PENYUSUNAN CORE COMPETENCY PADA PERUSAHAAN BERBASIS NILAI KEISLAMAN

Rizka Dara Vonna, Annisa Miranti Nurendra

Abstract


Core competency diperlukan sebagai upaya menciptakan sebuah keunggulan yang akan membedakan perusahaan dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan melakukan sebuah intervensi dengan membangun kompetensi inti pada perusahaan fashion muslim X Bandung. Dengan latarbelakang budaya organisasi yang memiliki nilai-nilai inti yang dijalankan seperti nilai-nilai islami yang diterapkan maka akan dapat diperkuat dengan meningkatkan skill dan pengetahuan karyawan dengan adanya kompetensi yang ada. Desain penelitian adalah action research, dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT X mampu mengelola lebih baik sumberdaya manusia dengan mengetahui kompetensi-kompetensi karyawan yang ada. Core competency juga dapat mendukung nilai-nilai inti atau core value yang dijalankan.

Keywords


Core competency, budaya organisasi, nilai-nilai islami

Full Text:

PDF

References


Agha, S., Alrubaiee, L., & Jamhour, M. (2012). Effect of core competence on competitive advantage and organizational performance. International Journal of Business and Management, 7(1), 192-204.

Aziz, Rezy. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Islami dan Budaya Islam Terhadap Motivasi Kerja Islami Pada UKMK di Magetan. JESTT. vol 1 no 6.

Bani-Hani, J. S., & Faleh, A. A. (2009). The impact of core competencies on competitive advantage: Strategic challenge. International Bulletin of Business Administration, 6, 93-104

Barney, J. (1991, Mar). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management, 17(1), 99-120.

Baskerville,L.R. (1999) Journal : Investigating Information System with Action Research, Association for Information Systems: Atlanta

Cesilya,R. (2015). Budaya Organisasi, Sistem Penghargaa dan efektivitas Organisasi. Jurnal Administrasi Negara. 13(1): 300-306

Cummings, T.G., & Worley, C. G. (2005). Organization Development and Change, 8th ed. Mason: Thomson South-Western.

Gunawan, (2004), Makalah untuk Pertemuan Dosen UKDW yang akan melaksanakan penelitian pada tahun 2005, URL : http://uny.ac.id, accersed at 19 Mei 2007, 15.25 WIB

Hakim. (2012). The Implementation Of Islamic Leadership & Islamic Organizational Culture & Its Influence On Islamic Working Motivation and Islamic Performance PT Bank Mu’amalat Indonesia Tbk. Employee in the Central Java. Asia Pasific Management Review 17 (1)(2012)

Madya, S, (2006) Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research), Alfabeta: Bandung.

Prahalad, C. K., & Hamel, G. (1990). The Core Competence Of The Corporation. Harvard Business Review, product 6528.

Purbasari, R. (2016). Analysis Of Islamic Organizational Culture In Fostering Organizational Innovation On Rabbani Holdin. Jurnal aDbispreuner. Vol 1. no 1: Bandung

Robbins, S.P dan Timothy A.J. (2015). Perilaku Organisasi, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Smith, R. (2008) Aligning competencies, capabilities and resources. Research Technology Management : The Journal of the Industrial Research Institute

Srivastava, S. C. (2005). Managing core competence of the organization. Vikalpa, 30(4), 49-63

Teguh, E. D & Devie. (2015). Analisa Pengaruh Core Competency terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review, Vol 1.




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v4i2.4166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723