Pengenalan Matematika di PAUD Dengan Menggunakan Metode Gerak dan Lagu Pada Kelompok B (5-6 Tahun)
Abstract
Pengenalan matematika permulaan terhadap Pendidikan Anak Usia Dini merupakan berperan penting dalam kehidupan yang harus di pelajari, guna memecahkan masalah sehari-hari serta dikenalkannya untuk memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Masalah dalam kegiatan pengenalan matematika permulaan di RA At-Taqwa Cidatar Garut yang tidak tepat nyakni menggunakan metode ceramah di karenakan anak kurang tertarik dalam kegiatan pengenalan pembelajaran tersebut, maka peneliti mencoba menggunakan metode gerak dan lagu untuk pengenalan matematika. Selain itu pengenalan matematika permulaan menggunakan metode gerak dan lagu di bandingkan menggunakan metode yang lain dilihat dari perhitungan statistik dengan menggunakan metode ceramah yaitu sebesar 18,9667, sedangkan dengan menggunakan metode gerak dan lagu sebesar 20,7000, jelas perbedaannya sangat jauh maka dari latar belakang di atas mengenai aspek-aspek yang akan di jelaskan dalam pengenalan matematikan menggunakan metode gerak dan lagu serta cakupannya yang berhubungan dengan keduanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir. (2005). Matematika dan al-Qur'an. Disajikan pada Seminar Integrasi Matematika, Al-Qur’an, dan Kehidupan Sosial. Topografi Komando Daerah Militer V Brawijaya. Malang.
Askar, Muhammad. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Di Lembaga PAUD dengan Metode Binama. Tesis. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Bredekamp & Copple. (1997). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. NAEYC. Washington.
Clements, & Douglas H. (2001). Mathematic In The Preschool, Copyright @2001. The National Council of Teachers of Mathematics. Inc.www.netm.org.
Direktorat PAUD. (2011). Konsep Matematika Untuk Anaka Usia Dini.
Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajarn Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Departeman Pendidikan Nasional. Jakarta (Di Unduh Pada Tanggal…)
Direktorat PAUD. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Seni di TK (Di Unduh pada tahun 2017)
Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesian Nomor 20 Tahun 2003 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (Di Unduh 2017)
Direktorat PAUD. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Direktorat PAUD. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta Kementerian Pendidikan Nasional
E., Mulyasa, H. (2014). Managemen PAUD Cetakan ke-3. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Fitria, Analisa. (2013). Mengenalkan dan membelajarkan matematika pada anak usia dini, Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol.1 No.2
Hadi. (2007). Metodologi Penelitian. Andi Offset. Yogyakarta.
Haryono. (2014). Filsafat matematika. Alfa Beta CV.
Hurlock, B. Elizabeth, (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Kemendikbud PAUD. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Di Unduh Pada Tanggal, 23 Juli 2018).
Langer, Susane K. “Problem Of Art “.
Lerner. (1981:367). Learning Disabilities, Teories, Diagnosis, and teaching Strategies. Houghton Mifflin Company. USA.
M., Fadlillah. (2013). Permainan Monraked Sebagai Media Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logika Matematika. Tesis. Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga,
Masitoh, Heny, dan Ocid. (2005). Strategi Pembelajaran TK.
Mutiara, Shinta. (2015). Pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kompetensi Early Math Anak Usia Dini. Journal. UPI.
Novikasari, I. Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usi dini (PAUD, Jurnal Pendidikan Anak, Vol 2 (1), hlm 1-16
Ridwan. (2012). Pengantar Statistika. PT Alfabeta.
Sandro, Frigyes. (1975). Sembilan Gerak dan Lagu. PT P2PNFI Jayagiri. Lembang.
Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran, Berorentasi Standar Prooses Pendidikan. PT. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. PT. Kencana Prenada Media Group.
Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.
Saputra, Yudha M., & Rudyanto, (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. , PT. Departemen Pendidikan Nasional.
Siswoyo, D., et al. (2011). Pendidikan untuk pencerahan dan kemandirian bangsa.
Siswono, & Tatag Yulia Eko. (2014). Belajar dan Mengajar Matematika Anak Usia Dini. dalam htt://www.academia.edu.
Smith, & Prince. (2012:3). Wreck this journal.
Sriningsih. (2009). Pembelajaran Terpadu untuk Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas. Bandung.
Sugihartono, et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta.
Sugiono. (2017). Cara Midah menyusun Skripsi Tesis dan Disertasi Cetakan Ke-25. Alfabeta. Bandung.
Sumantri & Syaodih. (2008). Metode penelitian Pendidikan. Semarang.
Suryanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. HIKAYAT Publishing.
Suryabrata. (1990). Psikologi Pendidikan. Rajawali. Jakarta.
Suyanto, Salamet. (2005). Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta.
Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publisher. Yogyakarta. hal. 161
Widhianawati, Nana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetika Anak Usia Dini Edisi Khusus Nomor 2.
Widhianawati. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini (Studi Eksperimen Quasi pada anak kelompok bermain mandiri SKB Sumedang, Mimbar Sekolah. Vol.XI Nomor 2 hlm.2-8. Bandung UPI.
Available: http://jurnal.upi.edu/file/22-NANA_WIDHIANAWATI-bl.pdf tanggal 1 Februari 2017.
DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v7i2.11050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.