PERAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND AWARENESS

Agi Rosyadi

Abstract


ABSTRACT

The importance of brand awareness on android smartphone products can certainly boost consumer buying interest especially through brand ambassadors who will be able to communicate the values of the brand or product effectively to the target market, the strength of the brand ambassador is thought to have an influence that can increase trust. The purpose of this study was to see the influence of brand ambassadors on purchase intention through brand awareness. The survey was conducted on 110 Android smartphone users who have just made purchases for less than 1 year. The analytical tool used in this research is SEM analysis with brand ambassador as the independent variable, brand awareness and purchase intention as the dependent variable. The results of this study indicate that brand ambassadors have a direct effect on brand awareness and purchase interest, and brand awareness has an effect on purchase intention. Therefore, the better the brand ambassador strategy which includes visibility, credibility, attraction, and power will increase awareness which has an impact on increasing consumer buying interest in Android smartphones in Tasikmalaya.

Keywords: brand ambassador, purchase intention, brand awareness.

 

ABSTRAK

Pentingnya kesadaran merek pada produk smartphone android tentunya dapat mendongkrak minat beli konsumen terlebih melalui brand ambassador akan mampu mengkomunikasikan nilai-nilai merek atau produk tersebut secara efektif kepada target pasar, kekuatan brand ambassador diduga dapat memberikan pengaruh yang mampu meningkatkan kepercayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh brand ambassador terhadap minat beli melalui brand awareness. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survey dilakukan kepada 110 pengguna smartphone Android yang baru melakukan pembelian kurang dari 1 tahun. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SEM dengan brand ambassador sebagai variabel bebas, brand awareness dan minat beli sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand ambassador berpengaruh langsung terhadap brand awareness dan minat beli, dan brand awareness berpengaruh terhadap minat beli. Oleh karena itu, semakin baik strategi brand ambassador yang meliputi visibility, credibility, attraction, dan power akan meningkatkan awarenees yang berdampak pada peningkatan minat beli konsumen smartphone android di Tasikmalaya.

Kata Kunci: brand ambassador, minat beli, brand awareness.


References


Aptaguna dan Pitaloka. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal, Vol. 3, 2016. P49-56.

Barata, A.A. (2006). Dasar-dasar Pelayanan Prima: Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Barus, Harry Christian. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan pembelian Smartphone Blackberry. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. vol. 4, no. 1, pp. 328-334.

Gunawan (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Strategi Pemasaran Vol 2, No 1.

Hair, J.F., et al. (2014). Multivariate Data Analysis, 7th Edition, New Jersey, Prentice-Hall.

IDC. (2021, 8 April). Smartphone Market Share. Diakses pada 10 April 2021, dari https://www.idc.com/promo/smartphone-market-share.

Ishak, Suraiya, dkk. (2019). Cosmetics purchase behavior of educated millennial Muslim females. Journal of Islamic Marketing: Volume 11 Issue 5.

Janasz C. De. Suzanne, Dowd, Schneider. (2015). Interpersonal Skills in Organizations Fifth Edition. New York: Mc Graw Hill International Edition.

Kompas.com. (2021, 18 Maret). Pasar Smartphone Indonesia Ternyata Naik di Tengah Pandemi. Diakses pada 10 April 2021, dari https://tekno.kompas.com/read/2021/03/18/09060077/pasar-smartphone-indonesia-ternyata-naik-di-tengah-pandemi?page=all

M. Kurniasari, and A. Budiatmo, Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 7, no. 3, pp. 152-159, Jul. 2018. [Online].

Nisa, Nuriena and S. Widowati Herieningsih. (2019). Hubungan Terpaan Iklan dan Kredibilitas Brand Ambassador Dengan Minat Beli Produk Vivo Smartphone. Interaksi Online, vol. 8, no. 1, pp. 26-37, Dec. 2019.

Pangestu, Putra Akbar dan Indira Rachmawati (2019). Perceived E-Service Qualitydan Brand EquityProduk Tcash. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa Vol.16, No. 2 September 2019. DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v16i2.3634.

Pussandha, Fitri Eko (2017). Pengaruh Sikap, Motivasi dan Brand Image Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Ke Tempat Karaoke Happy Puppy Jogjakarta (Survei pada Mahasiswa yang berdomisili di Kota Jogjakarta)”. Tesis Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Rahayu, Riris Mey. (2017). Membangun Brand Awareness Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Journal of Management Studies. Vol 11, No 2 (2017). DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v11i2.3534.

Salimun dan Sugiyanto. (2019). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Prosiding Seminar Nasional Humanis 2019.

Sriyanto, Agus dan Aris Wahyu Kuncoro. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari –April 2018). Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol. 8 No. 1 April 2019 hlm. 21-34.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. (2020). Strategi Keunggulan Bersaing Melalui Keunggulan Asosiasi Merk, Kekuatan Asosiasi Merk dan Keunikan Asosiasi Merk. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa). Vol.17 No.1 DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.4872

Yanti, Mery Oky Zufi dan Hendri Sukotjo. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Aqua. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 5.

Yuliati, Ai Lili dan Refi Agus Maulidi (2017). Pengaruh Tingkat Brand Awareness terhadap Minat Beli Apple iPhone. Vol. 1 No. 1 (2017): ISEI Business & Management Review




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v18i3.7943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License