Efektivitas Media Manipulatif Slime Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini

Erhamwilda Erhamwilda, A Mujahid Rasyid, Rinrin Rustini

Abstract


Ditemukan bahwa kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK BPP Malati kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur yang masih belum berkembang secara optimal. Hal ini dikarenakan kesadaran orang tua hanya memperhatikan aspek perkembangan kognitif anak saja pada bidang baca,tulis dan hitung. Salah satu bahan bermain yang mainkan otot-otot halus anak adalah slime. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi objektif kemampuan motorik halus anak kelompok A TK BPP Malati dengan media manipulatif slimeJenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan pada TK BPP Malati di kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelompok A (usia 4-5 tahun) berjumlah 20 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah Random sampling. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media manipulatif slime dalam meningkatkan motorik halus anak dapat disimpulkan berhasil, hal tersebut dibuktikan pencapaian setelah dilakukan tes pada saat kegiatan.


Keywords


Media Manipulatif Slime; Motorik Halus; Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Andi, P. (2016), Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penerlitian, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Agustin, M. (2017) Mengajar Yang Menyenangkan Dan Bermakna Bagi Anak, CV Edena Ciptawira Mandiri.

Agustin, M. (2017), Mengenali Dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia TK & RA. Jakarta: CV Wafi Media Tama.

Agustin, M. (2017), Mengajar Yang Menyenangkan Dan Bermakna Bagi Anak. CV Edena Ciptawira Mandiri.

Agustin, M. (2017), Mengenali Dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia TK & RA. CV Wafi Media Tama.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakary,

Balci,N,C, (2015), Screening Preschool Childern For Fine Motor Skill Environmental I.10.

B.R. Hergenhahn dan Matthew H, Olson, (2008), The Ories of Learning. Kencana Prenadamedia Group.

Cep U W & Tini Sumartini, (2007), Modul pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Penguatan Pendidikan Karakter.

Darminta, Psikologi Perkembangan Anak, (2001), Jakarta, Universitas Terbuka.

Decapria,R, (2003), Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Jogyakarta, Diva Pres.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2007), Jakarta, Balai Pustaka.

Depdiknas.Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-kanak, (2007), Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.

Desmita, M.Si Psikologi Perkembangan Peserta Didik, (2014), Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Djawad Dahlan, (2000), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Remaja Rosdajarya.

Edelman Borden, Mariana, (2001), Smart Start, Kaifa.

Eveline Siregar, Hartini Nara, (2011), Teori Belajar dan Pembelajaran Ghalia Indonesia.

Fatmawati, A,(2013), Implementasi Playdough dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus.Skripsi pada Jurusan PGPAUD FIP UPI, Bandung.

F2h. Buku Manual alat permainan Edukatif. Adituka, (2011), Jogyakarta.

Giri, M. (2007). UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Hasan, M. (2009), Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta.

Hariwijaya, (2007), Metodologi dan Penulisan SkripsinTesis dan Disertasi, Yogyakarta.

Hikmayani, A. (2013), Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kirigami. FIP UPI.

Hildayani, Rini, (2006), Psikologi Perkembangan Anak.Jakarta. Univesitas Terbuka.

Hurlock,B.E, (1978), Child Development (Perkembangan Anak , Edisi Keenam penerjamah M. Jakarta. Erlangga.

Hughes dan E.H. Hughes. Learning Teaching, (2011), Hurlock, Elizabeth B., Psikologi Perkembangan.Jakarta : Erlangga.

Ismail,Andang, (2006), Education Games, Yogyakarta, Pilar Media.

Imam Ghozali,M.Com,Akt, (2011), Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss19.Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imam Ghozali, (2011), Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss19.Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jamal Abdurrahman,Syaikh. Islam Parentimg, (2014), Pendidikan anak metode nabi. Aqwam

Jeanne Ellis Ormrod, (2009), Psikologi Pendidikan membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Gelora Aksara Pratama.

Juwita.Dwi, (2010), Perkembangan Fisik Motorik dan Bahasa, Surakarta, Universitas Muhammadiya

John W Santrock, (2003), Perkembangan Anak, Jakarta.

John W Santrock. (2011), Perkembangan Anak. Jakarta.

Johni Dimyati, (2017), Metodologi Penelitian Pendidikan Dam Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Pernada Media Group Kartono, (2007), Psikologi Anak. Bandung. Mandar Maju.

Kurikulum, (2013), PAUD PERMENDIKBUD NOMOR 146 Tahun 2014.

Kulikulum, (2004), Standar kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudlatul Athfal, Jakarta, Departeman Pendidikan Nasional.

Kurikulum, (2013), PAUD PERMENDIKBUD NOMOR 146 Tahun 2014.

Luluk Asmawati, (2014), Perencanaan Pembelajaran PAUD, Bandung Rosdakari.

Masnipal, (2018), Menjadi Guru PAUD Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya.

M. Djawad Dahlan, (2000), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta, Remaja Rosdajarya.

M. Hariwijaya, Metodologi dan Penulisan SkripsinTesis dan Disertasi.

M.Sopiyudin Dahlan, (2011), Statistik untuk kedokteran dan Kesehatan.

Masnipal, (2013), Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional, Jakarta, Elex Media Komputindo.

Martini,Jamarin, (2006), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta, Grasindo.

Melinda, (2013). Pengaruh Melukis Menggunakan Teknik Finger Painting terhadap Keterampilan Motorik Halus pada Taman Kanak-Kanak. FIP UPI.

Mursid, (2015), Pengembangan Pembelajaran Paud, Bandung, Rosda.

Muhibbin Syah, (2006), Psikologi Belajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mursid, (2015), Pengembangan Pembelajaran Paud, Bandung, Rosda.

Moeslichatoen R, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, (2004), Rineka Cipta.

Richard Decaprio, (2013), Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Diva Press.

Rosmala, D. (2005). Berbagai Masalah Anak TK. Jakarta.

Robert E. Slavin, (2011), Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Jakarta, Indek.

Santrock,W,J, (2007), Perkembangan Anak Jilid, Jakarta ,Erlangga

Suyono, Hariyanto, (2014), Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar, Remaja Rosda

Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alphabet.

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kombinasi Alfabeta.

Sujiono,Y,Bambang, (2008). Metode Pengembangan Fisik, Jakarta, Universitas Terbuka.

Sumantri, (2005), Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.

Slavin,Robert E, (2011), Psikologi Pendidikan Teori dam Praktik. Jakarta, Pt Indek.

Syaikh Jamal Abdurrahman, (2010), Islam Parentimg. Pendidikan Anak Metode Nabi. Aqwam.

Sujiono, Bambang, (2008), Metode Pengembangan Fisik, Jakarta, Universitas Terbuka.

Solehuddin, M, (2000), Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. FIP UPI.

Sujiono, Y.N, (2011), Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, PT. Indeks.

Sumantri. (2005), Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta, Depdinas.

Standar Nasional PAUD PermenDikBud Nomor 137 Tahun 2014.

Unisba, (2017), Buku Pedoman Akademik, Bandung.

Yusuf, S, (2006), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S. (2011), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Wardhani, Junita Dwi, Asmawulan, Tri, (2011), Perkembangan Fisik, Motorik dan Bahasa, Surakarta, Qinant.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v7i2.11036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723