Analisis Sistem Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Tangerang

Afifah Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan terhadap perilaku siswa SMP Muhammadiyah 1 Tangerang serta dampak dari sistem pembelajaran tersebut. penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlokasi di SMP Muhammadiyah 1 Tangerang dengan mengunakan informan sebanyak 23 orang, jenis dan sumber data penelitan yang di gunakan yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: 1) Data Reduction, 2) Data Display dan, 3) Verifikasi. Serta analisis dan keabsahan data yang di gunakan yaitu, 1) Trianggulasi Sumbar, 2) Trianggulasi Teknik dan, 3) Trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan yaitu: sistem pembelajaran yang diterapkan guru mata pelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan merupakan sistem pembelajaran yang baik. Dampak yang di timbulkan sistem pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiayahan yaitu: 1) dampak positif yaitu perubahan pola prilaku yang baik, pemahan materi yang cukup baik, mampu ikut terjun langsung dalam organisasi otonom Muhammadiyah serta mampu meraih juara diberbagi perlombaan. 2) dampak negatif yaitu masih ada siswa yang belum mampu merubah pola prilakunya seperti kurang sopan, stigma sekolah Muhammadiyah adalah sekolah buangan, dan tidak semua siswa berasal dari organisasi Muhammadiyah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.12282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats