Analisis Pasar Perspektif Mahasiswa Baru Ditinjau dari Visi, Misi, Bauran Pemasaran, dan Citra Institusi Pendidikan Tinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya visi dan misi, aspek-aspek bauran
pemasaran, dan citra sebagai aspek-aspek penilaian bagi masyarakat atau pasar sasaran (target
market) dalam memilih suatu institusi pendidikan tinggi. Data yang digunakan dalam penelitian ini
dikumpulkan melalui dua cara, yaitu data primer dan sekunder. Beberapa kesimpulan yang dapat
diambil dari hasil dan pembahasan penelitian ini sebagai berikut: (1) Visi dan misi yang dimiliki atau
ditawarkan merupakan salah satu aspek penilaian bagi masyarakat atau pasar sasaran (target
market) dalam memilih suatu institusi pendidikan tinggi, (2) Bauran pemasaran yang terdiri dari (a)
program pendidikan yang ditawarkan, (b) biaya pendidikan, (c) promosi yang dilakukan, dan (d)
lokasi institusi pendidikan tinggi, baik secara parsial maupun secara komprehensif merupakan
aspek-aspek yang berkontribusi bagi masyarakat atau pasar sasaran dalam melakukan penilaian
untuk memilih suatu institusi pendidikan tinggi, (3) Dari keempat aspek bauran pemasaran tersebut,
dua aspek yang menjadi alasan dominan bagi pasar sasaran untuk memilih institusi pendidikan
yang diteliti ini, yaitu aspek lokasi dan program pendidikan yang ditawarkan, (4) Citra suatu institusi
pendidikan tinggi yang terbentuk menjadi salah satu alasan bagi masyarakat atau pasar sasaran
dalam memilih suatu institusi pendidikan tinggi.
pemasaran, dan citra sebagai aspek-aspek penilaian bagi masyarakat atau pasar sasaran (target
market) dalam memilih suatu institusi pendidikan tinggi. Data yang digunakan dalam penelitian ini
dikumpulkan melalui dua cara, yaitu data primer dan sekunder. Beberapa kesimpulan yang dapat
diambil dari hasil dan pembahasan penelitian ini sebagai berikut: (1) Visi dan misi yang dimiliki atau
ditawarkan merupakan salah satu aspek penilaian bagi masyarakat atau pasar sasaran (target
market) dalam memilih suatu institusi pendidikan tinggi, (2) Bauran pemasaran yang terdiri dari (a)
program pendidikan yang ditawarkan, (b) biaya pendidikan, (c) promosi yang dilakukan, dan (d)
lokasi institusi pendidikan tinggi, baik secara parsial maupun secara komprehensif merupakan
aspek-aspek yang berkontribusi bagi masyarakat atau pasar sasaran dalam melakukan penilaian
untuk memilih suatu institusi pendidikan tinggi, (3) Dari keempat aspek bauran pemasaran tersebut,
dua aspek yang menjadi alasan dominan bagi pasar sasaran untuk memilih institusi pendidikan
yang diteliti ini, yaitu aspek lokasi dan program pendidikan yang ditawarkan, (4) Citra suatu institusi
pendidikan tinggi yang terbentuk menjadi salah satu alasan bagi masyarakat atau pasar sasaran
dalam memilih suatu institusi pendidikan tinggi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v9i2.998
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Notice
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.