Strategi Program Technopreneurship dan Marketing Public Relation terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Muhammad Syaifulloh

Abstract


ABSTRACT

The role of Micro Small and Medium Enterprises or more commonly known as MSMEs in the economic growth of a country is very important because MSMEs are the main drivers of the real sector that directly affect national economic growth. The purpose of this research is to find out the influence of Micro, Small and Medium Enterprises Development (MSMEs) on Technopreneurship Program.

The population in this study was 105 umkm actors mitra mandiri Brebes, while the sample in this study is the entire population that was sampled by census method which numbered 105 respondents. Data analysis method is done by using SPSS program to process Quantitative data from questionnaire fields. by means of Validity and Reliability Test Its significance level is 0.05 (a=0.50), Regression Analysis, Classic Asumsi Test, Normlitas Test, F Test, T Test and Determination Test.

The results showed Technopreneurship and Marketing Public Relations at the same time both can influence and have a positive impact on the Development of MSMEs Mitra Mandiri Brebes Regency

Keywords: MSME Development, Marketing Public Relation, Technopreneurship Program.

 

 

ABSTRAK

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau lebih sering dikenal UMKM dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara sangat penting karenaUMKM merupakan penggerak utama sektor riil yang berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Program Technopreneurship.

Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah 105 Orang pelaku UMKM Mitra Mandiri Kabupaten Brebes, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi yang dijadikan sampel dengan metode sensus yang jumlahnya 105 responden. Metode analisis data dilakukan dengan mengunakan program SPSS untuk mengolah data Kuantitatif dari isian Kuesioner. dengan cara Uji Validitas dan Reabilitas Tingkat signifikansinya 0.05 (a=0.50), Analisis Regresi, Uji Asumsi Klasik, Uji Normlitas, Uji F, Uji t dan Uji Determinasi.

Hasil penelitian menunjukan Technopreneurship dan Marketing Public Relation pada saat bersamaan keduanya dapat mempengaruhi dan memberikan dampak yang positif terhadap Pengembangan UMKM Mitra Mandiri Kabupaten Brebes


Kata Kunci: Pengembangan UMKM, Marketing Public Relation, Program Technopreneurship.


References


Abdurrahman, D., Yuliawati, T., Malik, M., Rohandi, A., Taja, N., & Cimenyan, P. (2015). Pembenahan Sentra Industri Peuyeum di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dalam rangka Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis UMKM. 10–19.

Agusetyaningrum, V., Mawardi, M., & Pangestuti, E. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk Meningkatkan Citra Kota Malang sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi Pada Ukm Berbasis Kuliner Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 105–111

.

Ahkmad, M. (2016). Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) di Kabupaten Bekasi Tahun 2014.

Devina, T. E. (2016). Model Pengembangan Technopreneurship Pada Inkubator Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Firmansyah, A. I. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Tulungagung. In IAIN Tulungagung.

Hasbullah, R., Surahman, M., Yani, A., Almada, D. P., & Faizaty, E. N. (2015). Peran Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi dalam Peningkatan Kinerja Usaha UKM Pangan (Role of Universty Bussiness Incubators on the Improvement of Food SMEs Bussiness Performances). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 20(1), 59–65. journal.ipb.ac.id/index.php/JIPI

Hasdar, M., Fera, M., & Syaifulloh, M. (2019). Pemberdayaan Kelompok Bisnis Mahasiswa Berbasis IPTEK Melalui Program Agrofood Technopreneur. Jurnal SOLMA, 8(1), 73. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3206

Hidayah, R. T. (2017). Pengaruh E –Trust Dan Marketing Public Relation Terhadap E – Loyalty Konsumen Situs Jual Beli Lazada. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 02(2), 1–17.

Hidayat, T. (2015). Pengaruh Marketing Public Relation terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT . Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Entrepreneurship, 9(2), 102–115. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/115

Kusuma, P. T. W. . (2012). Analisis Kelayakan Finansial Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Nata De Coco Di Sumedang, Jawa Barat. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 1(2), 113–120.

Mafruhat, A. Y. (2018). Kewirausahaan Komprehensif ( Material-Spiritual ) Dalam Percepatan Penurunan Kemiskinan di Jawa Barat Kemiskinan merupakan fenomena global dan termasuk masalah krusial yang terjadi di setiap negara dunia termasuk di Indonesia ( Mustika , 2011 ; Kertati ,. Performa, 15(1), 42–54.

Mahani, S. A. E. (2015). Tinjauan model inkubator bisnis rintisan (bisnis start up) di indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (PERFORMA), 12(1), 76–95. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3044

Mariana, K. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pembangunan Nasional. Informatika, 3(I Jarnuari), 15.

Nurfaizal, Y. (2014). Perilaku Technopreneur Mahasiswa Teknik Informatika: Tinjauan Pada Self-Sufficiency. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 14(2), 13–25. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v13i2.21

Puspita, I. M. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta ISKI, 2(01), 19–26. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.24

Putero, S. H. R. B. (2013). Peran UMKM dalam Pengembangan Technopreneurship di Perguruan Tinggi. Konferensi Nasional “Inovasi Dan Technopreneurship” IPB International Convention Center, Bogor, 18-19 Februari 2013, Mkk 2308, 1–9. http://biofarmaka.ipb.ac.id/biofarmaka/2013/KNIT2013-FullPaperofSigitArrohman.pdf

Riono, S. B., Harini, D., Syaifulloh, M., & Utami, S. N. (2020). Analisis Pelayanan Publik dan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Perkreditan Rakyat Muhadi Setia Budi ( BPR MSB ) Kabupaten Brebes. 6(2), 143–054.

Sevriana, L. (2015). Memperkuat Daya Saing Bisnis Dan Ekonomi Dalam Menghadapi Asean Economic Community 2015. 42–58.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi, 6(1), 51–58.

Sulistyastuti, D. R. (2004). Dinamika Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Analisis Konsentrasi Regional UKM di Indonesia 1999-2001. Ekonomi Pembangunan, 9(2), 143–164.

UU No. 20. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Wahana, A. N. P. D., & Syaifulloh, M. (2020). Implementation of the Islamic Economics in the Traditional Market of Brebes Regency. Journal of Sosial Science, 1(3), 36–40. https://doi.org/10.46799/jsss.v1i3.36




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v18i1.7792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039