IMPLEMENTASI KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MEMBINA PROPHETIC CHARACTER PADA PESERTA DIDIK (Studi Di SMA Muhammadiyah 5 Rancaekek Kabupaten Bandung)

Riska Nuryanti

Abstract


Abstrak

Pembentukan kepribadian manusia melalui pendidikan budi pekerti juga tidak bisa terlepas dari faktor lingkungan, baik keluarga maupun masyarakat. Dalam kaitan ini, maka nilai-nilai akhlak mulia hendaknya ditanamkan sejak dini melalui pembudayaan dan kebiasaan. Nilai prophetic character atau kenabian yang utama adalah sifat-sifat wajib bagi rasul yaitu jujur (shiddiq), amanah, menyampaikan/komunikatif (tabligh), dan cerdas (fathanah). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang konsep, faktor pendukung, faktor penghambat, hasil dari implementasi kemuhammdayahan dalam membina prophetic character dalam membina propheticcharacter pada peerta didik di sma muhammadiyah 5 rancaekek. Penelitian ini mengggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data  yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 5 Rancaekek dilakukan melalui mata pelajaran Kemuhammadiyahan, diantaranya yaitu nilai ibadah, nilai aqidah dan nilai akhlak. Kemudian diajarkan kepada seluruh siswa sebagai mata pelajaran yang wajib diikuti seluruh siswa dan diterapkan pada kehidupan sehari-sehari sebagai kegiatan pembiasaan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. 

 

Kata Kunci: Kemuhammadiyahan, Prophetic Character, Peserta Didik




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats