APPLICATION OF THE SMALL GROUP DISCUSSION METHOD IN THE STUDY OF THE BOOK WASHOYA AL-ABA LIL ABNA IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adim, M. F. (1998). Mendidik Anak Menuju Taklif. Pustaka Pelajar.
Amon, L. (2020). Guru dan Pendidikan Karakter. CV. Adanu Abimata.
Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat ditingkatkan melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–208. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.19396
Aqib, Z. (2002). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Yrama Widya.
Ariga, R. A. (2020). Buku Ajar Soft Skills Keperawatan di Era Milenial 4.0. Budi Utama.
Asber. (2019). Upaya Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Di SMA Muhammadiyah Bengkulu Selatan. Jurnal Prodi PAI Pascasarjana IAIN Bengkulu, 4(2). https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.29300/btu.v4i2.2679
Azizah, N. (2020). Model Pembelajaran Small Group Discussion dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4235–4242. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6143
Departemen Agama Republik Indonesia. (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Dirjen Kelembagaan Islam Indonesia.
Dewi, D. M. R. (2020). Mengefektifkan Model Small Group Discussion (Diskusi kelompok kecil) Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Agama Hindu Peserta Didik Kelas IV Semester Dua Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 7 Mataram. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 30–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1065
Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Gantini, R., Ruswanti, E., & Taufiqurrahman. (2020). Efektifitas Implementasi Metode Ajar Scl Model Small Group Discussion. Jurnal Ekonomi: Journal of Economi, 11(2), 153–171.
Hanafiah, Y. (2021). Aku Bangga Menjadi Guru; peran guru dalam penguatan nilai karakter peserta didik. UAD PRESS.
Hasibuan, M. (2006). Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Hayati, F. (2011). PESANTREN: SUATU ALTERNATIF MODEL LEMBAGA PENDIDIKAN KADER BANGSA. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 27(2), 157–163. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/mimbar.v27i2.324
Ismail SM. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM. RaSail Media Group.
Komara, M. E. (2018). Penerapan Metode Outbond Fun Game dalam Pembelajaran Bahasa Arab. LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 8(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/l.v8i1.3473
Komaria, A. T. N. D. N., & Ivada, E. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Learning Start With a Question sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(2), 223–236.
Kusnandar. (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Rajawali Pers.
Lufri, Ardi, Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. CV IRDH.
Margono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2013). Strategi Pembelajaran. UIN-Maliki Press.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis MultidimensionaL. Bumi Aksara.
Putriawati, W. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 80–90. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1043
Rahmi HG, I., Nazra, A., Yozza, H., Yanuar, F., Rudianto, B., Bahri, S.,
Narwen, Maiyastri, Haripamyu, Lestari, R., Asdi, Y., Efendi, Devianto, D., Zulakmal, Baqi, A. I., Putri, A. R., Husna, R., Bakar, N. N., Almuhayar, M., & Sandi, I. P. (2023). Peningkatan Minat dan Kemampuan Santri Pondok Pesantren Al Ashry di Bidang Matematika Melalui Pendekatan Small Group Discussion. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 30(4), 715–721. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jwa.30.4.715-721.2023
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1), 61–85. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825
Ridwan, W., & Ladamay, M. A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Aklakuk Karimah Peserta Didik di SMA 8 Cerme Gresik. Jurnal TAMADDUN-FAI UMG, 21(1).
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. CV Budi Utama.
Saraswati, N. F., & Djazari, M. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22049
Soifah, U. (2018). Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Kompetensi Membaca Teks Hortatory Exposition. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islamq, 8(2), 137–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.284
Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.125
Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. PT Remaja Offset.
Tolib, A. (2015). Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 60–66. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.12
Wahidah, E. Y. (2016). Studi Implementasi Tradisionalisasi dan Modernisasi Pendidikan di Pondok Pesantren. MUADDIB: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 184–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v5i2.70
Yamin, M. (2003). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Gaung Persada Press.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v12i2.12944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.