OPTIMUM DESIGN PADA PERANCANGAN PERCOBAAN MIXTURE

Bagus Sartono, Aunuddin Aunuddin, Budi Susetyo

Abstract


Salah satu hal penting pada perancangan percobaan adalah melakukan perancangan level secara optimum terhadap
komponen penyusun perlakuan sehingga ragam penduga akan minimum. Penduga yang dimaksud adalah penduga koefisien
model dan penduga respon. Semakin banyak kendala-kendala pada besarnya komponan campuran dipercobaan mixture
menyebabkan titik rancangan optimum yang harus dicoba juga sebaik banyak. Algoritma XVERTI merupakan algoritma untuk
menemukan titik-titik tersebut. Namun, ketersediaan bahan dan biaya percobaan menjadi kendala sendiri. Untuk itulah perlu
dipilih sebagian titik saja, sehingga target biaya bisa dipenuhi namun tidak paling optimum dalam hal ragam penduga. Kekurang
sepakatan antar kriteria adalah permasalahan tersendiri pada proses pemilihan titik. Pada makalah ini dibahas beberapa hasil
simulasi algoritma pemilihan titik antara lain greedy search algorithm (dengan kriteria D-optimality, dan A-optimality), Naes
algorithm, dan uniform mapping algorithm



DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v3i1.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License