Political marketing vs Political selling

Ratih Tresnati

Abstract


Pemikiran tentang political marketing sudah menjadi bahan diskusi para pakar dan professor di bidang marketing sejak tahun 60-an. Sejalan dengan perkembangan ilmu pemasaran, bermunculan pula konsep-konsep pemasaran untuk organisasi non-profit motif atau seperti; LSM, Rumah Sakit, Parpol, caleg, Yayasan. Yang mendorong semakin kuatnya konsep political marketing, tak lain karena menguatnya demokrasi di banyak negara. Setelah konsep demokrasi berkembang kuat di Negara-negara Barat, disusul kemudian oleh Negara-negara Asia (termasuk di Indonesia), kemudian disusul oleh Negara-negara Eropa Timur, Afrika. Akibatnya, politik negara tidak lagi dimonopoli oleh satu kalangan.

Adanya sistem multi partai, setiap partai harus memiliki startegi untuk merebut suara, maka muncullah kebutuhan mempergunakan konsep marketing sebagai sebuah ilmu tersendiri dibawah payung “ilmu marketing”. Secara sederhana, “konsep marketing berpegang pada kebutuhan & keinginan konsumen, mengidentifikasikan kebutuhan & keinginan tersebut dan kemudian berupaya memenuhi kepuasan konsumen agar tercapai tujuan organisasi”. Sebenarnya kegiatan marketing yang dilakukan caleg & parpol-parpol baru sebatas political selling belum masuk ek ranah political marketing. Artinya para caleg & parpol-parpol hanya sekedar merancag promosi. Namun, sesungguhnya telah lahir “atmosfir baru” dalam strategi kampanye parpol pada pemilu 2009 ini, suatu nuansa yang tidak diketemukan pada Pemili 2004 yang lalu, antara lain: Pemilu 2009 diwarnai dengan berbagai kegiatan parpol concern pada hasil riset yang dikeluarkan lembaga-lembaga riset. Bahkan tidak jarang sebuah parpol menyewa khusus lembaga survey atau yang sekarang lazim disebut “Konsultan Politik” guna melakukan riset atau memberikan sara-saran dalam berkampanye. Bermunculannya Konsultan politik yang memberikan jasa untuk kemenagan parpol kliennya.

 

Key word: political marketing; political selling; promotion tools.

Full Text:

PDF

References


Agus S, Priyono. 2009. Serangan Udara & Darat Demokrat, Marketing xtra,01/VI/12 Januari – 8 Februari 2009, halaman 66.

Andi & Bintari 2009. Berbekal Nama Yang Mudah Diingat. Mix, Marketing xtra,01/VI/12 Januari – 8 Februari 2009, halaman 45.

Bintari, 2009. Mengola Materi Kampanye Dengan Cerdas. Mix, Marketing xtra,01/VI/12 Januari – 8 Februari 2009, halaman 42-43.

Iski. 2009. Bersandar Pada Ketokohan SBY. Marketing xtra,01/VI/12 Januari – 8 Februari 2009, halaman 46.

Kotler, Philip, Gary Amstrong, 2001. Principles of Marketing, Prentice Hall International, Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler, Philip and Kevin, Lane, Keller, 2009. Marketing Management, Thirtheenth Edition, pearson International Edition, Pearson Education, Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler, Philip, Karen F.A. Fox, 2003. Marketing for Education, Prentice Hall International, Inc. A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632.

_____, 1995. Strategic Marketign for Educational Institutions, Second Edition, Prentice Hall International, Inc. A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632.

Kotler, Philip, 2001. A Framework for Marketing, Prentice Hall International, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Lovelock, Chrisper, H,. Laurent K. Wright, 2000. Service Marketing and Management, Prentice Hall International, Inc. New Jersey.

Susanta. RJ. Rahmat. 2009. Mneuju Pemilu yag Main Market Oriented. Marketing. No.01/IX/Januari 2009. Halaman 54.

Setiawan. W., Lies 2009. Memilih Door to Door and Advertising. Marketing xtra,01/VI/12 Januari-8 Februari 2009, halaman 40.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v5i2.6537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039