Persepsi Konsumen Tentang Corporate Social Responsible (CSR) yang Dilakukan Perum Perumnas Bandung

Ratih Tresnati, Nieta Fransisca

Abstract


Perkembangan pembangunan perumahan pada abad ke-21 telah memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat, perusahaan, industry maupun pemerintah dan mengubah pola hidup masyarakat, diantaranya mencakup kebutuhan dan keinginan masyarakat akan rumah. Seiring dengan perkembangan pembangunan perumahan ter-sebut, perusahaan yang bergelut dibidang perumahan semakin banyak, sehingga untuk meningkatkan pangsa pasar perusahaan dituntut harus memberikan program Social Responndible Marketing, misalnya dengan cara perusahaan melakukan Corporate Social Responsible/CSR (tanggung jawab sosial perusahaan). Oleh karena itu perlu diteliti mengenai persepsi Konsumen Tentang program CSR Perum Perumnas Bandung. Tujuan Penelitian : (1) Mengetahui pelaksanaan CSR Perum Perumnas; (2) Mengetahui Persepsi masyarakat Tentang CSR Perum Perumnas ditahap exposure; (3) Mengetahui Persepsi masyarakat tentang CSR Perum Perumnas ditahap attention; (4) Mengetahui Persepsi masyarakat tentang CSR Perum Perumnas ditahap interpretation; (5) Mengetahui Persepsi masyarakat tentang CSR Perum Perumnas secara umum; (6) Mengetahui perbandingan persepsi masyarakat di0tahap exposure, attention, serta interpretation. Berdasarkan hasil analisis peneliti, maka, hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Perum Perumnas melakukan program CSR Stewardship Principle yaitu Program Kemitraan dan Bina lingkungan (PKBL), dan Charity Principle, yaitu penyediaan sarana ibadah dan saran umum dalam pembangunan perumahan dan melakukan kegiatan bakti sosial; (2) Persepsi masayrakat tentang program CSR Perum Perumnas di tahap exposure, ditanggapi cukup baik; (3) Persepsi masyarakat tentang program CSR Perum Perumnas ditahap attention ditanggapai cukup baik; (4) Persepsi masyarakat tentang program CSR Perum Perumnas pada tahap interpretation, ditanggapan cukup baik; (5) Persepsi Masyarakat secara umum tentang Program CSR adalah kategori “baik”; (6) Bila Melihat perbandingan persepsi masyarakat tentang program CSR Perum Perumnas, maka mayoritas berada di tahap Interpretation.

Kata kunci : Corporate Social Responsibility


Full Text:

PDF

References


Del 1 Hawkins, David L Mothersbaugh dan Roger J Best. 2007. Consumer Behavior Building Marketing Strategy. Amerika. New York: Mc Graw Hill Irwin.

Edward E. Smith, Susan Nolen, Barbara L Fredrikson and Geoffrey Loftus. 2007. Introduction To Psychology. USA: Thomson.

Ety Rochaeti. 2007. Metode Penelitian Bisnis: Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Executive Survey Brief Tbilisi. 2007. Corporate Social Responsibility (CSR) in Georgia: Public Perceptions and Expectations. Georgia.

Gilbert Tan dan Raj Komaran. 2006. Perception of Corporate Social Responsibility: An Empirical study In Singapore. Singapore: Lee Kong chian school of Business. Singapore Management University.

Imran Dwi Putra. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Corporate Image pada PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Barat. Bandung: Universitas Widyatama

James E Post, Anne T Lawrence and James Weber. 2006. Business and Society International Edition. USA: Mc Graw Hill/Irwin.

Schiffman, Leon dan Lazzar Kanuk L., Alih Bahasa Zoelkifli Kasif. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Index Media.

Mahdi Salehiare. 2007. Stakeholders Perceptions of Corporate Social Respons-ibility: Empirical Evindeces From Iran. International Business Research Journal. Zanjan Province, Zanjan, Iran: The corresponding author D.N. 1, Naghilo Alley, Hidaj City.

Michael R Solomon. 2007. Consumer Behaviour. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mitch Zeller. 2007. Motivations Behind the Philip Morris Corporate Social Responsibility Program: A look at the Internal Philip Morris Documents. Pinney Associates University Of Maryland School of Law.

Melvie Mulyano. 2006. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Corporate Image Menurut Persepsi Konsumen Bandung pada PT. Telkomunikasi Indonesia, Tbk. Bandung: Universitas Widyatama.

Muhammad Nazir. 2006. Metode Penelitian. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Alih Bahasa Benyamin Molan. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Philip Kotler dan Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibility. New Jersey: John Wiley.

Rhenald Kasali. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Ricky W Griffin dan Ronald J Ebert. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. 2006. Business. Jakarta: Pearson Education.

Ricky Mudjiono, dan FX Dicky Prihermono. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta.

Rita L Atkinson, Richard C Atkinson, Edward Smith dan Daryl J Bem. Alih Bahasa Rita Dewi. 2005. Pengantar Psikologi. Jakarat: Interaksara.

R Hasan Basri. 2006. Pengaruh Program CSR PT. Pertamina (Persero) terhadap Pengembangan Usaha Kecil di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Tesis Bandung: Universitas Padajajaran.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Tety hendarty. 2008. Analisis tanggapan Konsumen Akhir terhadap Bauran Komunikasi Pemasaran Jasa Telekomunikasi Telkomflexi di Tahap Kognitif, Afektif, dan Konatif Skripsi. Bandung: STIE Ekuitas.

The World Business Councill for Suistanable Development (WBCSD) in fox, et al. Dikutip Abdul Rasyid Idris. 2005. Jakarta: Fajar Online.

The World Bank 1818 h Street, N.W. 2005. Public Expectations for Corporate Social Responsibility in Poland Washington DC, 20433, USA.

Yeti Apriliawati. 2009. Hubungan Tanggung Jawab Sosial dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Intensitas Internal Primary Stakeholder Pressure. Tesis Bandung: Universitas Padjajaran.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v7i1.6552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039