Pendidikan Multikultural dalam Meningkatkan Konsep Tasamuh

Rif'atul Khoriyah, Muhlishotin Muhlishotin, Ummi Kulsum, Arzi Shafaunnida

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan konsep tasamuh melalui pendidikan multikultural, solusi dalam menghadapi berbagai macam sekte yang berkembang adalah dengan ditanamkannya sikap tasamuh dalam diri setiap manusia terlebih sebagai pendidik harus memberikan stimulus berupa pendidikan multikultural yang diimplementasikan pada setiap lembaga pendidikan dan akan bermuara pada kehidupan sehari-hari. Implementasi pendidikan multikultural mengarahkan individu untuk membuka kesempatan beragam latar belakang budaya. Selain itu, diadakannya pendidikan multikultural diharapkan mampu memberikan ruang gerak bebas dalam mengeksplor pemahaman dan tertanamnya nilai-nilai inti dari pendidikan multikultural seperti lahirnya konsep tasamuh, humanis, demokrasi dna pluralis. Artikel ini ditulis dengan metode deksriptif kualitatif, langkah yang dilakukan adalah dengan mengeksplorasi data-data tentang konsep sikap tasamuh dan prinsip dalam pendidikan multicultural yang relevan dengan maksud penulis, dimana individu yang menerima stimulus berupa pendidikan multikultural akan memiliki peningkatan dalam mengimplementasikan sikap tasamuh. Sumber data primer dalam artikel ini adalah beberapa buku, dan jurnal yang relevan dengan tema. Hasil pembahasan pada artikel ini adalah apabila Pendidikan multikultural dapat dipelajari dan dihayati oleh generasi bangsa maka akan terlahir sikap tasamuh yang lurus dan istiqomah yang dapat dilihat dari perilaku sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Mansur, M., & Handayani, T. (2019). Analisis Penerapan Pendidikan Multikultural dalam MenciptakanToleransi Antar Umat Beragama. Jurnal Civic Hukum, 4(1), 29–37.

Ade, E. (2021). Nilai Moderasi Perspektif Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah serta Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. UIN Raden Intan Lampung.

Agus Sunaryo. (2006). Fikih Tasamuh Membangun Kembali Wajah Islam yang Toleran. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 18, No. 2, 2013, 1999(December), 1–6.

Amar, A. (2021). Telaah Kritis Atas Kompetensi Toleran dalam Kurikulum Program Keagamaan Madrsah Aliyah. CENDEKIA, 13(02), 166–183.

Anggraeni, D., & Suhartinah, S. (2018). Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif KH. Ali Mustafa Yaqub. Jurnal Studi Al-Qur’an, 14(1), 59–77.

Ardiansyah, H. (2015). Konsep Tasamuh dalam Praktik Kehidupan nabi muhammad SAW di Madinah Nabawiyyah. KIAS : Kolej Islam Antarabangsa Sulatn Ismail Petra, 10(1), 73–91.

Arifin, B. (2016). Implikasi Prinsip tasamuh (Toleransi) dalam Interaksi antar Umat Beragama. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial, Dan Budaya, Vol. 1, No. 2, Desember, 1(2).

Bagir, H. (2006). Buku saku tasawuf. Mizan.

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224–243.

Bakar, R. S. dan P. D. H. U. A. (n.d.). Implementasi Pendidikan Multikultural di SD Negeri Paliyan 1 Gunung Kidul. 2020, 1–14.

Bukhori, I. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Mata Pelajaran Aswaja dan ke-NU-an Siswa SMP/MTs. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 4(1), 35–56. https://doi.org/10.36835/attalim.v4i1.51

Fadli, S. (2020). Membangun Toleransi Generasi Milenial. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEAGAMAAN, 1(1).

Faiz, M. T. I. (2022). Konsep persatuan bangsa perspektif Hamka: studi ayat-ayat persatuan bangsa dalam Tafsir Al Azhar. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fauzi, N., Rusdin, & Akmal. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI. Jemari: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 73–79.

Fuadi, A. (2020). Keragaman Dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa. Deepublish.

Hidayah, A. N. (n.d.). Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur’an.

Hidayati, Y. N. (2019). Upaya guru IPS dalam menumbuhkan sikap toleransi pada siswa di SMAU Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hornby, A. S., & Cowie, A. P. (1977). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural : Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 1–26.

