Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen

Nusar Hajarisman

Abstract


Dalam situasi bisnis yang semakin kompetitif ini, satu jenis produk bisa diproduksi oleh
beberapa perusahaan yang berbeda atau bahkan satu perusahaan akan menghasilkan satu jenis
produk yang sama dengan label dan tipe yang berbeda. Dengan demikian para konsumen akan
dihadapkan pada sejumlah pilihan dalam menentukan produk yang akan dibelinya. Seorang
konsumen dalam memutuskan pilihan terhadap produk yang akan dibelinya itu tentunya
berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu sehingga dirinya merasa puas terhadap
pilihannya itu. Oleh karena itu para manager di perusahaan tersebut perlu memikirkan faktor-faktor
apa saja yang menjadi prioritas utama sehingga tujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen tetap
tercapai. Keputusan yang diambil oleh para manager itu tentang faktor-faktor apa saja yang
dijadikan prioritas didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan konsumen yang akan membeli
produk tertentu. Dalam studi ini akan menggunakan analisis regresi untuk menaksir hubungan
antara peubah-peubah bebas Xi dengan peubah tak bebas Y, dimana metoda atau teknik kuadrat
terkecil akan digunakan untuk menaksir kofisien-koefisien regresi (bi) dalam persamaan yang
berbentuk: Yi = b0 + b1X1i + b2X2i + ... + bkXki + ei, dimana ei menyatakan galat acak. Koefisienkoefsien
regresi ini nantinya akan menentukan perubahan yang diharapkan dalam mengukur tingkat
kepuasan konsumen yang berhubungan dengan setiap perubahan dalam peubah bebas ke-k.
Dengan kata lain, akan ditentukan peubah-peubah X mana saja yang mempunyai peranan penting
dalam mengukur tingkat kepuasan konsumen.



DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v2i2.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License