Dampak Implementasi Sistem Mutu ISO-9000 Terhadap Kinerja Rumah Sakit Umum di Kota Palu Sulawesi Tengah (Survei pada RSU Pemerintah dan RSU di Kota Palu)

Syamsuddin Syamsuddin, Azib Asro'i

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem mutu ISO-9000 dalam dimensi aspek produk, aspek pelaksanaan, dan aspek peran manajemen secara parsial dan simultan terhadap kinerja rumah sakit umum di Kota Palu Sulawesi Tengah. Tujuan tersebut, maka metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sensus, jenis penelitian deskriptif-verifikatif, metode penelitian explanatory survey, teknik yang digunakan adalah cross sectional, serta objek dalam penelitian ini adalah kinerja rumah sakit umum di Kota Palu Sulawesi Tengah.

Hasil pengujian hipotesis pertama (aspek produk) menunjukkan bahwa sistem mutu ISO-9000 dari aspek produk secara parsial berpengaruh negative terhadap kinerja rumah sakit umum di Kota Palu Sulawesi Tengah yaitu sebesar (-2.8) persen; dengan rincian besarnya pengaruh langsung yaitu 47,9 persen, serta besarnya pengaruh tidak lagsung yang melalui aspek pelaksanaan dan aspek peran manajemen yaitu (-50.7) persen.

Hasil pengujian hipotesis pertama (aspek pelaksanaan) menunjukkan bahwa sistem mutu ISO-9000 dari aspek pelaksanaan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit umum di Kota Palu Sulawesi Tengah yaitu sebesar 21.9 persen; dengan rincian besarnya pengaruh langsung yaitu 13.2 persen, serta besarnya pengaruh tidak langsung yang melalui aspek produk dan aspek peran manajemen yaitu 8.6 persen.

Hasil pengujian hipotesis pertama (aspek peran manajemen) menunjukkan bahwa sistem mutu ISO-9000 dari aspek peran manajemen secara parsial berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit umum di Kota Palu Sulawesi Tengah yaitu sebesar 75.1 persen; dengan rincian besarnya pengaruh langsung yaitu 82.4 persen, serta pengaruh tidak langsung yang melalui aspek produk dan aspek pelasanaan yaitu (-7.3) persen.

Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa sistem mutu ISO-9000 (aspek produk, aspek pelaksnaan, aspek peran manajemen) secara simultan berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit umum di Kota Palu Sulawesi Tengah yaitu sebesar 94.2 persen, serta 5.8 persen ditentukan oleh variabel luar.

 

Kata Kunci: ISO-9000


References


Amin Widjaja Tunggal, 1993. Manajemen Mutu Terpadu Suatu Pengantar, Rineka Cipta, Jakarta.

Anthony, Robert N & Vijay Govidarajan, 1998. Management Control System. Ninth edition, Boston. Mc, Graw Hill, Inc. Boston.

Bambang H. Hadiwiardjo dan Sulistijarningsih Wibisono, 2000. Memasuki Pasar Internasional dengan ISO 9000 Sistem Manjamen Mutu, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Barbara Gunawan, 2000. Menilai Kinerja dengan Balanced Scorecard. Manajemen. September. Jakarta.

Budi W. Sutjipto, 1997. Mengukur Kinerja Bisnis denga Balanced Scorecard. Manajemen Usahawan. Juni. No.06. TH XXVI.

Brandon, Charles H & Drtina. Ralph E, 1997. Management Accounting. Strategy And Control. Second Edition. Mc. Graw-Hill Companies, Inc. Canada.

Dewan Standarisasi Nasional, 1992. Panduan SNI Seri 19-9000 Manajemen Mutu, Dewan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Djarwanto dan Pangestu Subagyo, 1996. Statistik Induktif, BPFE, Yogyakarta

Fandy Tjiptono, 2000. Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta

____________, 2000. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS), Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana, 2001. Total Quality Management, Edisi Keempat, Andi, Yogyakarta.

Freeman. Edward R, 1995. Manajemen Strategik: Pendekatan Terhadap Pihak-Pihak Yang Berkepentingan. PPM. Jakarta.

Gibson L, James, Ivancevich M, John & Donnelly H. James. Jr, 1991. Organanization : Behavior, Structure, Processes, Seventh Edition. Ricahrd D. Irwin, Inc.

