Model Pembentukan Sikap Tasamuh melalui Pembelajaran Akhlak di MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu

Ahmad Firdaus Al Amien, Khozin Khozin

Abstract


Indonesia sebagai Negara multikultural sering dihadapkan pada berbagai permasalahan intoleransi , dari data tahun 2022 terjadi 26 kasus dan di tahun 2023 sepanjang bulan mei terjadi 4 kasus. Permasalahan ini terjadi di semua aspek kehidupan masyarakat termasuk di lingkungan pendidikan. Bentuk intoleransi yang sering terjadi di dunia pendidikan adalah perundungan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembentukan sikap tasamuh melalui pembelajaran akhlak di MTs Al Irsyad Tenggara 7 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu metode penelitian sistematis tertulis. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung kepada sumber data primer. Jenis dalam penelitian yaitu studi kasus , yang berbasis pada pemahaman dan perilaku manusia. Metode pengepulan data yang digunakan oleh penulis yakni melalui observasi (pengamatan), wawancara (wawancara), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembentukan sikap tasamuh di MTs Al Irsyad Tenggara 7 Kota Batu mengacu pada model pembelajaran Model Contextual Teaching Learning (CTL) yang terdiri dari: pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik dan taktik pembelajaran yang mengandung unsur tasamuh.


Keywords


Model; Pembentukan Sikap; Tasamuh.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Fadhlina Harisnur, & Suriana. (2022). Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Madrasah Dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440

Hariandi, A., Fazria, F., Cahyana, F., Rozi, R., & Patimah, S. (2020). Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Pada Siswa Dalam Menanggapi Perbedaan Keyakian. Tadrib, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i1.4733

Helmiati, . (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo Jl.

Husna, U., & Thohir, M. (2020). Religious Moderation as a New Approach to Learning Islamic Religious Education in Schools. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 199–222. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.1.5766

Indonesia, C. (2022). Imparsial: Jabar Jadi Provinsi Paling Banyak Kasus Intoleran. CNN Indonesia.

Indonesia, C. (2023). Setara Institute: Pancasila Sering Dikalahkan dalam Kasus Intoleransi. CNN Indonesia.

Majid, M. F. A. F. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengaktualisasikan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik (Studi Kelas VIII MTs Pattiro Bajo, Kecamatan Sibulue, Kab. Bone, Sulawesi Selatan). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 67–80. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-06

Maria Ulfah, Ahmad Kausari, Ani Cahyadi, C. A. (2022). Konsep Metode Amtsal dan Implementasinya dalam Pembelajaran. El-Buhuth, 4(2), 68–71. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v0i0.4513

Mujayyanah, F., Prasetiya, B., & Khosiah, N. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim ( Kajian Tafsir Al-Misbah Dan Al-Maraghi ). Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 52–61. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5251

Muslimah, dkk. (2022). Desain Pembelajaran Akhlak Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( Ctl ). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1149–1162. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2813

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093

Musthofa, T., & Fauziah, R. (2021). Arabic Phonological Interventions with Mimicry-Memorization Learning Method: A Review on Evidence-Based Treatment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(1), 96. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14396

Nahuda, Andriyani, M. (2023). Pendidkan Anak Prespektif Pendidikan Islam Terhadap Fenomena Bullying di Lingkugan Madrasah. AP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 32–38.

Noor, T. (2017). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Nusantara (Kontribusi PAI dalam Memupuk Tasamuh Keberagamaan). Journal Unsika, 1(1), 102–111.

Nugroho, P. (2019). Internalization of Tolerance Values in Islamic Education. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 197–228. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.2.2397

Nata Abuddin. (2017). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia (Revisi). PT RajaGrafindo Persada.

Rahmat Fauzi, Ali Marzuki Zebua, I. M. (2022). Tasamuh Value As Conflict Resolution In Multickultural Society ( Nilai Tasamuh Sebagai Resolusi Konflik Dalam Masyarakat Multikultural ) Rahmat Fauzi A . Pendahuluan Bhinneka Tunggal Ika atau berbeda-beda tetapi tetap satu , kalimat ini merupakan semboyan. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 08(02). https://doi.org/10.32923/edugama.v8i2.2515

Rahmawati, Y. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Tindakan Bullying anatr Siswa di Madrasah ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuantan Mudik KecamatanKuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi ) 123 Universitas Islam Kuantan Singingi do. JOM FTK UNIKS, 4(1), 415–422.

Rekasiana. (2018). Diskursus Terminologi Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 199–225. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.152-08 Abstract

Savira, A. N., Fatmawati, R., & Z, M. R. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah di Madrasah Dasar Islam Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(2), 115–126. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2294

Shilphy, D. A. O. M. . (2020). Model-model Pembelajaran (1st ed.). Penerbit Deepublish (Group Penerbitan CV Budi Utama ).

Solichin, M. M. (2018). Pendidikan Islam Moderat dalam Bingkai Kearifan Lokal. Jurnal Mudarrisuna, 8(1), 174–194.

Suprapto, S. (2020). Integrasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750

Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.12797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats