Urgensi Penerapan Pendidikan Berbasis Gender di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pendidikan dipahami sebagai kebutuhan manusia yang paling esensial sehingga menjadi sebuah keniscayaan mengapa kita butuh terhadap pendidikan. Khususnya pendidikan dasar yang menjadi acuan pelaksanaan pendidikan selanjutnya. Berdasarkan Undang Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 Bab IV Pasal 5 No 1 di sebutkan adanya hak warga negara untuk mendapat pendidikan yang bermutu tanpa adanya pemilahan jenis kelamin, agama, ras dan suku khususnya di pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait urgensi penrapan pendidikan berbasis gender di Madrasah Ibtidaiyah. penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) karena mengkaji dari data-data penelitian yang sudah ada sebelumnya sebagai acuan analisis penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini ditemukan adanya urgensi penerapan pendidikan berbasis gender di madrasah ibtidaiyah yang menjadi satuan pendidikan dasar yang diterapkan di Indonesia, acuan pelaksanaan pendidikan berbasis gender termaktub dalam undang-undang dan juga terdapat didalam kajian Al-Qur’an.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, Deni, Putra Dosen, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. “Kesetaraan Gender Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2, no. 1 (February 19, 2018): 89–96. Accessed June 14, 2023. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1400.
Adriana, Iswah. “Kurikulum Berbasis Gender (Membangun Pendidikan Yang Berkesetaraan).” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2009): 150.
———. “Kurikulum Berbasis Gender (Membangun Pendidikan Yang Berkesetaraan).” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2009): 150. Accessed December 7, 2022. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/249.
Alternatif, K Khotimah - INSANIA: Jurnal Pemikiran, and undefined 2008. “Urgensi Kurikulum Gender Dalam Pendidikan.” ejournal.uinsaizu.ac.id (n.d.). Accessed December 7, 2022. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/insania/article/view/313.
Azzahra, Ana, Shadrina Shadrina, Ghufron Akbari Wardana, Debi Yandrizal, and Rudi Hasim. “Islamic Education and Concept of Gender Using a Culture Approach in Minangkabau.” Khalifa: Journal of Islamic Education. Universitas Negeri Padang, 2021. http://dx.doi.org/10.24036/kjie.v5i2.129.
EFENDY, RUSTAN. “KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN.” AL-MAIYYAH : Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan 7, no. 2 (December 1, 2014): 142–165. Accessed November 30, 2022. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/almaiyah/article/view/239.
Fahrub, Abdul Wahab, Dewi Alhaa, and Muhammad Wasith Achadi. “Gender Equality In Women’s Jurisprudence According To Husein Muhammad And Its Relevance To The Goals Of Islamic Religious Education.” AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies. Universitas Islam Raden Rahmat Malang, 2023. http://dx.doi.org/10.58788/alwijdn.v8i1.1604.
Gani, Abdul, Jamora Nasution, Dosen Fakultas, Ilmu Tarbiyah, Dan Keguruan, Uin Sumatera, Utara Medan, Jl Willem, and Iskandar Pasar. “KESETERAAN GENDER TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM.” Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 5, no. 1 (2019): 48–53. Accessed September 3, 2022. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/5526.
HUMAS, BIRO HUKUM DAN, and PEREMPUAN. “MENTERI PPPA APRESIASI PROGRAM SHEHACKS 2022 UNTUK DORONG KESETARAAN GENDER.” Https://Kemenpppa.Go.Id/Index.Php/Page/Read/29/3871/Menteri-Pppa-Apresiasi-Program-Shehacks-2022-Untuk-Dorong-Kesetaraan-Gender. Last modified 2022. Accessed November 21, 2022. ndex.php/page/read/29/3871/menteri-pppa-apresiasi-program-shehacks-2022-untuk-dorong-kesetaraan-gender.
Nur, Mardin M. “Bias Gender Pembelajaran Pendidikan Agama Di Aceh.” BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender dan Anak 2, no. 2 (2018).
Pembelajaran, S Zulaiha - TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan, and undefined 2017. “Urgensi Kurikulum Dan Sistem Pembelajaran Inklusif Gender.” 103.88.229.8 (2017). Accessed December 7, 2022. http://103.88.229.8/index.php/terampil/article/view/2219.
R. Ibrahim. “BEBERAPA CATATAN TENTANG KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN” (n.d.).
Ramayulis. Sejarah Pendidikan Islam. Cet. 1. Jakarta: PT. Kalam Mulia, 2011.
Sekretariat Website JDIH BPK RI. “UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI].” Jakarta. Last modified 2017. Accessed June 20, 2023. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
Sovitriana, Rilla. Kajian GENDER Dalam TINJAUAN Psikologi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Vol. 13, 2020.
Sulaiman Kurdi UIN Antasari, Musyarrafah. “META NARASI NILAI-NILAI RESPONSIF GENDER DALAM MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH IBTIDAIYAH.” Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak 2, no. 2 (December 31, 2020). Accessed June 14, 2023. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/view/3257.
Susilaningsih & Agus M. Najib (ed). Kesetaraan Gender Di Perguruan Tinggi Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga dan McGill IISEP, 2004.
“Badan Pusat Statistik.” Accessed June 14, 2023. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/TE9sZFVvdVErcU9Ka0VreVUrNnZEQT09/da_04/1.
“Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI | PENDIS.” Accessed June 14, 2023. https://pendis.kemenag.go.id/read/kemenag-perkuat-penyelenggara-madrasah-inklusi-bebasis-gender.
“KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK.” Accessed June 14, 2023. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/4394/kawal-kasus-pemerkosaan-anak-oleh-kepala-madrasah-di-toraja-kemenpppa-dorong-pemberatan-pidana-bagi-pelaku.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.12140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.