PENGARUH PERILAKU KONSUMEN, STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ADITI COFFEE HOUSE & SPACE DI ERA PANDEMI COVID-19

Delanera Rizkia, Putu Nina Madiawati

Abstract


ABSTRACT

 

The research in this final project aims to determine whether or not there is an influence between consumer behavior, store atmosphere and price on purchasing decisions at Aditi Coffee House & Space in the Covid-19 Pandemic Era. The Covid-19 pandemic caused a 35% decrease in income at Aditi Coffee House & Space, the Covid-19 pandemic had an impact where people would rethink to make purchasing decisions for something that is considered not a primary need in the era of the Covid-19 pandemic. The type of research used is descriptive causal research with a quantitative approach. Collecting data in the study, the authors obtained data by distributing questionnaires to 100 samples of respondents via google form. The data analysis technique used in the research used descriptive analysis, classic assumption test, multiple linear regression analysis, coefficient determination analysis and hypothesis testing using SPSS 2 software. Overall the results of the research using hypothesis testing (t test) were obtained that Consumer Behavior significantly influenced the decision. Purchases with a significance value of 0.000. Store atmosphere has a significant influence on purchasing decisions with a significance value of 0.001. The price significantly influences the purchasing decision with a significance value of 0.002. Based on the results of hypothesis testing (f test) Consumer Behavior, Store Atmosphere and Price simultaneously influence Purchasing Decisions

Keywords: Consumer Behavior, Store Atmosphere, Price, Purchase Decision

 

ABSTRAK

 

Penelitian pada tugas akhir ini memiliki tujuan untuk mencari ada atau tidaknya pengaruh antara Perilaku Konsumen, Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Aditi Coffee House & Space di Era Pandemi Covid-19 Pandemi Covid-19 membuat terjadinya penurunan pendapatan pada Aditi Coffee House & Space sebesar 35%, adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak dimana masyarakat akan berfikir ulang untuk melakukan keputusan pembelian terhadap sesuatu yang dianggap bukan kebutuhan utama di era pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian, penulis memperoleh data dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 100 sampel responden melalui google form. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefesien determinasi dan pengujian hipotesis dengan menggunakan software SPSS 2. Secara keseluruhan hasil pada penelitian menggunakan uji hipotesis (uji t) diperoleh Perilaku Konsumen mempengaruhi secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,000. Store Atmosphere mempengaruhi secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,001. Harga mempnegaruhi secara signifikan terhadap Keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,002. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji f) Perilaku Konsumen, Store Atmosphere dan Harga mempengaruhi Keputusan Pembelian secara bersama-sama.

 

Kata Kunci:  Perilaku Konsumen, Store Atmosphere, Harga, Keputusan Pembelian


Full Text:

Untitled PDF

References


Adriansyah, D (2020) Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Go-Food. Universitas Telkom.

Adolf, L.P.M, Lapian, J.S.L.H.V. & Tulung, J.E. (2020). The Effect of Social Media Marketing and Word of Mouth on Purchase Decisions at Coffee Shops in Manado. 8(I). 126-135. Diambil dari: Jurnal Emba: Jurnal Riset EkonSomi, Manager, Bisnis, dan Akutansi.

Anwar, M.C (2020, 13 Maret), Efek Dahsyat Covid-19, Hotel dan Restoran Rumahkan Pegawai. CNBCIndonesia [Online], halaman 1, Tersedia : https://www.cnbcindonesia.com. [Akses: 21 Januari 2021].

Arianto, D.P.H (2020). Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopisae. 9 (V). Diambil dari: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Berman & Evans (2016). Retail Management Edisi 16. Jakarta : Pearson.

Faaza, M.M & Samboro, J. Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Amstirdam Coffee & Roastery Malang. 5(II). Diambil dari : Jurnal Aplikasi Bisnis.

Firmansyah, M.A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta : CV. Budi Utama.

Haerani, M & Hayati, R. (2020). Analysis of Consumer Behavior and Brand Equity Towards Consumer Purchase Decisions at Mitsubishi Cilegon Car Showroom. 2(II). Diambil dari: Laktoras.