Gilang Proyadi S, 1996. Menerapkan SNI Seri 9000 ISO 9000 (Series) Produk Manufakturing, Bumi Aksara, Jakarta.

Hansen, Mowen R Don dan Maryanne M. 1998, Management Accounting. International Thomson Publishing Co. Ohio,

Imai Masaaki, Alih Bahasa Mariani Gandamihardja, 2001. Kaizen Kunci Sukses Jepang dalam Persaingan. Lembaga Manajemen PPM, Jakarta.

Kaoru Ishikawa, Alih Bahasa Nawulo Widodo, 1989. Guide To Quality Control, Asian Productivity Organization, Melton Putra, Jakarta.

Kaoru Ishikawa, Alih Bahasa Budi Santoso, 192. What Is Total Quality Control (The Way Japanese Way), Remaja Rosda Karya, Bandung.

Kaplan, Robert & Noorton. David P, 1996. Translating Strategy Into Action The Balance Scorecard. Harvard Business School, Boston.

Masri Kanra, 2001. Industri Sulteng Tumbuh 4-5 Persen, Harian Radar Sulteng, Palu

Masri Singaribuan dn Sofyan Effendi, 1995. Metode Penelitian Survei dan Penyusunan Skala, LP3ES, Jakarta.

Miller. Alex & Dess G. Gregory, 1996. Srategic Management. Second Edition. MC Graw-Hill.

Mulyadi, 1999. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Aditiya Media, Yogyakarta.

Mulyadi, 2001. Balanced Scorecard, Salemba Empat, Jakarta.

Murdick, Robert G, Render Render, and Roberta S. Russel, 1990. Service Operations Management, Printed in The United States Of America.

Nevizond Chatab, 1997. Mendokumentasi Sistem Mutu ISO – 9000, Edisi Pertama, Andi, Yogyakarta.

Nirwana SK, Sitepu, 1994, Analisis Jalur (Path Analysis), FPMIPA, Universitas Padjajaran, Bandung.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo, 1999. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Pangestu Subagyo, 2000. Manajemen Operasi, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Porter, Michael E, Alih Bahasa Tim penerjemah Binarupa Aksara, 1994. Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, Binarupa Aksara, Jakarta.

Porter, Michael E, Alih Bahasa Agus Maulana, 1997. Strategi Bersang Teknik Menganalisis Industri dan Pesang, Erlagga, Jakarta.

Pramudya Sunu, 1999. Peran SDM dalam Penerapan ISO 9000 Kajian Peran SDM dengan Pendekatan TQM, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Render Barry and Jay Heizer, Alih Bahasa Kresnohadi Ariyoto, 2001. Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Render Bary and Jay Heizer, 2001. Principles of Operation Management, Prentice Hall International Inc, America.

Robbins, Stephens P, Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka, 1996. Perilaku Organisasi Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1 dan 2, Prenhallindo, Jakarta.

Rudi Suardi, 2001. Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000 Penerapannya Untuk Mencapai TQM, Lembaga Manajemen PPM, Jakarta.

Sugiyono, 1997. Metode Penelitian Administrasi, Edisi Keempat, Alfabeta, Bandung.

________, 1999. Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

________, 1999. Statistika Untuk Penetilian, Alfabeta, Bandung.

________, 1998. Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis, Edisi 1. BPFE. Yogyakarta.

S. Nugroho. 1997, ISO 9000 Series dan Seri SNI 19-9000-1992 Versi 1987 dan 1994, Abadi Tandur, Jakarta,

Thomas Secakusuma, 1997. Perspektif Proses Internal Bisnis Dalam Balanced Scorecard. Manajemen Usahawan. Juni. No.06. TH XXVI.

Waller Jenny, Allen Derek, and Andrew Burns, Alih Bahasa Djarot Suseno, 1994. Menulis Manual Manajemen Mutu Desain ISO 9000, Pustaka Binamin Pressindo, Jakarta.

Wah Siew Lam, 1994. ISO – 9000 in Construction, MC Graw Hill Book co, Singapore.

Yusrizal Lubis, 1999. Kajian Tingkat Penerapan Sistem Penjamina dan Pengendalian Mutu pada Proyek Jalan-Jalan Kabupaten (Studi; Delapan Kabupaten di Jawa Barat), ITB. Bandung.

Zulian Yamit, 1996. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama, Ekonisia, Yogyakarta.

Zulian Yamit, 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Edisi Pertama, Ekonisia, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v5i2.6536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039