Urgensi Komunikasi Efektif dalam Media Pembelajaran Pendidikan Secara Daring

Linda Dea Atlis, Nasib Samsuri Lubis, Salfen Hasri, Sohiron Sohiron

Abstract


Artikel ini membahas tentang urgensi komunikasi efektif dalam media pembelajaran pendidikan secara daring beserta kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian pustaka, yaitu penelitian dengan mengolah data yang bersumber dari literatur seperti buku, artikel jurnal, majalah, tugas akhir, dan berasal dari hasil bacaan yang sesuai dengan fokus dan permasalahan penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa urgensi gaya komunikasi efektif dalam media pembelajaran pendidikan daring adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yang terhubung dengan internet. Komunikasi yang disampaikan haruslah komunikasi yang tersusun khusus dan mudah dipahami seperti komunikasi yang efektif, dimana komunikasi dalam proses pembelajaran online tentunya memiliki kendala dari fokus, jaringan, dan bahasa yang disampaikan secara remote. Pentingnya komunikasi yang efektif dalam proses pembelajaran daring adalah karena ilmu yang disampaikan dapat diperoleh dan dipahami. Komunikasi jarak jauh menggunakan media teknologi online juga memiliki kendala atau kelemahan, dimana salah satu kelebihannya adalah dapat mengakses pembelajaran setiap saat serta menghemat biaya dan tenaga, sedangkan kelemahannya adalah pengaruh jaringan yang tidak stabil di lokasi masing-masing dan kurangnya fokus dalam memperoleh ilmu yang disampaikan.


Keywords


Komunikasi Efektif; Pendidikan; Pembelajaran Daring.

References


Adawi, Rabiah. “Pembelajaran Berbasis E-Learning.” Jurnal Bahas Unimed : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan (2008).

Aries Suprapto, H. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2308

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Battle, J. A. (1968). Education for the world of 1984 and 2000 dalam J.A. Battle & Robert Shannon. The new idea in education. Harper & Row Publishers.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Universitas terbuka.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Sage Publication Ltd.

Effendy, O. U. (2005). Ilmu komunikasi teori dan praktik. Remaja Rosdakarya.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Literasi Nusantara.

Hartanto, R. S., & Dani, H. (2020). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software AutoCAD. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1).

Hasbi, M., Mujiastuti, R., Sarip, D. M., Hasbi, M., & Syarip, M. (2017). Penerapan Metode Bayesian Network Dalam Aplikasi E-Learning Berbasis Web. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(2), 36–44. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/1072

Khatimi, H. (2006). Mengenal E-Learning Sebagai Salah Satu Bentuk Kegiatan Pembelajaran. Info Teknik, 7(2), 72–81.

Ludlow, R., & Panton, F. (1992). The Essence of Effective Communication. Prentice Hall.

Luthfi, M., & Supriadi, S. (2021). Membangun komunikasi efektif dalam kegiatan pembelajaran pada timgkat perguruan tinggi. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 5(2).

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik, XII(2), 084–094. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473

Milya, S., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Novita Maulidya Jalal, Nadia Islami Nur Fadilla, Ismalandari Ismail, Rahmawati Syam, & Wilda Ansar. (2022). Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 173–183. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.871

Rudy, T. M. (2005). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Internasional. Refika Aditama.

Sadavoy, J. A., & Zube, M. L. (2021). Organizational Behavior Management. In A Scientific Framework for Compassion and Social Justice. https://doi.org/10.4324/9781003132011-31

Sulistyorini, S., & Endah, W. (2020). Peran Komunikasi Efektif Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Institusi Binti Nasukah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81–93.

Sutirman, S. (2015). Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 6(2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v6i2.3857

Tofan, T. (2018). Universitas Terbaik di Indonesia Tawarkan Program Kuliah Online. IDN Times. https://www.idntimes.com/life/education/rosma-stifani/6-universitas-terbaik-di-indonesia-ini-tawarkan-program-kuliah-online-lho-c1c2/full

Vaughan, W., & Wilsom, J. (2001). A Definition for E-Learning. in Newsletter of Open and Distance Learning Quality Control.

Wahidah, A. F. N., Naimah, N., & Utami, D. T. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Online melalui Strategi Komunikasi Efektif Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3418–3428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1615

William, H., & Katherine, H. (2003). E-Learning Tools and Technologies: A Consumer Guide for Trainers, Teachers, Educators, and Instructional Designers. Wiley Publishing, Inc.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats