PENERAPAN MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL DENGANMETODE LISREL
Abstract
Model Persamaan Struktural (MPS) adalah merupakan suatu teknik peubah ganda yang dapat digunakan untuk
mendiskripsikan hubungan linear secara simultan peubah-peubah pengamatan (manifest variable), dan sekaligus
melibatkan peubah struktural (latent variable) yang tidak dapat diukur langsung. MPS ini merupakan penggabungan teknik
analisis faktor dan analisis lintas. Pendugaan parameter pada MPS menggunakan struktur koragam, sehingga model ini
dikenal dengan Model Struktur Koragam (MSK), dan lebih popular dikenal dengan model LISREL (Linear Structural
RELationships). LISREL adalah merupakan salah satu software statistika untuk pemodelan persamaan struktural yang
dibuat oleh Karl Jöreskog dan Dag Sörbom. Metode LISREL ini diterapkan pada pemodelan Manajemen di BAZNAS.
Peubah struktural yang diamati adalah Kualitas Jasa, Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen. Dengan menerapkan metode
LISREL diperoleh informasi bahwa dengan taraf nyata 1%, Kualitas Jasa mempunyai pengaruh yang nyata terhadap
Kepuasan, sedangkan Kepuasan itu sendiri mempunyai pengaruh yang nyata terhadap Kepercayaan dan Komitmen,
demikian juga Kepercayaan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap Komitmen.
mendiskripsikan hubungan linear secara simultan peubah-peubah pengamatan (manifest variable), dan sekaligus
melibatkan peubah struktural (latent variable) yang tidak dapat diukur langsung. MPS ini merupakan penggabungan teknik
analisis faktor dan analisis lintas. Pendugaan parameter pada MPS menggunakan struktur koragam, sehingga model ini
dikenal dengan Model Struktur Koragam (MSK), dan lebih popular dikenal dengan model LISREL (Linear Structural
RELationships). LISREL adalah merupakan salah satu software statistika untuk pemodelan persamaan struktural yang
dibuat oleh Karl Jöreskog dan Dag Sörbom. Metode LISREL ini diterapkan pada pemodelan Manajemen di BAZNAS.
Peubah struktural yang diamati adalah Kualitas Jasa, Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen. Dengan menerapkan metode
LISREL diperoleh informasi bahwa dengan taraf nyata 1%, Kualitas Jasa mempunyai pengaruh yang nyata terhadap
Kepuasan, sedangkan Kepuasan itu sendiri mempunyai pengaruh yang nyata terhadap Kepercayaan dan Komitmen,
demikian juga Kepercayaan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap Komitmen.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v4i2.873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Notice
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.