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1).

Jamaludin, A. N. (2018). Konflik dan Integrasi Pendirian Rumah Ibadah di Kota Bekasi. Jurnal Socio-Politica, 8(2), 227–238.

Jamaruddin, A. (2016). Membangun Tasamuh Keberagaman Dalam Perspektif Alqur’an. Toleransi Media Komunikasi Umat Beragama Vol. 8, No. 1, Januari – Juni, 8(1), 170–187.

Lestariningsih, W. A., Jayusman, J., & Purnomo, A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 123–131.

Ma’hady, M. (2004). Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural (Sebuah Kajian Awal). ”Jurnal Insania, Pemikiran Alternatif Pendidikan", 12(2), 4.

Masruroh, S. A. (2019). Internalisasi Nilai Tasamuh dalam Tubuh Organisasi Masyarakat pada Ormas NU, Muhammadiyah dan LDII di Desa Jogoroto. MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu …, 15(01), 22–32. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/menaratebuireng/article/view/925%0Ahttp://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/menaratebuireng/article/download/925/711

Mawarti, S. (2020). Pembelajaran Toleransi di Masa Pandemi (Studi di Madrasah Kota Pekanbaru). TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 12(2), 148–165.

Mollah, M. K. (2018). Hasyim Asy’ari: Mendidikan dengan Etika dan Tasamuh. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 118–135. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/2984

Muali, C. (2017). Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara Dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural. Jurnal Islam Nusantara, 1(1), 105. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i1.64

Murni, D. (2018). Toleransi Dan Kebebasan Beragama Dalam Perspektif Al-Quran. Syahadah: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Keislaman, 6(2), 72–90.

Musfah, J. (2016). Pendidikan Islam: memajukan umat dan memperkuat kesadaran Bela Negara. Kencana.

Niam, Z. W. (2019). Konsep Dasar Epistemologi Pendidikan Multikultural dalam Islam. Jurnal At-Tarbiyat, 2(1), 46–68. https://doi.org/10.30649/fisheries.v1i2.23

Ningsih, T. (2019). Pendidikan Multikultural : Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Modal Sosial.

Nurhayati, A. (2011). Menggagas Pendidikan Multikultur di Indonesia. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 11(2), 327–347.

Nurkholis. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an. Dirasah, 3(1), 87–105.

Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Implementasi Pendidikan Islam Dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Dian Permana, Hisam Ahyani Jurnal Tawadhu, 4(1), 997.

Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultural untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. TAPIS, 1(2), 273–303.

Qomar, M. (2005). Epistemologi pendidikan Islam: dari metode rasional hingga metode kritik. Erlangga.

Rofi’Usmani, A. (2022). Muhammad Sang Kekasih. Mizania.

Rustandi, K. H. A. D. (2022). Tafsir Toleransi dalam Gerakan Islam Di Indonesia (Analisis Teoritis Tafsir Al Mishbah Karya M. Quraish Shihab dan Analisis Praktis Gerakan Islam di Tasikmalaya). zakimu. com.

Setiawan, E. (2017). Pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Prinsip Pendidikan Islam Multikultural Berwawasan Keindonesiaan. Edukasia Islamika Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 32–45.

Shihab, M. Q. (2018). Islam yang saya pahami: keragaman itu rahmat. Lentera Hati Group.

Sholeh, A. (2014). Pemahaman Konsep Tasamuh (Toleransi) Siswa Dalam Ajaran Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 101–132. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i1.3362

Sulaeman, S. (2019). Implikasi Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Peserta Didik (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Sidrap). IAIN Parepare.

Supriana, I. G. A., Sukadi., & Suastika, I. N. (2020). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 1 (Februari, 2020). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/23548/14372

Tang, A. (2022). Keesaan Al-Khalik Dan Pluralitas Makhluk Dalam Al-Qur’an Surah Al-Zumar: 62. PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA, 1(1), 16–29.

Wati, R. A. (2022). Pendidikan Multikultural Berbasis Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Kota Batu. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XIII(2), 272–287.

Wihardit, K. (2010). Pendidikan Multikultural: Suatu Konsep, Pendekatan Dan Solusi. Jurnal Pendidikan, 11(2), 96–105.

Winata, K. adyawinata A., Solihin, I., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 82–92.

Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v11i2.10367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats