Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Abstract
Kemampuan menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu capaian yang diharapkan oleh siswa Pondok Tahfidz. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menghafal seseorang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa PPTQ Al-Rasyid kelas VII-IX yang berjumlah 121 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Deskriptif Analisis, dan Uji Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) tingkat Kecerdasan Emosional Siswa PPTQ Al-Rasyid masuk dalam kategori “Baik”. Hal ini didasari oleh rata-rata skor Tingkat Capaian Responden (TCR) variabel Kecerdasan Emosional 62 % dan rata-rata skor Tingkat Capaian Responden (TCR) variabel Kemampuan Menghafal Al-Qur’an sebesar 67 %. (2) Variabel Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa. (3) Semakin tinggi tingkat Kecerdasan Emosional seseorang maka akan semakin baik Kemampuan Menghafal Al-Qur’annya. Hal ini berdasarkan pada t hitung lebih besar dari t tabel (9,421 > 0,1786). Sehingga Ha diterima sedangkan Ho ditolak, karena terdapat pengaruh signifikan variabel X terhadap variabel Y, atau secara parsial variabel Kecerdasan Emosional berpengaruh secara signifikan terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa PPTQ Al-Rasyid Kartasura.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsin Sakho, 2017. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakata:Bumi Pustaka. Suryabrata,S. ( 1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.cet VIII. Ahmadi, A dan Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Martin, Anthoni. (2006). Smart Emotion : Membangun kecerdasan Emosi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Goleman. (2005). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Taufik, P. (2006). Manajemen Kecerdasan Memberdayakan IQ, EQ dan SQ untuk Kesuksesan Hidup.Bandung. PT Mizan Pustaka
Yusuf, S. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya Amarillya, P. (2009). Emotional Intelligent Parenting. Jakarta: PT. Elex Media Komputinto. Suharso dan Retnohening. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Misbahul,M. (2005). Ilmu dan Seni Qira’atil Qur’an, Pedoman bagi Qari-Qari’ah Hafidh-Hafidhoh dan Hakim dalam MTQ. Semarang.Hlm 356-357.
Mardiyati.2017 :11
Aini, Nur. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Siswa Kelas VIII di MTs N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. (Penelitian skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta). Diakses pada 6 Juli 2023.
Mufida, Nibayatul. (2019). Pengaruh kecerdasan Emosional terhadap kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di MTs N Tulungagung. (penelitian skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung) Diakses 6 Juli 2023.
Wahid, A. (2012). Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta : Diva Press. Hlm 35 Khumairo‟, Zuhria. (2016). Pengaruh Kecrdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan
Mengahfal Al-Qur’an Siswa di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung. (Penelitian skripsi IAIN Tulungagung). Diakses 5 November 2023.
Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rireka Cipta.
Huda, A. R. (2023, June). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Santri terhadap Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an. In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE) (Vol. 2, pp. 209-230).
Ma’ruf, S. (2023). Penanaman Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas Tahfidz Al-Qur’an Smp Muhammadiyah Pekajangan-Pekalongan (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).
Maulida, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kecepatan Menghafal pada Santri di Pondok Pesantren As-Sa’idiyah Sampang (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).
Hanifah, I. (2022). PERANAN KECERDASAN EMOSI DALAM KEBERHASILAN MENGHAFAL AL QUR'AN (STUDI KASUS DI SMP ITA EL MA'MUR
BOGOR). JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 151-163.
Sugiyono, S (2018). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D
.Alfabeta.Bandung
Maksum, I. (2020). Konsep Kecerdasan Menurut Al-Quran. AL-IFKAR: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(02), 4-24.
DOI: 10.29313/ tjpi .vxix.xxx El Hasbi, A. Z., Damayanti, R., Hermina, D., & Mizani, H. (2023). PENELITIAN KORELASIONAL (Metodologi Penelitian Pendidikan). Al-Furqan: Jurnal Agama,
Sosial, dan Budaya, 2(6), 784-808.
Indonesia, T. R. K. B. B. (2018). Kamus besar bahasa Indonesia. 115 Duwi, P. (2014).
SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi Offset
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan Statistik. Jakarta: Penadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.