Urgensi Hukum Islam dan Maqashid Syari’ah dalam Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam membentuk kepribadian dan karakter muslim seutuhnya. Hukum Islam tidak terlepas dari tujuan maqashid syari’ah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan menguraikan urgensi pemahaman hukum Islam berlandaskan maqashid syari’ah dalam konteks pendidikan agama islam. Melalui lima elemen krusial yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga harta dan menjaga keturunan, diidentifikasi sebagai pilar utama yang harus dilindungi dan ditingkatkan. Metode penelitian adalah studi kepustakaan melalui kajian terhadap literatur terkait hukum Islam dan maqashid syari’ah. Hasil penelusuran pustaka menemukan konsep maqashid syari’ah sejalan dengan visi, misi, dan tujuan pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian muslim paripurna. Pemahaman hukum Islam yang merefleksikan maqashid syari’ah sangat penting diintegrasikan dalam pendidikan agama Islam agar dapat membekali generasi muslim dengan kesadaran syari’ah yang komprehensif. Dengan memahami hukum islam dan maqashid syari’ah, diharapkan dapat memperkuat pondasi pendidikan agama islam sebagai sarana pembentukan karakter dan moral peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, P. (2019). Hukum Islam (Konsep, Filosofi Dan Metodologi). Jakarta: Sinar Grafika.
Alias, M. N., Lubis, M. A., Kamis, M. S., Samsudin, M. A., Omar, A. F., & Mokhtar, A. I. (2018). Maqasid Syariah Sebagai Sandaran Hukum Menurut Mazhab Syafie. 2.
Ardi, S. (2017). Sahibul Ardi, Konsep Maslahah... 10(20).
Ernawati, M. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Time Token Pada Mata Pelajaran Pai Di Kelas V-A Sd Negeri 050692 Batang Serangan. JS (JURNAL SEKOLAH), 1(1), 157. Https://Doi.Org/10.24114/Js.V1i1.6297
Fasa, M. I. (2016). Reformasi Pemahaman Teori MaqᾹṣid Syariah. 13(2).
Ghofur Anshori, Aa., & Harahap, Y. (2008). Hukum Islam Dinamika Dan Perkembangannya Di Indonesia (Cetakan I). Kreasi Total Media.
Gunawan, H. (2018). Karakteristik Hukum Islam. 4.
Hambali, Y. (2015). Hukum Islam Dan Perubahan Sosial: Studi Atas Konsep Maslah Dan Aplikasinya Dalam Hukum Keluarga Islam Kontemporer. 6(2).
Harahap, Z. A. A. (2014). Konsep Maqasid Al-Syariah Sebagai Dasar Penetapan Dan Penerapannya Dalam Hukum Islam Menurut ‘Izzuddin Bin ‘Abd Al-Salam (W.660 H).
Huda, M., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Konsep Maqashid Syari’ah Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam.
Ichsan, M. (2015). Pengantar Hukum Islam. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Iryani, E. (2017). Hukum Islam, Demokrasi Dan Hak Asasi Manusia. Vol.17 No. 2(Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari), 24.
Marzuki. (2017). Pengantar Studi Hukum Islam: Prinsip Dasar Memahami Berbagai Konsep Dan Permasalahan Hukum Islam Di Indonesia (Cetakan Kedua). Ombak.
Mutholingah, S. (2018). Relevansi Pemikiran Maqashid Al-Syari’ah Jasser Auda Terhadap Sistem Pendidikan Islam Multidisipliner. Journal TA’LIMUNA, 7(2), 90. Https://Doi.Org/10.32478/Talimuna.V7i2.183
Nurhayati, & Imran Sinaga, A. (2018). Fiqh Dan Ushul Fiqh (Cetakan I). Jakarta: Kencana.
Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. 05.
Rahman, Z., & Winarno, M. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Berbasis Blended Learning. Malang: Wineka Media.
Rohidin, & Nasrudin, M. (2016). Pengantar Hukum Islam. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. Https://Doi.Org/10.15548/Nsc.V6i1.1555
Shidiq, G. (2009). Teori Maqashid Al-Syari’ah Dalam Hukum Islam. 118.
Wahid, A. (2015). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam.
Wasehudin. (2018). Menggagas Nilai-Nilai Humainis Dalam Maqasid Al-Syari’ah. Vol 19 No.2.
Zaidah, Y. (2018). Model Hukum Islam: Suatu Konsep Metode Penemuan Hukum Melalui Pendekatan Ushuliyyah. Syariah Jurnal Hukum Dan Pemikiran, 17(2), 143. https://Doi.Org/10.18592/Sy.V17i2.1969
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.