Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi Pariwisata Kota Bandung

Firari Giannindra

Abstract


Kota Bandung memiliki berbagai potensi yang dapat menjadi daya tarik wisatanya. Namun, potensi ini belum terekspos seluruhnya karena kurangnya mediasi mengenai tempa-tempat wisata tersebut. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, pertukaran informasi menjadi semakin cepat. Hal tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mediasi yang lebih efektif. Kementrian Pariwisata dapat menjadikan media sosial instagram sebagai sarana promosi pariwisata dan meningkatkan daya tarik wisata serta motivasi wisatawan di Kota Bandung. Dengan adanya penyampaian pendapat dan aspirasi warga dari artikel ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Kementrian Pariwisata untuk lebih mengefektifkan mediasi keindahan alam Indonesia melalui media sosial instagram. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan pemberian kuesioner terhadap 20 responden yang berusia 17-22 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.  Dari data-data yang didapat melalui kuesioner, dapat disimpulkan bahwa instagram dapat dijadikan salahsatu media promosi wisata Kota Bandung.


References


Jurnal Ilmiah

Fotis, J., Buhalis, D., Rossides, N. 2011. Social Media Impact on Holiday Travel Planning. The Case of the Russian and the FSU Market. International Journal of Online Marketing.

Atiko, Gita, dkk. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial oleh Kementrian Pariwisata RI (Studi Deskriptif pada Akun Instagram @indtravel).

Hamzah, Yeni Imaniar. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.

Prihandini, Fetiyana Luthfi.( 2015). Tingkat Pemanfaatan Social Media terhadap Branding Pariwisata Jawa Tengah oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah.

Rukmiyati, Ni Made dan Suastini, Ni Made. (2016). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Wisatawan.

Sari, Fitria. (2014). Tinjauan Terhadap Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Objek Wisata Air Terjun Aek Martua Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

Windani, Ayu. (2015). Pengaruh Unggahan Foto Wisata Alam Yogyakarta Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Berkunjung.

ITB World Travel Trends Report. 2016.

Peraturan Daerah

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 01 Tahun 2013 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Tahun 2012-2015 Kepariwisataan Daerah Tahun 2012-2025.




DOI: https://doi.org/10.29313/jpwk.v16i2.2433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License