ANALISA KAPABILITAS PROSES DENGANMETODE GRAFIS UNTUK PENGUKURAN KUALITAS JASA

Sri Enny Triwidiastuti

Abstract


Makalah ini menjelaskan tentang analisa kapabilitas proses multivariat dengan metode grafis untuk mengukur kapabilitas
proses jasa. Setiap produk baik manufaktur maupun jasa supaya dapat diterima oleh pelanggan harus melalui serangkaian
seleksi kualitas yang ketat dan benar.Salah satu alat ukur kualitas adalah kapabilitas proses yang berusaha mempertemukan
keinginan pelanggan dengan proses produksi dengan persepsi yang sama. Dipilih kapabilitas proses untuk studi ini karena
proses produksi diharapkan berjalan stabil,kapabel dengan penyimpangan produk seminim mungkin sehingga
menghasilkan produk yang konsisten.Suatu proses dikatakan stabil atau kapabel bila penyimpangan yang terjadi sangat
minim,berulang dan dapat diramalkan;dengan demikian dapat diharapkan akan menghasilkan 99,73% produk yang bebas
cacat.Pengukuran kualitas jasa sangat berbeda dengan pengukuran kualitas yang lain karena karakteristik kualitas jasa
terdiri dari beberapa variabel dan atribut yang saling berkaitan,kadang tidak dapat dipisahkan,bersifat unik karena
keinginan pelanggan yang individual dan sangat bervariasi.



DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v4i2.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License