Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0 : Pengunaan AI oleh Mahasiswa di PTKIN Kalimantan Timur.

septian aristya, Umar Fauzan, Noor Malihah

Abstract


Perkembangan Teknologi dan Artificial Intelegence di Era Society 5.0 menjadi tantangan dan juga peluang bagi Perguruan Tinggi khususnya PTKIN. Diperlukan sebuah perubahan paradigma berfikir terkait urgensi penggunaan media teknologi dan Artificial Intelegence dan kesiapan menyongsong era Society 5.0 tersebut. Metode Penelitian ini menggunakan Deksriptif Kualitatif dengan dengan Pendekatan Field Research dengan menganalisis hasil data lapangan dengan kajian teori yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji urgensi tranformasi PAI di Perguruan Tinggi dan juga kesiapan mahasiswa dalam penggunaan AI di PTKIN Kalimantan Timur. Dari hasil penelitian ini nampak adanya kesiapan mahasiswa dalam penggunaan AI dalam perkuliahan dan juga pemaparan terkait pentingnya penggunaan AI dalam mempersiapkan lulusan yang bisa berkompetisi di dunia Usaha dan Industri.

Keywords


Tranformasi PAI, Articial Intelligence dan PTKIN

Full Text:

PDF

References


Al-Fikri, H. M. (2021). Peluang dan tantangan perguruan tinggi menghadapi revolusi digital di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/621

Alimuddin. (2019). Zulkifar Alimuddin: Era Masyarakat 5.0, Guru Harus Lebih Inovatif dalam Mengajar. Timesindonesia.Co.Id. https://hafecs.id/zulkifar-alimuddin-era-masyarakat-5-0-guru-harus-lebih-inovatif-dalam-mengajar/

Amudha, T. (2021). Artificial Intelligence: A Complete Insight. In Artificial Intelligence Theory, Models, and Applications (pp. 1–24). Auerbach Publications. https://doi.org/10.1201/9781003175865-1

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (2021). Prosiding Seminar Nasional Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 319–324. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Astini, N. K. S. (2022). Tantangan implementasi merdeka belajar pada era new normal covid-19 dan era society 5.0. Lampuhyang. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/298

Barr, A., Feigenbaum, E. A., & Cohen, P. R. (1982). The Handbook of Artificial Intelligence. Wiley Inc.

Budi Santoso, Mukhlas Triono, & Zulkifli. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 1.

Budianto, M. R. R., Kurnia, S. F., & Galih, T. R. S. W. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 55–61. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.776

ditpsd.kemdikbud.go.id. (n.d.). Society 5.0. Https://Campus.Quipper.Com/Kampuspedia/Society-5-0. https://campus.quipper.com/kampuspedia/society-5-0

Gladden, M. E. (2019). Who will be the members of Society 5.0? Towards an anthropology of technologically posthumanized future societies. Social Sciences, 8(5). https://doi.org/10.3390/socsci8050148

Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan revolusi industri 4.0. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen). https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/38

Heri. (2018). Tantangan Besar Perguruan Tinggi di Revolusi Industri 4.0. Unilak Magazine, 4, 7–18.

Jakaria Umro. (2020). TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Al-Makrifat, 5(1), 79–95. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3675/2698

Johson, & Elaine B. (2009). Contextual Teaching And Learning Edisi Terjemahan Ibnu Setiawan.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (teknik Dan Aplikasinya). Graha Ilmu.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mayumi Fukuyama. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, August, 8–13.

Mirza Mahbub Wijaya. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam: Konsep Pendidikan Hadhari. Jurnal Penelitian, 11(1), 141.

Muhaimin, P. P. I. (2004). Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. In Bandung: PT Rosda karya (Issue August 2002).

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Sa’ud, U. S. (2008). Inovasi Pendidikan. Alfabeta.

Septian Aristya, Rachmat Soe’oed, & Khojir. (2022). Islamization of Science in the Era of Society 5.0. AL-MUTSLA, 4(2), 186–200. https://doi.org/10.46870/jstain.v4i2.356

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan strategi perguruan tinggi dalam menghadapi era Society 5.0. In Journal of …. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1627785&val=12903&title=Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 50

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Depdiknas.

Teknologi Artificial Intelligence Selama dan Setelah Pandemi - Graduate Program. (n.d.). Retrieved June 17, 2023, from https://graduate.binus.ac.id/2021/04/12/teknologi-artificial-intelligence-selama-dan-setelah-pandemi/

Tjahyanti, L., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. KOMTEKS. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/Komteks/article/view/1062




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.12141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats