Eksplorasi Loyalitas Millennial Terhadap Brand Apple. Prestige or Needs?

Ni Putu Ari Krismajayanti, Gede Sri Darma

Abstract


ABSTRACT 

Industrial Revolution 4.0 brought changes and developments in consumer behavior today. The emergance of disruptive innovation such as digital economics, artificial intelligence, big data, robotics and so on. As disruption happened, telecommunication industry is the main key. Competition in the telecommunications industry becomes strict, encouraging smartphone product to continue to grow to compete in market share.  Apple.inc, one of the giant companies from Cupertino, California, is in the spotlight. Apple's smartphone, namely iPhone can survive and becomes a company that has a good brand image for consumers, especially millennials or Y generation, who currently dominate the market.  This study aims to determine millennial loyalty in using iPhone products. By using qualitative research methods and triangulation techniques, this study describes in detail the problem phenomena that currently occur. In this study, millennials use iPhones because following the trends, to be appreciated by its environment, one of the examples by utilizing social media and being loyal because of the security and the convenience. Millennials are also willing to save in order to buy something based on wants and needs. However, a limitation and barrier for millennials in being loyal to the iPhone is the price. This research is expected to provide information for companies related to consumer behavior in the era of the industrial revolution 4.0.

Keywords: Revolusi Industri 4.0, Consumer Behavior 4.0, Human Needs, Consumer Loyalty.

  

ABSTRAK 

Era Revolusi Industri 4.0 membawa perubahan dan perkembangan dalam perilaku konsumen saat ini. Kemunculan teknologi yang canggih yang disebut dengan disruptive innovation seperti pola ekonomi secara digital, artificial intelligence, big data, robotic dan lain sebagainya. Alat telekomunikasi merupakan sarana dan penunjang dalam era disrupsi. Persaingan di industri telekomunikasi yang sangat ketat, mendorong produsen produk smartphone untuk terus berkembang bersaing dalam pangsa pasar. Apple.inc salah satu perusahaan raksasa dari Cupertino, California menjadi sorotan. Smartphone Apple yaitu iPhone memiliki value tersendiri untuk dapat bertahan sehingga menjadi perusahaan yang memiliki brand image baik bagi konsumen khususnya milenial atau generasi Y yang saat ini menguasai pasar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui loyalitas milenial dalam menggunakan produk iPhone. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik triangulasi, penelitian ini menjelaskan secara detail fenomena masalah yang saat ini kerap terjadi. Dalam penemuan, milenial menggunakan iPhone karena ingin mengikuti perkembangan trend, untuk dapat dihargai oleh lingkungan sekitar salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dan menjadi loyal karena keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan. Milenial juga rela menabung demi membeli sesuatu yang diinginkan. Namun dalam penemuan, harga masih menjadi batasan dan penghalang bagi milenial dalam loyal terhadap iPhone. Penelitian ini diharapkan memberikan informasi untuk perusahaan terkait perilaku konsumen di era revolusi industri 4.0.

Kata Kunci: Revolusi Industri 4.0, Perilaku Konsumen 4.0, Kebutuhan Manusia, Loyalitas Konsumen.

 


References


Abraham, R., & Harrington, C. 2015. Consumption Patterns of the Millenial Generational Cohort. Modern Economy.

Cahyono, A. S. 2016. 79-148-1-Sm (1). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia, Jurnal Unita. 9(1), 140–157. (Online) ,(http://jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/view/79, diakses 2 Mei 2021).

Dhiraj, A., & Ahmad, S. 2019. WOW! Engage, Experience and Enjoy Marketing 4.0. Communication Today.

Ferrinadewi, E. 2016. Pengaruh Nilai-Nilai Hedonis dan Konsep DiriTerhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Merekdi Surabaya ( studi pada pembelian barang mewah ). E-Journal Manajemen Kinerja, 2(2), 1–11. (Online).

https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/manajemenkinerja/article/view/203, diakses 2 Mei 2021.

