Konsep Pendidikan Islam Rahmah El Yunusiyah Padang Panjang Sumatera Barat

Linda Dea Atlis, Ellya Roza

Abstract


Konsep pendidikan Islam adalah suatu pemikiran yang disampaikan oleh tokoh pendidikan untuk menerapkan aturan pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan ajaran Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam yang diterapkan oleh sosok Rahmah El Yunusiyah di Padang Panjang Sumatera Barat. Artikel ini menggunakan metodologi penelitian kepustakaan yang didasarkan pada hasil buku dan bacaan yang berkaitan dengan judul, fokus, dan permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan artikel ini, maka Konsep pendidikan Islam Rahmah El Yunusiyah di Padang Panjang Sumatera Barat adalah menerapkan konsep pendidikan Islam dengan sistem pendidikan secara formal pada sekolah yang dapat dipraktekkan secara informal di lingkungan masyarakat. Rahmah El Yunusiyah mendirikan sekolah yang diberi nama Diniyah Putri Al-Madrasah Al-Diniyyah Al-Banat. Sekolah ini fokus pada pendidikan Islam untuk perempuan dengan konsep pendidikan Islam modernisasi kurikulum seperti melakukan pembaharuan atau menginterpretasikan konsep pendidikan Islam yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadis serta dengan melakukan pembelajaran pada penggabungan  ilmu agama dan umum.


Keywords


Pendidikan; Islam; Rahmah El Yunusiyah.

Full Text:

PDF

References


A.Y Soegeng, Y. (2021). Konsep Pendidikan dan Pengajaran Rangkuman Telaah Kritis Perbedaan, Hubungan, dan Penerapannya.

Abdullah, N. (2017). Rahmah El Yunusiyyah Kartini Padang Panjang (1900-1969). Jurnal Sosiologi Agama, 10(2), 51. https://doi.org/10.14421/jsa.2016.1002-03

Adib, M. A. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam dan Relevansinya di Abad-21. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(2), 99–112.

Ansari, A., & Qomarudin, A. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. Islamika, 3(2), 134–148. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i2.1222

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Sage Publication Ltd.

Derajat, Z. (1995). Pendidikan Islam Keluarga Dan Sekolah. PT Remaja Rosda Karya.

Fian, K., Hananika, M., & Yusuf, A. (2021). Relevansi Konsep Pendidikan Multikultural Berbasis Pendekatan Ki Hadjar Dewantara terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jos.Unsoed.Ac.Id, 3(2), 110–122. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/matan/article/view/4015%0Ahttp://jos.unsoed.ac.id/index.php/matan/article/download/4015/2526

Firmansyah, F. (2022). Kesetaraan Pendidikan Perspektif Rahmah El-Yunusiyah. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 114–127. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i2.586

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Konsep, Teori, Teori, dan Aplikasinya.

Isnaini, R. L. (2016). ULAMA PEREMPUAN DAN DEDIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Pemikiran Rahmah El-Yunusiyah). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 1. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.1.1-19

Jalaluddin, & Idi, A. (2018). Filsafat pendidikan : manusia, filsafat, dan pendidikan (Edisi Revi). Rajawali Pers.

Khozin, A. (1995). Terjemahan Pengetahuan Modern Dalam Al-Quran. Al- Ikhlas.

Mirzakon, Abdi & Purwoko, B. (2005). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Universitas Negeri Surabaya, 10.

Mudyahardjo, R. (2001). Pengantar Pendidikan : sebuah studi awal tentang dasar-dasar pendidikan pada umumnya dan pendidikan di indonesia. Raja Grafindo Persabda.

Muliawan, J. U. (2015). Ilmu pendidikan Islam : studi kasus terhadap struktur ilmu, kurikulum, metodologi dan kelembagaan pendidikan Islam / Jasa Unggug Muliawan. Raja Grafindo Persada.

Munawir, M., & Amalia, A. C. (2023). Konstruksi Pendidikan Pembebasan dalam Al-Madrasatul Diniyah Lil Banat (Diniyah Putri) oleh Syekhah Hajjah Rangkayo Rahmah El-Yunusiyyah. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 5(1), 68–79. https://doi.org/10.15642/jeced.v5i1.2663

Nahrowi, M. (2018). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 77–90. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.123

Nasution, M. I. S., Lubis, H. S. D., & Tanjung, Y. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Tokoh Pembaharuan Pendidikan di Kalangan Perempuan Minangkabau, 1923-1969. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 277–284. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5810

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Kencana.

Nur’aeni, I., Fajrudin, & Marlina, D. (2022). Peran Rahmah El-Yunusiyah dalam Pendidikan Islam Modern di Indonesia 1923-1969. Historia Madania, 6(1), 131–146.

Putra, A. A. (2017). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodelogi Penelitian. Antasari Press.

Rukiati, E. K., & Hikmawati, F. (2006). Sejarah Pendidikan Islam di Indoensia. Pustaka Setia.

Satria, O. (2020). Partisipasi Ulama Perempuan Dalam Penyebaran Islam Di Nusantara Melalui Pendidikan. The International Journal of Pegon : Islam Nusantara civilization, 3(02), 131–160. https://doi.org/10.51925/inc.v3i02.24

Takunas, R. (2019). Dinamika Pendidikan Perempuan Dalam Sejarah Islam. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(1), 23–44. https://doi.org/10.24239/msw.v10i1.386

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=grgmEAAAQBAJ

Wati, S., & Eliwatis, E. (2021). Rahmah El- Yunusiyyah (Inspirator Pendidikan Bagi Kaum Hawa). at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 51. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3338

Yusof, N. M. (2006). Konsep Pendidikan. PTS Professional Publishing Sdn.Bhd.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats