Pengaruh E-WOM, Product Quality, Dan Price Terhadap Brand Image Melalui Perceived Value

Alvaeniyah Pratama, Nurul Azizah

Abstract


Pada masa sekarang ini, perkembangan ekonomi juga sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Gaya hidup yang berkembang, akan mengakibatkan hobi yang berkembang pula seperti hobi berpetualang di alam bebas.  Fenomena ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memproduksi serta menyediakan kelengkapan kegiatan alam, salah satunya yaitu Eiger. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Product Quality, dan Price terhadap Brand Image melalui Perceived Value pada Produk Eiger (Penjualan secara online). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 115 responden yang merupakan pengguna Produk Eiger, pernah melakukan pembelian Produk Eiger secara online, dan konsumen yang mengikuti instagram @EigerAdventure. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis PLS-SEM dengan SmartPLS 3.0. Hasilnya adalah variabel Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Product Quality, dan Price dinyatakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Perceived Value. Kemudian untuk variabel Product Quality, Price, dan Perceived Value juga dinyatakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Brand Image. Sedangkan variabel Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dinyatakan berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap Brand Image.

Full Text:

PDF

References


Artikel Jurnal

Aaron, C., & Harjanti, D. (2021). PENGARUH PRICE TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE DAN PERCEIVED RISK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA LAYANAN CUCI MOBIL “ FLEX CAR DETAILING ” DI SURABAYA. Jurnal AGORA, 9(1).

Cahyono, F. D., Kusumawati, A., & Kumadji, S. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH ( eWOM ) DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI ( Survei pada Followers Akun Instagram @ saboten _ shokudo ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1), 148–157.

Candra, B. F., & Suparna, G. (2019). PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI. Jurnal Manajemen, 8(11), 6638–6657. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p13

Edison, & Restuti, S. (2014). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PERCEIVED VALUE , CITRA PERUSAHAAN DAN MINAT KONSUMEN MEMBELI BERAS KOMERSIAL BULOG DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VI(2), 20–30.

Erlitna, K. G., & Soesanto, H. (2018). ANALISIS PENGARUH HARGA , KUALITAS PRODUK DAN POSITIVE WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI PADA PENGGUNA IPHONE DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO). Diponegoro Journal Of Management, 7(4), 1–11.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2020). Determinants of consumer purchase decision in SMEs. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3), 3981-3989.

Lukiyana, & Silitonga, A. F. (2017). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERSEPSI MEREK TERHADAP KEINGINAN PEMBELIAN ULANG PRODUK DENGAN PERSEPSI NILAI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK ORIFLAME DI JAKARTA. Jurnal Online Internasional Dan Nasional, 20(1), 74–90.

Majid, N. (2016). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Malang. Ilmu Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(2).

Maria, I., Wijaya, V., & Keni, K. (2021). PENGARUH INFORMATION QUALITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP PERCEIVED VALUE DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT BEHAVIOR INTENTION ( STUDI PADA SOCIAL COMMERCE INSTAGRAM ). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 321–334. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.12276

Nurjaman, K. (2021). DAMPAK KUALITAS PRODUK TERHADAP PERSEPSI NILAI, KEPERCAYAAN DAN NIATMAHASISWA MEMBELI GADGET ELEKTRONIK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi (JIMEA), 5(3), 3041–3051.

Prastyo, K. (2013). PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI HOKA HOKA BENTO. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1).

Prihanto, E., Rodhiyah, & Ngatno. (2016). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN WORD-OF-MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PENGGUNA PRODUK MEREK EIGER DI KOTA SEMARANG). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1).

Puspita, D., & Nuvriasari, A. (2018). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MEREK EIGER (KAJIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(2), 73–83.

Ramadhan, A., & Idris. (2015). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI PERSEPSI NILAI SEBAGAI INTERVENING. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 12, 53–65.

Rini, E. S. (2016). Pengaruh Experience Quality Terhadap Brand Image Menggunakan Perceived Value ( Studi Kasus di STIKOM BALI ). Jurnal Sistem Dan Informatika, 10(2), 9–20.

Rizki, S. P., & Mudiantono. (2016). ANALISIS PENGARUH BRAND AMBASSADOR , KUALITAS DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Konsumen Face Garnier Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 5(2), 1–12.

Saputra, D. (2018). PENGARUH CITRA MEREK , WORD OF MOUTH , KUALITAS PRODUK , HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN EIGER CABANG MANYAR SURABAYA. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(12), 1–19.

Wijaya, A., Semuel, H., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Perceived Quality Terhadap Perceived Value Konsumen Pengguna Internet Mobile XL di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran PETRA, 1(1), 1–12.

Buku

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Website

Echi. 2018. “Eiger Raih Penghargaan ‘Content Marketing Implementation Of The Year’ di ajang Indonesia Contente Marketing Award (ICMA) 2018 Dalam Kategori Apparel”, https://phinemo.com/eiger-raih-penghargaan-di-ajang-indonesia-content-marketing-award-icma-2018/ diakses pada 4 Oktober 2021

Pandito. 2020. “Eiger Raih Penghargaan Indonesia Good Design Selection (IDGS) Award 2020”, https://otoexpo.com/eiger-raih-penghargaan-indonesia-good-design-selection-igds-award-2020/ , diakses pada 4 Oktober 2021

Tim Eiger Adventure. 2021. “Tentang Eiger”, https://eigeradventure.com/about-us , diakses pada 28 Januari 2022

Tim Eigerindo MPI. 2019. “Tentang Kami”, https://eigerindo.co.id/id/about/ , diakses pada 28 Januari 2022




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039