Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum

Shodiq Shodiq

Abstract


Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Model analisis interaktif ini dilakukan dengan tiga langkah analisis data kualitatif yaitu: 1) reduksi data 2) penyajian data 3) dan verifikasi data. Kitab kuning dan pondok pesantren Roudhotul Ulum di wilayah Ganjaran  merupakan dua sisi yang tidak bisa dipisahkan, dan tidak bisa saling meniadakan. Ibarat mata uang antara satu sisi dengan sisi lainnya yang saling terkait erat. Eksistensi kitab kuning dalam sebuah pondok pesantren Roudhotul Ulum menempati posisi yang urgent, sehingga dipandang sebagai salah satu unsur yang membentuk wujud pondok pesantren itu sendiri, disamping kyai, santri, masjid dan pondok pesantren. Hal ini dapat dibuktikan bahwa di pondok pesantren, kitab kuning memang sangat dominan, ia tidak hanya sebagai khazanah keilmuan tetapi juga kehidupan masyarakat desa Ganjaran. Kitab kuning bagi masyarakat setempat menjadi tolak ukur keilmuan sekaligus kesalehan peserta didik atau siswa yang belajar di pesantren maupun di lembaga formal madrasah. Mengingat fakta tersebut diatas, maka wajar bila kitab kuning merupakan tradisi yang hidup sebagai kultur santri yang cukup subur dalam masyarakat kita. Sebagai tradisi itu pula, kitab kuning hidup dalam sejarahnya yang berarti. Pada bagian akhir ini disajikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan penelitian terdapat tiga poin yang yaitu: : 1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Putra : a. Perencanaan strategi pembelajaran kitab kuning yang telah dicanankan oleh pengasuh RU dan manajemen madrasah diantaranya meliputi penetapan, visi, misi, tujuan, program, metode, kitab-kitab yang diajarkan serta perangkat pembelajaran. b. Spesifikasi perencanaan strategi pembelajaran yang dianggap urgen adalah memilih guru yang kompeten dalam memahami kitab kuning.


Keywords


Kitab Kuning; Strategi; Madrasah Aliyah.

Full Text:

PDF

References


Afif, M. ((2019) Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan baca kitab di pondok pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH: Journal of Social Community.

Ambari, Abdullah (2011) Intisari Tata Bahasa Indonesia. Bandung: Djatnika.

Dhofier, Zamakhsyari (1983). Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S,.

Djamarah Saiful Bahri dan Aswan Zain (1996)) Strategi Belajar Mengajar, Cet. I, Jakarta : Rineka Cipta.

E, Siregar, & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Faizi ,Mastur (2013) Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid, Jogjakarta: Diva Press.

Gunarsa, Singgih D. dan Ny. Y. (1985), Psikologi Remaja (Jakarta: Gunung Mulia.

Hadi, Sutrisno (2001). Metodologi Research, Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamruni (2009) Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Harahap, A.H.(1981) Bina Remaja (Medan: Yayasan Bina Pembangunan Indonesia, 1981),

https://jatim.tribunnews.com/2022/04/09/sejarah-dan-filosofi-raudlatul-ulum-1-ganjaran- salah-satu-pondok-pesantren-tertua-di-malang. 30 Mei 2022/09.54Online.

J, Moleong Lexy (2022) Metodologi Penelitian Kualitatif, (PT Remaja Rosda Karya: Bandung.

Mas’udi, Masdar Farid (2002). Agama Keadilan; Risalah Zakat (Pajak) Dalam Islam, Jakarta: P3M.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.

Rukiyati, Enung K Fenti Hikmawati (2010). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.

S, Arikunto (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Sagala, syaiful (2008). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran : Rineka Cipta

Sanjaya, Ade (2011) Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, winna (2011) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf

Sugiyono (2006) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Syah, Muhibbin (1999) Psikologi Pendidikan, cet. I, Jakarta: Logos.

Takdir, Mohammad (2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren, Yogyakarta: Ircisod.

Trianto (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Trianto (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

W, Sanjaya (2006). Strategi Pembelajaran. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.12374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats