9, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v8i2.6073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039