Integrasi Nilai Islam pada Majas Perbandingan (Kajian Ayat Al-Qur’an Juz 30)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada kondisi akhlak siswa saat ini mengalami dekadensi moral. Proses pembentukan moral dan akhlak siswa menjadi tanggungjawab semua pihak lembaga pendidikan. Semua guru punya kewajiban untuk menanamkan nilai Islam kepada siswa salah satunya dengan cara mengintegrasikannya dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an (juz 30) yang mengandung majas perbandingan dan mengintegrasikan dengan nilai Islam (aqidah, ibadah, akhlak). Metode penelitian ini adalah studi pustaka (library research) dengan sumber data dari berbagai literarur berupa buku atau penelitian ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah pada juz 30 ditemukan majas perbandingan diantaranya majas personifikasi, metafora, simile, eufemisme dan terintegrasi dengan nilai aqidah (tauhid rububiyah dan tauhid asma’ wa shiffat); nilai ibadah (ibadah khusus); nilai akhlak (kepada Allah dan akhlak kepada pribadi).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abudin Nata. (2003). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Afif, M. (2021). Peran Pendidik Dalam Mengatasi Dekadensi Moral di SMP An-Nur. Al-Allam, 2(1), 27–39. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/4725/3219
Afifah, N. (2018). Pengaruh Metode Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Majas Metafora Dalam Novel ’’Rintihan Dari Lembah Lebanon’’ Karya Taufiqurrahman Al Azizy Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidempuan Tahun Pembelajaran 2017. Jurnal Dialog, VI(II). http://jurnal.una.ac.id/index.php/jd/article/view/243/214
Atmawati, D. (2014). Majas dalam AlQuran (Kajian Terhadap Al-Quran Terjemahan Juz 30). LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.18860/ling.v9i1.2552
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … فاطمی, ح. (2015). Stalistika Al-Qur’an Gaya Bahasa Kiasan dan Retoris “Alam Ghaib” di Dalam Al-Qur’an. Syria Studies, 7(1), 37–72. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/el-mujam/article/view/334/299
Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1), 67–77. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/31388939/5_Penanaman_Nilai-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1662806205&Signature=DeXmaLZDllQ1nS3-FMYx8BoWEg2wf3FzCfY2LS1E4sRoVQ-6Oc8LHWPX32t934zb6jq-Wl6wqLzQKY0GJQ4MIXh795xnWeClJx14swWGNVLvql6ZwF6Xe2KscoPuU6G1JmReKRycPQ
Istanti, K. Z. (2010). Transfprmasi dan Integrasi dalam Kesusastraan Nusantara: Perbandingan Teks Amir Hamzah Melayu dan Jawa. Humaniora, 22(3), 241–249.
Isti’anah, wahyuni shifatur rahmah. (2021). Metafora Al-Qur’an Perspektif Mu’tazilah (pengaruh rasional terhadap pemahaman ayat-ayat majaz). El-Mu’jam, 1(1), 48–68. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/el-mujam/article/view/334/299
Mangka, J. (2017). Hakikat dan Majaz dalam Qawaidh Tafsir. Nukhbatul ’Ulum, 3(1), 255–264. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v3i1.20
Masruri, H. (2012). Filsafat Sains Dalam Al-Qur’an: Melacak Kerangka Dasar Integrasi Ilmu Dan Agama. El-QUDWAH, 1–24. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/lemlit/article/view/2044
Nafinuddin, S. (2020). Majas (Majas Perbandingan, Majas Pertentangan, Majas Perulangan, Majas Pertautan). Researchgate.Net. https://osf.io/a8rwt/download
Nawafi, M. M. (2017). Eksistensi Majas Dalam Alqur’an Sebagai Khazanah Keilmuan Islam. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 14(2), 239. https://doi.org/10.22515/ajpif.v14i2.481
Nihayati. (2017). Integrasi nilai-nilai islam dengan materi himpunan (kajian terhadap ayat-ayat al- qur’an). Jurnal Edumath, 3(1), 65–77. https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/download/285/175
Rosdiana, L. A., & Mukti, U. W. (2017). Majas Dalam Novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan : Tinjauan Stilistika. Jurnal Alinea, I(I), 1–6. https://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi/article/view/6/64
Saihu, S. (2019). Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197–217. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.54
Santoso, S. (2016). Majas Dalam Novel Semesta Mendukung Karya Ayuwidya. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra) UHO, 2(1). http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/1528/1081
Taulabi, I., & Mustofa, B. (2019). Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan Melalui Pendidikan Karakter. Tribakti, 30(2), 1–13. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/660/457
Widyaningsih, T. S., Zamroni, & Zuchdi, D. (2014). Interrnalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis (Studi Kasus di SMP 2 Bantul). Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 181–195. https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I2.2658
Yunahar Ilyas. 2013. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI UMY
___________, 2013. Kuliah Aqidah Islam. Yogyakarta: LPPI UMY
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.12551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.