PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM AL MA’ARIF SINGOSARI MALANG

Supriyono Supriyono

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui dan menganalisisa nilai toleransi melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik. Dengan jumlah siswa yang begitu banyak yang dimana setiap anak mempunyai karekter sifat yang berbeda satu dengan lainya yang dalam perbedaan tersebut terkadang terdapat sikap kurang menghargai sesama temannya atau biasa disebut membully teman, dan karena masa remaja dan pubertas bagi usia seorang pelajar ingin mengekspresikan dirinya melalui berbagai cara, terkadang juga masih labil, salah satunya yaitu membolos disaat jam pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana dokumen diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.Yang dianalisis dengan reduksi dokumen, penyajian dokumen, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tasamuh siswa berada pada kategori baik, dan strategi yang dilakukan guru menggunakan model seperti keteladanan, pembiasaan, motivasi, komunikasi dan evaluasi untuk menanamkan nilai toleransi pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari.


Keywords


Nilai Toleransi; Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. A. (2015). Kasus-kasus aktual hubungan antar umat beragama di Indonesia. Puslitnag Kehidupan Keagamaan.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian kualitatif (R. T. Sari (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. J. (2006). Metolodogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Munawar, S. A. H. Al. (2005). Fikih hubungan antar agama (A. Halim (ed.)). Ciputat Press.

Nurdin, A., & Mikdar, S. (2009). Pendidikan Agama Islam (1st ed.). Universitas Terbu.

Qodir, Z. (2009). Gerakan Sosial islam : manifesto gerakan kaum beriman. PUSTAKA PELAJAR.

Setyawati, E. (2014). Kebudayaan Di Nusantara Dari Keris, Tor-tor, sampai Industri Budaya. Komunitas Bambu.

Taqin, A. (2007). Pendidikan Multikultural : Cross-ultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan (2nd ed.). Yogyakarta Pilar Media.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i1.11739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats