ARUS KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BELITUNG TIMUR DAN ASPEK PEMASARAN PARIWISATA

Muhardi Muhardi

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui potensi pariwisata di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), arus kunjungan wisatawan baik domestic maupun asing berdasarkan time series, dan upaya yang perlu dilakukan Kabupaten Beltim dalam peningkatan arus wisatawan dilihat dari aspek pemasaran pariwisata. Selanjutnya dari hasil dan pembahasan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Beltim sebagai suatu daerah kepulauan memiliki potensi pariwisata yang sagat besar. Salah satunya dapat dilihat dari banyaknya objek wisata di kabupaten Beltim ini, (2) Keberhasilan sektor wisata salah satunya terukur dari arus kunjungan wisatawan domestik yang dari tahun ke tahun memiliki kecenderungan meningkat. Kabupaten Beltim dengan objek wisatanya yang dimiliki serta alamnya tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik, tetapi juga bagi wisatawan asing. Walaupun arus kunjungan wisatawan asing dari tahun ke tahun juga meningkat, akan tetapi secara kuantitatip dinilai masih sangat rendah, dan (3) salah satu faktor yang perlu mendapatkan perhatian dalam upaya meningkatkan arus kunjungan wisatawan umumnya dan khususnya wisatawan asing adalah dari sisi pemasaran pariwisata (tourism marketing). Untuk itu Kabupaten Beltim perlu membangun brand name bagi daerahnya, dan merumuskan marketing framework-nya.

 

Kata kunci: Beltim, kunjungan wisatawan, pemasaran pariwisata.


Full Text:

PDF

References


Belitung Timur in Figure 2008/2009. BPS-Statistic Belitung Timur Regency with Regional Development Planning Agency and Capital investmen Belitung Timur Regency.

Day, George S, 1999. Market Driven Strategy: Processes for Creating Value, With a New Introduction. New York: The Free Press.

Dibb, Sally and Lyndon Simkin. 2001. The Marketing Casebook: Cases and Concepts. United Kingdom: Thomson Learning.

Foster, D.W. 1985. Principles of Marketing: Successful Management in Developing Countries. Penterjemah oleh Siswanto Soetojo dan Dikoreksi dan disesuaikan oleh Staf Lembaga PPM. Prinsip-prinsip Pemasaran: manajemen yang sukses di Negara Sedang Berkembang. Jakarta: Lembaga PPM dan Erlagga.

Kotler, Philip. The Art of Building Customer Value. Alih Bahasa oleh Sukmawati P. Seni Seri Seminar Philip Kotler, Seni Menciptakan Nilai Bagi Pelanggan. Jakarta: YPM-LPMB.

Porter, Michael E. 1998. Competitive Advantege: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.

Salah Wahab, L.J. Crampon, L.M.Rothfield. 1997. Tourism Marketing. Alih Bahasa dan diberi catatan kaki oleh Frans GRomang. Pemasaran Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v6i2.6549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039