Peran Kelekatan dengan Teman Sebaya pada Otonomi di Mahasiswa

Diana Permata Sari, Dicki Romendo

Abstract


Mahasiswa berada di masa peralihan dari remaja ke dewasa di mana mereka mulai melepaskan ikatan dari orang tua dan menjalin kedekatan/hubungan dengan teman/pasangan. Penelitian kuantitatif ini melihat pengaruh dari kelekatan dengan teman sebaya dengan otonomi di mahasiswa. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring dari skala yang sudah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia yaitu sub skala Peer Attachment dari Inventory of Parent and Peer Atachment (IPPA) milik Greenberg dan Armsden (1987) dan Adolescent Autonomy Scale milik Noom (1999). Penyebaran kuesioner melalui Google Form kepada para mahasiswa pada rentang waktu empat minggu. Sebanyak 105 responden yang terdiri dari 22 laki-laki dan 83 perempuan responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan kelekatan dengan teman sebaya terhadap terhadap otonomi (p = 0.789). Lalu, hasil analisis korelasi ditemukan bahwa kelekatan dengan teman tidak berkorelasi dengan otonomi (p=0.841).

Keywords


Mahasiswa; Otonomi; Kelekatan Teman Sebaya.

Full Text:

PDF

References


Armsden, G. C.,& Greenberg, M. T. (1987). The inventory of parent and peer attachment: individual differences and their relationship to psychological well-being in adolescence. Journal of Youth and Adolescence, 427-454

Arnett, J. J. (2007). Emerging adulthood: What is it, and what is it good for?. Child development perspectives, 1(2), 68-73

Barrocas, A.L. (2009). Adolescent attachment to parents and peers. [Online]. Diambil dari http://ejournal.narotama.ac.id/files/barrocas%20thesisfinal.pdf

Bowlby, J. (1988). A secure base: Parent-child attachment and healthy human development. Basic Books.

Bülow, A., Keijsers, L., Boele, S., van Roekel, E., & Denissen, J. J. A. (2020). Parenting Adolescents in Times of a Pandemic: Changes in Relationship Quality, Autonomy Support, and Parental Control? doi:10.31234/osf.io/g8kpf

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches 4th edition. SAGE.

Dewi, A. A., & Valentina, T. D. (2013). Hubungan kelekatan orang tua-remaja dengan kemandirian pada remaja di SMKN 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 181-189

Fioretti, C., Palladino, B. E., Nocentini, A., & Menesini, E. (2020). Positive and Negative Experiences of Living in COVID-19 Pandemic: Analysis of Italian Adolescents’ Narratives. Frontiers in Psychology, 11. doi:10.3389/fpsyg.2020.599531

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurst, J. R. (2010). The development of adolescent autonomy: contribustions of the mother-child attachment relationship and maternal sensitivity. The university of Texas at Dallas, 1-65

Keizer, R., Helmerhorst, K. O. W., & Gelderen, L. R. (2019). Perceived quality of the mother-adolescent and father adolescent attachment relationship and adolescents’ self-esteem. Journal of Youth and Adolescence, 48(6), 1203-1217. https://doi.org/10.1007/s10964-019-01007-0

Leedy, P, D., & Ormrod, J, E., (2015). Practical Research: Planning And Design 11th Edition. New York: Pearson

Lemme, B. H. (1999). Development in adulthood (2nd ed.). McGraw-Hill.

Martono, N. (2014). Metode penelitian kuantitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder edisi revisi ke-2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Murphy, D. A., Greenwell, L., Resell, J., Brecht, M.-L., & Schuster, M. A. (2008). Early and middle adolescent's autonomy development. Clinical child psychology psychiatry, 253-276

Nalipay, M. J. N., King, R. B., & Cai, Y. (2020). Autonomy is equally important across East and West: Testing the cross-cultural universality of self-determination theory. Journal of Adolescence, 78, 67–72. doi:10.1016/j.adolescence.2019.12

Noom, M. J., Dekovic, M., & Meeus, W. (1999). Autonomy, attachment and psychosocial adjustment during adolescence: a double-edged sword?. Journal of youth and adolescence, 22, 771-783.

Noom, M. J., Dekovic, M., & Meeus, W. (2001). Conceptual analysis and measurement of

adolescent autonomy. Journal of youth and adolescence, 577-595.

Nuryadi., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Sibuku Media.

Nursalikah, A. (2018, November 12). Jumlah mahasiswa Indonesia masih sedikit. republika.co.id. https://republika.co.id/berita/pi2o7r366/jumlah-mahasiswa-indonesia-masih-sedikit.

Permatasari, N. I., & Kurniawan, I. N. (2002). Hubungan antara kelekatan terhadap orang tua dengan otonomi pada remaja. Jurnal psikologi UII, 1-12.

Prabowo, R. D., & Aswanti, M. (2014). Hubungan attachment ibu-anak dan ayah-anak dengan kemandirian pada remaja akhir. Jurnal psikologi UI, 1-16.

Reifman, A., Arnett, J.J., & Colwell, M.J. (2007). Emerging adulthood: Theory, assessment and application. Journal of Youth Development, 2(1), 37-48, https://doi.org/10.5195/jyd.2007.359

Santrock. J.W. 2019. Life-span development 17th edition. New York: McGraw Hill.

Schwartz, B. (2000). Self-determination: The tyranny of freedom. American Psychologist, 55, 79–88

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS edisi pertama. Kencana Prenadamedia Group.

Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis regresi linear ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Supratiknya, A. (2015). Metodologi penelitian kuantitatif & kualitatif dalam psikologi. Universitas Sanata Dharma.

Suryabarata, S. (2006). Metodologi penelitian. Raja Grafindo Persada.

Steinberg.L. 2002. Adolescence 6 edition. Boston: Mc graw hill.

Therriault, D., Lemenlin, J.P., Toupin, J., & Dery, M. (2021). Factor associated with parent-adolescent attachment relationship quality: a longitudinal study. Adolescent, 1(2), 159-174, https://doi.org/10.3390/adolescents102001

Wilkinson, R. B. (2004). The Role of Parental and Peer Attachment in the Psychological Health and Self-Esteem of Adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 33 (4)

Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.

Zimmer-Gembeck, M.J., & Collins, W.A. (2003). Autonomy development during adolescence.

In G.R. Adams & M. Berzonsky (Eds.), Blackwell Handbook of adolescence (pp. 175-204). Oxford: Blackwell Publishers.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v8i1.11657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723