Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM

Rahmawati Sjamsu Alam, Rahmad Solling Hamid, Sapar Sapar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh komunikasi pemasaran digital, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada produk UMKM Sektor kuliner. Penentuan sampel menggunakan pendekatan non-probability sampling menggunakan teknik Snowball Sampling dan diperoleh sebesar 100 responden. Teknik analisis data menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial (uji t) komunikasi pemasaran digital tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran digital, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Agustini, F., Amanah, D., & Harahap, D. A. (2020). Consumer Decision to Buy Vegetables at Traditional Markets in Medan, Indonesia. American International Journal of Business Management (AIJBM), 3(6), 109-123.

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 11(3), 207-216.

Amilia, S., dan Asmara, M.O. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa”. Jurnal Manajemen dan Keuangan 6(1): 660–669.

Anggoro, M.E.O.P., dan Pranata, L.B.L. 2020. “Pengaruh Komunikasi dan Konten Visual dalam Media Fotografi di Sweetescape Jakarta (Effect of Visual Communication and Content in Social Media Services Instagram Buying Decisions SweetEscape Photography in Jakarta”. Jurnal Hospitality dan Pariwisata 6(2): 79–82.

Blazheska, D., Ristovska, N., dan Gramatnikovski, S. 2020. “The Impact of Digital Trends on Marketing”. UTMS Journal of Economics 11(1): 48–58.

Candra, Y., Sari, D. P., & Ismail, W. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sale Pisang Purwobakti Muaro Bungo. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 122-138.

Ermiati, C., Amanah, D., Utami, S., & Harahap, D. A. (2021). Minat Beli Konsumen Terhadap Sayuran Organik Pada Pasar Tradisional Ditinjau Dari Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen (Studi Pada Pasar Sambas Medan). Tirtayasa Ekonomika, 16(2), 282-295.

Falaah, M., Murad, A.A., dan Sunaryo, D. 2018. “Pengaruh Program CSR Internal dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Alex Putra Group di Kota Cilegon”. Jurnal Manajemen 8(2): 91–101.

Fatmawati, A.N., dan Soliha, E. 2017. “Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic ‘Honda’”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 10(1): 1–20.

Gunawan, A.C., dan Susanti, F. 2018. “Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline di Kota Padang.” Jurnal Ilmu Ekonomi 1(1): 1–9.

Hair, J. F., Ringle, C. M., dan Sarstedt, M. 2019. “PLS-SEM: Indeed a silver bullet.” Journal of Marketing Theory and Practice 5(1): 70–79.

Halim, C.M., dan Susanto, J. 2021. “The Relevance of Price, Lifestyle and Social Media Towards Purchase Decisions of Motato Product”. International Journal of Economics 5(3): 723–731.

Halimah, M.A., dan Yanti, R.D. 2020. “Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto”. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen 5(1): 70–79.

Hamid, R. S., dan Ikbal, M. (2017). Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 310-337.

Hamid, R. S. (2020). Niat Konsumen menggunakan Transportasi Ride-Hailing di tengah Pandemi COVID-19: Kerangka Kerja Konseptual dan Evaluasi Empiris. Jurnal Manajemen Teknologi, 19(3), 266-289.

Hamid, R. S., Ikbal, M., dan Ar-Rashid, M. H. (2021). The Covid-19 Pandemic in Indonesia: Problems Identification and Solutions for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8308-8315.

Harahap, D. A., Amanah, D., & Agustini, F. (2018). Effect of product completeness and price on consumer purchasing decision in smes market medan. Jurnal Manajemen, 22(1), 47-61.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2020). Determinants of consumer purchase decision in SMEs. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3), 3981-3989.

Harahap, D. A. (2020). Pentingnya komunikasi pemasaran menciptakan kesadaran merek.

Harahap, D. A., Putra, A., Teviana, T., & Amanah, D. (2020). What is the reason for consumer buying at Indonesia SMEs market?. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(4), 507-5024.

Harahap, D. A. (2021). Branchless banking penopang UMKM, adaptasi fase normal baru.

Harsanto, L.F., dan Hidayat, W. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Pada UKM Martabak Mas Ipung di Perumahan Plamongan Indah Semarang”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 6(3): 340–351.

