INSTASTORY PERILAKU KONSUMEN DI ERA NEW NORMAL
Abstract
ABSTRACT
The aims of this study to determine consumer behavior and the stages of purchasing decisions due to Instastory marketing carried out by Griya Bakery & Griya Florist in the new normal era. The research method used is a qualitative method. Researchers conducted interviews with selected informants using the "accidental sampling" technique. The informants in this study were 12 people (1 owner and 11 consumers). The stages in data analysis include data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing / verification. The theory of consumer behavior and purchasing decisions by Kotler and Armstrong (2008) is used as the basis for this study. Based on the research results, it can be concluded that psychological factors have the greatest influence on Instastory marketing in shaping consumer behavior in the new normal era. The stages of the consumer purchasing decision making process are various. Most informants pass through the need Introduction - Purchase Decision - Post Purchase stage.
Keywords: Instastory, Consumer Behavior, Purchase Decision
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dan tahapan keputusan pembelian akibat pemasaran Instastory yang dilakukan oleh Griya Bakery & Griya Florist di era new normal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Peneliti melakukan wawancara kepada informan yang dipilih dengan menggunakan teknik “accidental sampling”. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang (1 orang owner dan 11 orang konsumen). Tahapan dalam analisis data meliputi pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verivication). Teori perilaku konsumen dan keputusan pembelian oleh Kotler dan Armstrong (2008) digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor psikologi memberikan pengaruh paling besar terhadap pemasaran Instastory dalam membentuk perilaku konsumen di era new normal. Tahapan proses pengambilan keputusan pembelian konsumen ditemukan beragam. Informan paling banyak melewati tahapan Pengenalan Kebutuhan – Keputusan Pembelian – Pasca Pembelian
Kata Kunci: Instastory, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andarningtyas, N. (2017). Pengguna Instagram di Indonesia capai 45 juta. https://www.antaranews.com/berita/642774/pengguna-instagram-di-indonesia-capai-45-juta
Barokah, S., Andina, A. N., & Anggiany, Z. (2020). Strategi Adaptif Kedai Kopi “ Coffeebreak ” Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Strategi, 01(12), 150–160.
Bohang, F. K. (2019). Pengguna Harian Instagram Stories Tembus Angka 500 Juta. https://tekno.kompas.com/read/2019/01/31/15320087/pengguna-harian-instagram-stories-tembus-angka-500-juta
Dewi, S. K., Siburian, P. S., & Indriastuti, H. (2017). Pengaruh motivasi konsumen , persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian mobil The influence of consumer motivation , perceptions and consumer attitudes toward car purchase decisions. Manajemen, 9(2), 105–110.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Fadilla, R. I., DWP, I. A., & Damayanti, R. (2019). Analisis Produk, Brand Image, dan Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Roti Wonder Bakery di Surakarta. Edunomika, 03(5 (293)).
Fahmi, I. (2016). Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi (M. Sayed (ed.)). Alfabeta.
Fajar Santoso. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Kembali melalui Kepuasan Pelanggan Crunchaus Salads di Pakuwon Mall …. Agora, 7(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/9116
Febriana, B., Pratiwi, N., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembalian ( Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Ruang Temu Kabupaten Tulungagung ). 9(3).
Febriana, M., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Online Consumer Revew Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 Dan 2015/2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 1–9.
Handika, M. R., Maradona, A. F., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–203.
Hansudoh, P. Y., Natadjaja, L., & ... (2021). Perancangan Desain Konten Instagram sebagai Media Informasi Kecantikan. Jurnal DKV …. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/11246
Ikanubun, D., Setyawati, S. M., & Afif, N. C. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Emosi Positif (Survei Pada Konsumen Toko Fashion di Kota “X”). Jurnal Ekonomi, Bisnis & Akuntansi. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/jurnal/(Davota, 2019) Pengaruh Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Emosi Positif.pdf
Indah Kencana Putri, L. P. (2019). Perilaku Konsumen Pengguna Instagram di Era Marketing 4.0. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4), 20. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i4.2248
Indah, S., Simaremare, V., & Mujiasih, E. (2018). Hubungan Antara Customer Value Dengan Impulse Buying Produk Fashion Pada Mahasiswi Angkatan 2017 Psikologi Universitas Diponegoro. Empati, 7(4), 162–167.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Isa, M., & Istikomah, R. (2018). Analisi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Makanan di Kota Surakarta. Oxford Art Online, 98–110. https://doi.org/10.1093/gao/9781884446054.article.t082385
Jayani, D. H. (2020). 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia
Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.284
Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.16
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12 Jilid 1). Erlangga.
Lassa, J. A. (2020). Response masyarakat sipil atas norma ’ adaptasi kebiasaan baru (Issue August).
Luthfianto, D. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Jalan Korea. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(1), 14–25. ejurnal.gunadarma.ac.id
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 549(01), 40–42.
Mulyadi, N. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Alfabeta.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Perdana, R. C., Agustino, M. R., Hartawan, D., Suyoso, Y. A., & Sari, R. (2020). Adaptasi dan Kebiasaan Baru Human Resource Department di Masa Pandemik Covid-19. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(3), 201–204. https://doi.org/10.35899/biej.v2i3.138
Prasetiyawan, A. A., & Nurhidayah, S. M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Makanan Online Muslim Millenial. Academica Journal of Multidisciplinary Studies, 4(December), 225–244.
Safitri, Y., & Ramadanty, S. (2019). Strategi Kampanye Public Relations melalui Peran Key Opinion Leader di Indonesia. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 88–96.
Setianto, G., Wartini, S., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2017). Pengaruh Bukti Fisik dan Empati Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 6(4). http://maj.unnes.ac.id
Sholeh, M., Suraya, & Zaitunah, A. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Statista. (2017). Jumlah Pengguna Aktif Harian Snapchat dan Instagram Stories. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/05/19/pengguna-instagram-stories-ungguli-snapchat
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Untuk peneliti yang bersifat: eksploratif, enterpretif dan konstruktif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran,. Graha Ilmu.
Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169
Syafirah, Mananeke, L., & Jorie Rotinsulu, J. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Per …. 245 Jurnal EMBA, 5(2), 245–255.
Taib, Z., & Supriana, T. (2020). Perspektif Ekonomi Pada Era New Normal Pasca Covid-19. Akses: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 108–118.
Towoliu, J. E. ., & Tumbuan, W. J. F. . (2017). Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian di rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 308–322.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/index/search/search?query=strategi+pemasaran&searchJournal=&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateTo
Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman Sebaya Pada Generasi Milenial Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.2950
DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v18i3.8067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039