Hanum, A. (2020). Pengaruh Desain Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Bahagia Medan, 3(II), 17-21. Diambil dari : Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan

Hanum Z. & Hidayat, S. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike di Kota Medan, 6 (I), 37-43. Diambil dari : Jurnal Bisnis Administrasi.

Hikmawati, F (2017). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).

Irianto, Fitriarni, D. & Arahman, E. Analisa Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Jajanan Pasar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, 5 (I), 19-27. Diambil dari : Journal of Food System and Agri Business.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition. England : Global Edition. Pearson

Kotler, P. & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing Edisi 15. Global Edition, Pearson.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Management Edisi 15. Pearson Education, Inc.

Mbate, G.S. & Tanamal, R. (2020). Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information, and Brand Image of Consumer Purchase Decision on Shoppee Online Purchase. 5(II). 100-110. Diambil dari: Jurnal Informatika Universitas Pamulang.

Musfar, T.F. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung : CV. Media Sains Indonesia.

Nugrah, M.Y.D (2020) Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Wormhole Store Bandung. Universitas Telkom.

Nurfatimah, E., Saputra, W.T. & Wahyuninratna, R.N. (2020). Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu AZA 6 Edisi Hari Merdeka, 2 (II) 120-129. Diambil dari: Jurnal PIKMA.

Paradita, S. & Kesuma, M. (2020). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim di 212 Mart Banda Aceh, 5 (III) 469-487. Diambil dari: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen.

Ratih, P.A.R. & Rahanatha, G.B. (2020). The Role of Lifestyle in Moderating the Influence of Sales Promotion and Store Atmosphere on Impluse Buying at Starbucks. 4(II). 19-26. Diambil dari: American Journal of Humanities and Scoial Sciences Research (AJHSSR).

Rahma, A (2020) Pengaruh Store Atmosphere dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Department Store. Universitas Telkom.

Rahmawati, A.R. (2020, 20 April), Pandemi Virus Corona (Covid-19), Pukul Pelaku Industri Kopi Lokal. PikiranRakyat [Online], halaman 1, Tersedia : https://www.pikiranrakyat.com. [Akses: 21 Januari 2021].

Riyanto, S. & Hatmawan, A.A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta : CV. Budi Utama.

Rochim, A. (2020, 28 Desember), Ini Tiga Perubahan Perilaku Konsumen Akibat Pandemi Covid-19. SindoNews [Online].Tersedia : https://ekbis.sindonews.com. [Akses: 21 Januari 2021].

Priansa, D.J (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : Pustaka Setia Abadi.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsaputra, U (2018). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung : PT. Refika Aditama.

Sunyoto, D. (2016). Metode Penelitian Akuntansi. Bandung : PT. Refika Aditama.

Sudarsono, H (2020). Manajemen Pemasaran. Jawa Timur : CV.Pustaka Abadi.

Solomon, M.R (2020). Consumer Behavior : Buying, Having, and Being Edisi 13. Global Edition. Pearson.

Teddy, A (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Go-Food di Kota Bandung. Universitas Telkom.

Tersiana, A (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Umamsyah, A.Y (2020). Pengaruh Variasi Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Coffe Shop Warung Ngombe di Yogyakarta). Universitas Telkom.

Wahyuni,S. & Raharjo, S. (2019). Pengaruh Store Image dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying pada Konsumen Daffina Swalayan di Tenggarong, 19 (I). 53-62. Diambil dari: Journal of Business.

Wahyuni, T. & Zuhriyah,A. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pudak di Toko Sari Kelapa, 1 (I). 242. Diambil dari : Jurnal Trunojoyo

Kurniawan, D. (2019). Kedai Kopi di Indonesia Hampir Mencapai 3000 Gerai. Voi.Id [Online]. Tersedia : https://www.voi.id. [Akses: 21 Januari 2021]. Tersedia: https://www.voi.id . [Akses] : 15 Oktober 2020.

Yulyarta, F.R, Widayanti, R. & Sudawarti. (2020). Minat Beli Konsumen Ditinjau dari Store Atmosphere, Product Assortment dan Kepercayaan ( Studi Kasus pada Outlet Donatello Surakarta). 10 (IV). 1-8. Diambil dari: Jurnal Widya Ganecwara.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v18i1.7822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039