Hartati, S.R., Hurriyati, R., dan Widjajanta, B. 2016. “Gaya Hidup Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian.” Journal Business Management Education 1(3): 57–64.

Hulsman, M., dan Pfeffermann, N. 2011. “Strategies and Communications for Innovations an Integrative Management View for Companies and Networks”.

Hsu, C.L., Chang, C.Y., dan Yansritakul, C. 2017. “Exploring Purchase Intention of Green Skincare Products Using the Theory of Planned Behavior: Testing the Moderating Effects of Country of Origin and Price Sensitivity”. Journal of Retailing and Consumer Service 34: 145–152.

Ikbal, M., dan Hamid, R.S. 2016. “Smartphone Use of Effectiveness in Supporting Young Entrepreneurs Business Activity in the Palopo Using Technology Acceptance Model (TAM)”. Journal Information Management and Business Review 8(1): 57–65.

Imaningsih, E.S., dan Rohman, S. 2018. “The Model of Product Quality, Promotion, Price and Purchase Decision”. Jurnal Ekonomi 23(2): 260–271.

Iqbal, M., dan Asniar, M. 2020. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion”. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan 1(1): 31–44.

Khairiyah, D., dan Yunita, M. 2018. “Pengaruh Nilai Emosional, Nilai Sosial, Nilai Kualitas dan Nilai Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek TVS di Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 6(2): 132–138.

Kiswanto., Pudyaningsih, R., dan Akramiah, N. 2019. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Talas”. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi 4(1): 14–22.

Kurnianti, A.W. 2017. “Komunikasi Pemasaran Transportasi Online NGuberJEK”. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media 1(1): 69–85.

Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta.

Maramis, F.S., Sepang, J.L., dan Soegoto, A.S. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Air Manado”. Jurnal EMBA 6(3): 1658–1667.

Mewoh, F.M., Tampi, J.R.E., dan Mukuan, D.D.S. 2019. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Matahari Departement Store Manado Town Square”. Jurnal Administrasi Bisnis 9(1): 35–42.

Muslimah, S., Hamid, R. S., dan Aqsa, M. (2021). Analisis Dampak Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online: Perspektif Marketing MIX. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 137-150.

Nasution, S.L., Limbong, C.H., dan Nasution, D.A.R. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee”. Jurnal ECOBISMA 7(1): 43–53.

Pebrianti, W., Arweni, A., dan Awal, M. (2020). Digital Marketing, E-Wom, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48-56.

Rachmawati, A., Kana, A. A., dan Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2): 187-200.

Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., dan Mukuan, D. D. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), 228-233.

Saputra, G. W., dan Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596-2620.

Sholihat, A. 2019. “Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Krema Koffie”. Journal of Chemical Information dan Modeling 53(9): 1689–1699.

Silalahi, E.L., Butarbutar, M., Sihombing, Z., dan Ginting, N. 2021. “The Impact of Price, Service, Quality of Service and Products Toward Purchasing Decision of Customers in PT Nusira Medan”. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR) 5(2): 551–565.

Suharjo, A.R., Fahmi, I., dan Hannan, S. 2020. “Digital Marketing Strategy of Small and Medium Enterprises for Snack in Bogor City”. Journal Manajemen dan Agribisnis 17(1): 74–85.

Sukini., Mantikei, B., dan Manurung, Y. 2020. “Pengaruh Word of Mouth Communication dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Restaurant J’S Kitchen and Lounge Kalawa Waterpark, Palangka Raya)”. Jurnal Manajemen Sains dan Organisasi 1(2): 83–97.

Supu, L. P., Lumanauw, B., dan Poluan, J. G. (2021). Pengaruh harga produk, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk smartphone samsung di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 919-928.

Solomon, M.R. 2017. “Consumer Behavior”. Int. J. Consum. Stud 47: 2–10.

Walukow, P.L.A., Mananeke, L., dan Sepang, J. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa”. Jurnal EMBA 2(3): 1737–1749

Zahay, D. 2021. “Advancing Research in Digital and Social Media Marketing”. Journal of Marketing Theory and Practice 29(1): 125–139.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039