Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0 : Pengunaan AI oleh Mahasiswa di PTKIN Kalimantan Timur.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Fikri, H. M. (2021). Peluang dan tantangan perguruan tinggi menghadapi revolusi digital di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/621
Alimuddin. (2019). Zulkifar Alimuddin: Era Masyarakat 5.0, Guru Harus Lebih Inovatif dalam Mengajar. Timesindonesia.Co.Id. https://hafecs.id/zulkifar-alimuddin-era-masyarakat-5-0-guru-harus-lebih-inovatif-dalam-mengajar/
Amudha, T. (2021). Artificial Intelligence: A Complete Insight. In Artificial Intelligence Theory, Models, and Applications (pp. 1–24). Auerbach Publications. https://doi.org/10.1201/9781003175865-1
Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (2021). Prosiding Seminar Nasional Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 319–324. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan implementasi merdeka belajar pada era new normal covid-19 dan era society 5.0. Lampuhyang. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/298
Barr, A., Feigenbaum, E. A., & Cohen, P. R. (1982). The Handbook of Artificial Intelligence. Wiley Inc.
Budi Santoso, Mukhlas Triono, & Zulkifli. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 1.
Budianto, M. R. R., Kurnia, S. F., & Galih, T. R. S. W. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 55–61. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.776
ditpsd.kemdikbud.go.id. (n.d.). Society 5.0. Https://Campus.Quipper.Com/Kampuspedia/Society-5-0. https://campus.quipper.com/kampuspedia/society-5-0
Gladden, M. E. (2019). Who will be the members of Society 5.0? Towards an anthropology of technologically posthumanized future societies. Social Sciences, 8(5). https://doi.org/10.3390/socsci8050148
Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan revolusi industri 4.0. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen). https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/38
Heri. (2018). Tantangan Besar Perguruan Tinggi di Revolusi Industri 4.0. Unilak Magazine, 4, 7–18.
Jakaria Umro. (2020). TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Al-Makrifat, 5(1), 79–95. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3675/2698
Johson, & Elaine B. (2009). Contextual Teaching And Learning Edisi Terjemahan Ibnu Setiawan.
Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (teknik Dan Aplikasinya). Graha Ilmu.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mayumi Fukuyama. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, August, 8–13.
Mirza Mahbub Wijaya. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam: Konsep Pendidikan Hadhari. Jurnal Penelitian, 11(1), 141.
Muhaimin, P. P. I. (2004). Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. In Bandung: PT Rosda karya (Issue August 2002).
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Sa’ud, U. S. (2008). Inovasi Pendidikan. Alfabeta.
Septian Aristya, Rachmat Soe’oed, & Khojir. (2022). Islamization of Science in the Era of Society 5.0. AL-MUTSLA, 4(2), 186–200. https://doi.org/10.46870/jstain.v4i2.356
Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan strategi perguruan tinggi dalam menghadapi era Society 5.0. In Journal of …. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1627785&val=12903&title=Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 50
Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Depdiknas.
Teknologi Artificial Intelligence Selama dan Setelah Pandemi - Graduate Program. (n.d.). Retrieved June 17, 2023, from https://graduate.binus.ac.id/2021/04/12/teknologi-artificial-intelligence-selama-dan-setelah-pandemi/
Tjahyanti, L., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. KOMTEKS. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/Komteks/article/view/1062
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.12141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.