Aplikasi Bimbingan Konseling Islami di MAN 2 Deli Serdang
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan (1) Permasalahan siswa secara umum, (2) Aplikasi BKI di MAN 2 Deli Serdang dan (3) Metode konseling Islami yang digunakan oleh konselor untuk menuntaskan masalah-masalah siswa di MAN 2 Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yag dipakai ialah reduksi data, visualisasi data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masalah yang dihadapi siswa di MAN 2 Deli Serdang adalah keterlambatan, gangguan siswa, bolos, malas belajar, berkencan di lingkungan sekolah, dan perselisihan antar sekolah. (2) Aplikasi BKI meliputi perencanaan, penerapan, pemberian materi pelayanan dan evaluasi. 3) Metode pengumpulan data yang diperdunakan untuk “Konsultasi Konseling Islam” di MAN 2 Deli Serdang meliputi metode observasi, angket, wawancara dan catatan evaluasi siswa metode pelayanan di MAN 2 Deli Serdang adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, metode wawancara dan korespondensi, e-mail, Facebook, Twitter, Instagram, metode tabel orientasi dan metode ekskursi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, N., & Anggraeni, D. (2016). Perilaku Prososial Remaja Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islami. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 77–90. https://doi.org/10.29313/tjpi.v5i1.2125
Akbar, S.Pd., M.Pd.I, N. (2017). Bimbingan dan Konseling Islami dan Problem Mayarakat. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 3(5), 48–53. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v3i5.1199
Al Qodri, M., Lubis, S. A., & Hafsah. (2017). Implementasi Layanan Konseling Islami dalam Pembinaan Kesehatan Mental Siswa di MTsN Tanjung Pura. Jurnal Edu Riligia, 1(3), 397–413.
Ali, M. D. (2011). Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pers.
Amin, S. M. (2010). Bimbingan Dan Konseling Islam. Amzah.
Dkk, F. A. A. (2015). Metodologi Studi Islam (Jalan Tengah Memahami Islam). Raja Grafindo Persada.
Dkk, P. (2001). Panduan Kegiatan Penguasaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rineka Cipta.
Dkk, P. (2013). Dasar-dasar Bimbingan & Konseling. PT. Rineka Cipta.
Gudnanto, G. (2015). Peran Bimbingan Dan Konseling Islami Untuk Mencetak Generasi Emas Indonesia. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.287
Herwina Azhabi, Saiful Akhyar Lubis, E. S. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Islami dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Al-Ulum Medan. Ihya “al” Arabiyah, 5(2), 267–268.
HM Arifin. (1995). Pokok-pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Rineka Cipta.
Lubis, L. (2016). Konseling dan Terapi Islami. Perdana Publishig.
Lubis, S. A. (2011). Konseling Islam dan Kesehatan Mental. Citapustaka Media Perintis.
Musa, A. (2016). Konseling Islami Dan Problem Solving. RI‟AYAH, 01(02), 112.
Sudiyono, A. (1987). Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.
Tirmizi. (2018). Bimbingan Konseling Islami. In Perdana Publishing. www.journal.uta45jakarta.ac.id
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.10320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.