EFISIENSI PEMASARAN NANAS DENGAN BERBAGAI GRADE NANAS DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Zulkarnain Zulkarnain, Supriyadi Supriyadi, Supartini Supartini, Wintari Mandala, Amanda Putra Seta

Abstract


ABSTRACT

 

The purpose of this study is to identify pineapple marketing channels and analyze the efficiency of pineapple marketing in Punggur District, Central Lampung. The research population was 175 pineapple farmers. The sampling technique was obtained based on the calculation of the slovin formula, then the proportion for the sample was obtained by sampling 54 pineapple farmers. Sampling was done in simple random sampling (simple random sampling). Besides, there are 6 collector traders, 2 large traders, and 4 retail traders. The data analysis used were marketing channels, marketing margin analysis, farmers’ share, and R/C ratio. Research location was in Punggur District, Central Lampung. The research period was conducted in May 2020. The results of the research are (1) there are two pineapple marketing channels in Punggur Subdistrict, Central Lampung, (2) pineapple marketing efficiency which is said to be more efficient is channel II and from the three pineapple grades, grade A produces greater profits than other grades.

 

Keywords: farmer’s share, efficiency, margin, marketing

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi saluran pemasaran nanas dan menganalisis efisiensi pemasaran nanas di Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Populasi penelitian sebanyak 175 petani nanas. Teknik pengambilan sampel didapatkan berdasarkan perhitungan rumus slovin, kemudian dilakukan proporsi untuk sampel didapatkan sampel sebesar 54 petani nanas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling). Selain itu, terdapat 6 pedagang pengepul, 2 pedagang besar, dan 4 pedagang pengecer. Analisis data yang digunakan adalah saluran pemasaran, analisis marjin pemasaran, farmers’share, dan R/C ratio. Lokasi penelitian di Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan mei 2020. Hasil penelitian yaitu (1) terdapat dua saluran pemasaran nanas di Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah, (2) efisiensi pemasaran nanas yang dikatakan lebih efisien adalah saluran II dan dari ketiga grade nanas, grade A menghasilkan keuntungan lebih besar dari grade lainnya.

 

Kata kunci : efisiensi, farmer’s share, marjin, nanas

 


References


Ardillah, F., & Hasan, F. (2020). Saluran, Margin, dan Efisiensi Pemasaran Bebek Pedaging di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. AGRISCIENCE, 1(1): 12-25. DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.6882

Araujo, M.D., & Nubatonis, A. (2016). Analisis Produksi dan Pemasaran Usahatani Padi Sawah di Desa Tualene Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. AGRIMOR, 1(03): 55-56. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v1i03.262

Asmarantaka, R. W. (2012). Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Astoko, E. P. (2019). Konsep Pengembangan Agribisnis Nanas ( Ananas Comosus L . Merr . ) Di Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur Concept Pineapple ( Annas Comusus L . Merr .) Agribusiness Development In Kediri Regency of East Java Province. 30(3), 111–122. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2019.030.3.14

BPS RI, (2020). Indonesia Dalam Angka Tahun 2020. Jakarta: BPS RI.

Dani, A.W.R., Said, D.U., Zulkarnain, & Afriani, I. (2018). Strategi Pemasaran Susu Kambing Pada CV. Berkah di Desa Banarjoyo Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Wacana Pertanian, 14(2): 80-91. DOI: http://dx.doi.org/10.37694/jwp.v14i2.46

Gultom, D.K., Ginting, P., & Sembiring, B.K. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(1): 21-33. DOI : https://doi.org/10.30596/jimb.v14i01.113

Herawati, H., & Rifin, A. (2013). Analisis Pemasaran Nanas Palembang (Kasus Desa Paya Besar, Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan). Forum Agribisnis : Agribusiness Forum, 3(2): 147-160. https://doi.org/10.29244/fagb.3.2.147-160

Jassim, H. A., Ahmed, A. F., & Ghilan, M. S. (2020). Measuring the efficiency and the marketing margins within the value chain of the potato crop of the spring season of 2018. Plant Archives, 20(1).

