Survey Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Pasta Pembersih Sepatu (Papepa)
Abstract
ABSTRAK
Pasta pembersih sepatu (PAPEPA) merupakan produk yang berguna untuk membersihkan sepatu dengan jenis sneakers. Papepa dipasarkan sejak tahun 2018, diperlukan evaluasi produk yang didasarkan pada keinginan konsumen. Dikarenakan konsumen merupakan penunjang utama berjalannya suatu usaha. Oleh karena itu maka perlu dilakukannya survey kepuasan konsumen terhadap produk papepa. Konsumen yang merasa puas terhadap suatu produk akan menguntungkan penjual dikarenakan pembeli akan membeli kembali produk tersebut serta secara sukarela akan mempromosikannya. Metode yang digunakan yaitu metode survey dengan responden sebanyak 100 orang yang mengisi kuesioner yang telah disediakan. Instrument penelitian merujuk pada dimensi kepuasan pelanggan yang dikemukakan oleh Tjiptono (2014). Hasil survey menyatakan bahwa sebanyak 81% responden menyatakan sangat puas terhadap produk papepa serta 19% menyatakan puas. Pada setiap indikator, hasil survey rata-rata berada pada kategori sangat puas. Solusi yang dapat diberikan sebagai bahan evaluasi produk yaitu pertama konsistensi komposisi pada setiap tube hendaknya ditetapkan sehingga kualitas produk setiap tube sama. Kedua yaitu hendaknya produk dipasarkan diberbagai market place sehingga konsumen lebih mudah membeli produk papepa.
Kata Kunci: sepatu, pembersih, kepuasan konsumen
ABSTRACT
Shoe cleaning paste (PAPEPA) is a product that is useful for cleaning sneakers with types of sneakers. Papepa has been marketed since 2018, a product evaluation is required based on consumer desires. Because consumers are the main support for the running of a business. Therefore, it is necessary to conduct a consumer satisfaction survey of Papepa products. Consumers who are satisfied with a product will benefit the seller because the buyer will buy back the product and will voluntarily promote it. The method used is a survey method with 100 respondents who filled out the questionnaire provided. The research instrument refers to the dimensions of customer satisfaction suggested by Tjiptono (2014). The survey results stated that as many as 81% of respondents said they were very satisfied with papepa products and 19% said they were satisfied. For each indicator, the average survey results are in the very satisfied category. The solution that can be given as material for product evaluation is first the consistency of the composition for each tube should be determined so that the product quality for each tube is the same. Second, the product should be marketed in various market places so that consumers will find it easier to buy Papepa products.
Keywords: shoes, cleaning, satisfaction consumer
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amir, M. T. (2005). Dinamika pemasaran je;ajahi dan rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Crosby, P. B. (1979). Quality is free: The art of making quality. New York: Certain.
Juwandi, H. I. (2004). Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga.
Kolter, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rambat, L., & Hamdani. (2001). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, D. N., Afriani, I., Zulkarnain, Mardliyah, A., & Maryati. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen pada Sayuran Organik di Pasar Swalayan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 1–13.
Singarimbun, M., & Effendi, S. (1989). Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES.
Tciptono, F. (2003). Total Quality Manajemen (Edisi revi). Yogyakarta: Andy.
Tciptono, F. (2014). Pemasaran jasa, prinsip, penerapan dan penelitian. Yogyakarta: Andi.
Wulan, S. M. (2013). Book review of surat dahlan. Journal on English Language, Culture and Literature, 2(3), 161–184.
DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.6927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039