Kajian customer experience strategy dalam upaya mendorong keputusan pembelian donuts ( studi kasus di j.co donuts & coffeé bandung)

Ratih Tresnati, Ressy F. Yusalia

Abstract


Strategi komunikasi experiential marketing atau Customer Experience Strategy /CES) pada dasarnya merupakan strategi perusahaan untuk membuat pelanggannya untuk mengambil keputusan membeli dengan cara membangkitkan perasaan dan emosi pelangan. Cara perusahaan membentuk pengalaman pelaggan yaitu dengan: 1) sense ; 2) feel; 3) think; 4) act; 5) relate. Namun kondisi sebaliknya terjadi di J.Co Donuts & Coffee di Bandung, dimana CES yang dilaukan perusahaan belum optimal dalam mendorong konsumen untuk mengambil keputusan membeli donuts. Karena itu perlu diteliti mengenai seberapa besar hubungan CES dengan keputusan pembelian di J.Co & Coffeé di Bandung. Tujuan penulisan jurnal ini adalah : (1) Mengetahui pelaksanaan CES di J.Co Donuts & Coffee; (2) Mengetahui tanggapan pelaggan J.Co Donuts & Cafe akan CES perusahaan; (3) Mengetahui seberapa besar hubungan CES dengan keputusan pembelian donuts di J.Co Donuts & Coffee. Atas pertimbangan tujuan studi, maka penelitian ini bersifat verifikatif dan deskriptif. Unit analisis dari penelitian ini adalah individu. Dilihat dari time horizon nya, penelitian ini bersifat cross sectional. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan sebagai beriku: 1) Pelaksanaan CES yang oleh J.Co Donuts & Coffee Bandung selama ini sudah berjalan cukup baik; 2) Mayoritas Responden menanggapi CES yag dilaukan oleh J.Co Donuts & Coffee adalah positif; 3) Berdasarkan analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa korelasi antara variabel independent (CES) dengan variabel dependen (Keputusan Pembelian Donuts) sebesar 0,586. Angka tersebut menunjukka hubungan yang sedag atau cukup berarti dan searah antar variabel CES dengan variabel. Artinya semakin baik CES yag dilaukan J.Co Donuts & Coffee, maka akan semakin mendorong konsumen untuk mengambil keputusan membeli donuts.

 

Key word : Customer Experience Strategy/CES; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Fou, Agusine, 2005. Experiential Marketing To Give Enough Information To Make The Purchase Decision. Making Science Consulting Froup. Inc.

Irawan, Handi, 2006. Pekerjaan Scmitt Belum Selesai. Majalah Marketing. No.03/VI/Maret/2006, halaman 34

Kartajaya, Hermawan, 2000. Membentuk Pengalaman Pelanggan. Bisnis Indonesia. 05/Oktober/2000, halaman 5.

Kotler, Philip. Kevin Lane Keller,2009. Marketing Management: Analysis, Planning Implementation and Control. Millenium Edition, USA : Prentice Hall Inc.

Mowen, C.,John,1999. Consumer Behavior,Fourth Edition,Oklahoma: Prentice Hall International Edition Oklahoma University.

Mowen, C.John, Michael Minor ( alih Bahasa Dwi Kartini Yahya), 2001. Perilau Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Morton, Jack. 2006. Experiental Marketing Influence Such A High Promotion Of Purchase Decision.

Schiffman,G.,Leon,Leslie Lazar Kanuk: 2002. Consumer Behavior. New Jersey: Pear-son Educational International Prentice Hall, Inc.

Scmitt, Bernd H, 1999. 1st Edition. Cusomer Experience Management. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Scmitt, Bernd H.1999. 1st Printing. Experiential Marketing. New York: The Free Press.

Solomon,R.,Michael.1999. Customer Behavior, Fourth Edition, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Simatupag, David, Miranda Hutagalung, 2006. Menyihir Dengan Brand Experience. Majalah Marketing, No.03/VI/Maret/2006, halaman 38.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v6i2.6547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039