Kalsum, U. (2009). Analisis usahatani nanas dan prospektif petani terhadap usahatani nanas di Kecamatan Kotabumi Lampung Utara. Jurnal Ilmiah Esai, 3: 355-361.

Kementerian Pertanian RI. (2020). Data Ekspor Komoditas Hortikultura Tahun 2020. Jakarta

Kohls, R.L. & Uhl, J.N. (2002). Marketing of Agricultural Products. Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Penerbit Erlangga.

Kyomugisha, H., Sebatta, C., & Mugisha, J. (2018). Potato market access, marketing efficiency and on-farm value addition in Uganda. Scientific African, 1, e00013. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2018.e00013

Lubis, RRB., Daryanto, A., Tambunan, M. dan Rachman, HPS. (2014). Analisis Efisiensi Teknis Produksi Nanas: Studi Kasus di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jurnal Agro Ekononomi, 32 (2): 91-106.

Manggopa, C.J., Imran, S., & Indriani, R. (2013). Efisiensi Pemasaran Nanas di Desa Lobong Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. https://docplayer.info/31776685-Jurnal-efisiensi-pemasaran-nanas-di-desa-lobong-kecamatan-passi-barat-kabupaten-bolaang-mongondow-chrisandi-jordan-manggopa.html

Mgale, Y. J., & Yunxian, Y. (2020). Marketing efficiency and determinants of marketing channel choice by rice farmers in rural Tanzania: Evidence from Mbeya region, Tanzania. Australian Journal of Agricultural and Resource Economics, 64(4), 1239–1259. https://doi.org/10.1111/1467-8489.12380

Mkunda, J. J., Lassen, J., Chachage, B., Kusiluka, L. J. M., & Pasape, L. (2020). Analysis of marketing efficiency of processed sardine products of Lake Victoria: Case of Tanzania. African Journal of Science, Technology, Innovation and Development, 12(1), 85–96. https://doi.org/10.1080/20421338.2019.1609783

Nuriati, N.K. (2018). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Tongkol Hasil Tangkapan Nelayan di Desa Seraya Timur Kecamatan Karangasem. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2): 512-522. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20096

Purcell. (1979). Agricultural Marketing: System, Coordination, Cash, and, Futures Prices. Virginia: A Prentice-Hall Company.

Rahmawati, A. (2013). Analisis efisiensi pemasaran nenas studi kasus di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Skripsi tidak diterbitkan, Institut Pertanian Bogor.

Sari, D. N., Afriani, I., Zulkarnain, Mardliyah, A., & Maryati. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen pada Sayuran Organik di Pasar Swalayan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(1): 1–13. DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.5825

Sinaga, S.C., & Dewi, N. (2016). Pemasaran Buah Nenas (Kajian Struktur, Perilaku, dan Penampilan Pasar) Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Pertanian, 13(1): 38-50. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/975-Article%20Text-1714-1-10-20180404-1.pdf

Surahman, T., & Kusnadi, N. (2016). Sistem Pemasaran Nenas Bogor (Ananas comosus) di Kabupaten Bogor. CR Journal, 2(1): 69-82. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/garuda825407.pdf

Sulindre, N., Said, D.U., & Zulkarnain. (2018). Strategi Pemasaran Ayam Probio (broiler) Pada Kelompok Peternak Ayam (KPA) Berkat Usaha Bersama (BUB) Kota Metro. Journal of Food System and Agribusiness, 2(1): 35-54. DOI: http://dx.doi.org/10.25181/jofsa.v2i1.759

Sholehah, L.M. (2014). Kajian Pendapatan Usahatani Nanas dan Pemasarannya di Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/JURNAL.pdf

Sihombing A. S. (2010). Analisis sistem tataniaga Nenas Bogor (studi kasus Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Skripsi tidak diterbitkan, Institut Pertanian Bogor.

Sugiarto, D. Siagian, L. S. Sunarko, dan D. S. Oetomo. 2003. Tehnik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yudiastini, K., Abdi, A.L, & Abdul. (2019). Strategi Pemasaran Nanas Di Desa Wonua MoriniKecamatan Sabulakoa Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. 4(6): 142-143. doi: http://dx.doi.org/10.33772/jia.v4i6.7924




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v17i2.7251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039