Hanum, Z., & Hidayat, S. 2017. Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 06(01), 37–43. (Online), (https://core.ac.uk/download/pdf/235003954.pdf, diakses 28 April 2021)

Home, N., & Strauss, W. 2018. Millenials Rising : The Next Generation. Small Business and the City.

Maharani, N. 2015. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75. (Online), (https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3043, diakses 20 Juni 2021)

Maheswari, K. I., & Gorda, A. A. N. O. S. 2019. Consumer Behavior in the Era of Industrial Revolution 4.0. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 94(10), 152–157. (Online), (https://doaj.org/article/a3cf62757e3b4e35a5edbbfabf6ce5da, diakses 20 Juni 2021)

Mahyuddin. 2017. Social Climber dan Budaya Pamer: Paradoks Gaya Hidup Masyarakat. Kajian Islam Interdisipliner.

Maulana, M. S. R. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Mix Marcomm. 2018. Millenials. In Fantasious x Lovable (Issue Millenials.).

Patras, Y., Harapan, S. K., Dwikristanto, Y. P., Studi, P., Ekonomi, P., & Harapan, U. P. 2021. Dampak Penggunaan Gadget Dan Internet Terhadap Sikap Saling Menghargai dalam Pembelajaran Akuntansi. 1(1), 1–13. UPH Academic Journal. (Online), (https://ojs.uph.edu/index.php/KAIROS/article/view/3159, diakses 20 Mei 2021)

Rosita Dewi, M. S. 2020. Komunikasi Sosial Di Era Industri 4.0 (Studi Pada Etika Komunikasi Remaja Perempuan Melalui Media Sosial di Era Industri 4.0). Research Fair Unisri, 4(1), 65–77. (Online), (http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/3388, diakses 13 April 2021).

Rossanty, Y., Nasution, muhammad dharma tuah, & Ario, F. 2018. Consumer Behaviour in Era Millennial. In lembaga penelitian dan penulisan ilmiah AQLI.

Sakinaputri, R. M., & Sartika, D. 2016. Hubungan antara Locus Of Control dan Gaya Hidup Hedonis pada Anggota Organisasi Growth and Youth ( Studi pada Remaja yang Berstatus Pelajar SMA ). Jurnal Unisba. 950–955. (Online), (http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/4605, diakses 12 April 2021)

Steve Engelhart, A. M., Massie, J., & Wenas, R. 2018. Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah.

Subaidi, S. M. 2019. Kebutuhan Manusia dalam Pemikiran Abraham Maslow. Al-Mazahib, 7(1), 17–33. Jurnal Pemikiran Hukum. (Online), (http://ejournal.uin-suka.ac.id/syariah/almazahib/article/view/1877, diakses 11 April 2021).

Subawa, N. S. 2016. Prestige Pricing Strategy as A Symbol of Social Class on Perfume Products. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 17(1), 13–21. (Online), (http://journal.feb.unpad.ac.id/index.php/jbm/article/view/2, diakses 13 April 2021).

Suminar, E., & Meiyuntari, T. 2016. Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02). (Online), (http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/556, diakses 15 April 2021)

Tata Rini, Y. 2019. Mengurai Peta Jalan Akuntansi Era Industri 4.0. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 58. (Online), (https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/refrensi/article/view/1339, diakses 20 Juni 2021)

Taufiq, Adhitya Rahmat. Mandasari, Andina Eka. Romdani, A. 2018. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Konsumsi. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2), 143–149. (Online), (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/704, diakses 15 Mei 2021)

Universitas Sebelas Maret. Jurusan Manajemen., A., & Suryanadi, P. 2017. Fungsi Merek Berupa Jaminan. Fokus Manajerial, 13(1). (Online), (https://jurnal.uns.ac.id/fokus-manajerial/article/view/11366, diakses 13 Mei 2021)

W, R. W. A., Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. 2020. Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187. (Online), (https://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/view/26241/0, diakses 10 April 2021)

Widhiasthini, N. W. 2020. Konsumen Era Revolusi.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v18i3.8051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License