EVALUASI MODEL PENDUGAAN AREA KECIL DENGAN PENAMBAHAN INFORMASI GEROMBOL

Ray Sastri, Arbi Setiyawan

Abstract


Beberapa survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mempunyai level estimasi provinsi atau kabupaten. Jumlah sampel tidak mencukupi untuk melakukan pendugaan sampai ke tingkat desa, bahkan beberapa desa tidak terkena sampel atau nirsampel. Model dengan penambahan informasi gerombol, menurut Anisa (2014), lebih baik untuk menduga variabel di wilayah nirsampel. Akan tetapi belum diketahui berapa besar area nirsampel yang bisa ditangani oleh model tersebut. Untuk menjawab pertanyaan ini, dilakukan kajian simulasi. Dilihat dari perbedaan MSE,  model ini bisa digunakan pada area nirsampel sebanyak 40 persen. Akan tetapi, dilihat dari  nilai relatif bias, jumlah area nirsampel yang bisa ditangani sebanyak 20 persen. Kesimpulannya, model EBLUP dengan penambahan informasi gerombol dapat dengan baik digunakan sampai 20 persen wilayah nirsampel.


Keywords


SAE, EBLUP, gerombol

References


Anisa R, Kurnia A, Indahwati. 2014. Cluster Information of Non-sampled Area in Small Area Estimation. IOSR Journal of Mathematics 10(1):15-19.

Hamdani, Rifki. 2015. Pendugaan Area Kecil Angka Melek Huruf Pada Tingkat Kecamatan di Kabupaten Donggala Dengan Metode Bayes Berhirarki. Bogor: Institut Pertanian Bogor [Tesis]

Istiqomah, Nurul. 2015. Penggerombolan Kabupaten/Kota Berdasarkan Faktor Stunting Menggunakan Metode Penggerombolan Dua Langkah Untuk Data Campuran. Bogor : Institut Pertanian Bogor [Tesis]

Lahiri, P. and Rao, J.N.K.. 1995. Robust Estimation of Mean Square Error of Small Area Estimation. Journal of American Statistical Association. 90: 758-766.

Mattjik AA, Sumertajaya IM. 2011. Sidik Peubah Ganda Dengan Menggunakan

SAS. Bogor(ID): IPB Press.

Rao JNK. 2003. Small Area Estimation. New York: John Wiley & Sons.

Sud U.C., Chandra H. and Srivastava, A.K.. 2012. Crop Yield Estimatiion at District Level Using Improvement of Crop Statistics Scheme Data – An Application of Small Area Estimation Technique. Journal of The Indian Society of Agricultural Statistics 66(2): 321-326.




DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v18i1.3669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License