Taksonomi Pendidikan Islam dalam Regulasi Dakwah Majelis Taklim di Indonesia

Agus Fatuh Widoyo, Athoillah Islamy, M. Syukri Nawir, Zulihi Zulihi

Abstract


Problem sosial kaagamaan, ekonomi, politik maupun lingkungan alam di Indonesia membutuhkan penangan serius dari pemerintah dan juga seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali dari aktifitas keagamaan, seperti halnya dakwah Majelis Taklim. Tujuan studi kualitatif dengan pendekatan normatif-filososfis ini untuk mengidentifikasi dimensi taksonomi pendidikan Islam dalam orientasi dakwah Majelis Taklim yang termaktub pada Pasal 4, Peraturan Menteri Agama nomor.29 Tahun 2019 Tentang Majelis Taklim. Teori taksonomi transenden yang dikonseptualisasikan oleh Ah. Zakki Fuad menjadi landasan perspektif. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, dan analisa data mencakup reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil studi menemukan keberadaan dimensi ilahiyat (teosentris) dan insaniyat (antroposentris) sebagai taksonomi transenden dalam regulasi tentang dakwah Majelis Taklim di Indonesia. Dimensi ilahiyat dapat ditemukan pada orientasi penguatan pribadi umat Islam yang berilmu, beriman dan bertakwa. Selanjutnya, dimensi insaniyat dapat ditemukan pada penguatan pribadi umat Islam yang humanis, pluralis, dan nasionalis. Studi ini menunjukan secara normatif dan eksplisit, dimensi kawniyat (kosmosentris) belum termuat dalam regulasi terkait orientasi dakwah Majelis Taklim di Indonesia, sehingga urgen menjadi perhatian lebih lanjut oleh pemerintah.

Keywords


Taksonomi; Regulasi; Dakwah; Majelis Taklim.

References


Agama RI, Mentri. 2019. Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Majelis Taklim.

Abidin, Zaenal. 2019. "Majlis Ta’lim (Islamic Forum) and Harmonizing Inter Faith Communication," INJECT :Interdisciplinary Journal of Communication 4(1): 115

Al Faruq, Umar. 2020. “Politik Dan Kebijakan Tentang Majelis Taklim Di Indonesia (Analisis Kebijakan Peraturan Menteri Agama No. 29 Tahun 2019).” Jurnal Al-Murabbi 5 (2): 41–59.

Ali, Mukti. 2020. “The Role of Majelis Taklim in the Formation of Islamic Spirituality in Indonesia.” Jurnal Ilmiah Al-Ta’dib 22 (2).

Aqillah, Muyassyifa Ayu, Sri Wahyuningsih, dan Afina Aninnas. 2024. “Da’wah Ecology in Digital Space: A Study of Tiktok Content Pandawara Group Account.” TATHO: International Journal of Islamic Thought and Sciences, 27–38.

Badrun, Badrun, Sujadi Sujadi, Idi Warsah, Imron Muttaqin, dan Ruly Morganna. 2023. “Pancasila, Islam, and Harmonising Socio-Cultural Conflict in Indonesia.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 61 (1): 137–56.

Dahlan, Zaini. 2019. “Peran dan Kedudukan Majelis Taklim di Indonesia.” Jurnal Al-Fatih 2 (2): 252–78.

Fuad, Ah Zakki. 2015. “Rekonstruksi Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Taksonomi Transenden.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 9 (2): 424–46.

———. 2016. “Taksonomi transenden: paradigma baru tujuan pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (1): 1–25.

Harahap, Yudi Septian, Dzul Fadhli Sya’bana, Siti Nurhaliza, dan Nurmawati Nurmawati. 2023. “Taxonomy of learning objectives.” Ta dib Jurnal Pendidikan Islam 12 (1): 159–70.

Hasan, Amir. 2023. “Inovasi dan DakwahAnalisis Majelis Taklim Tambena Atedi Lenteng Madura.” JISAB: The Journal of Islamic Communication and Broadcasting 2(2):131-132.

Hasbullah. 2021. “The Role of Majelis Ta’lim in Disseminating Islamic Knowledge in Indonesia.” Jurnal Studi Islam 25 (01).

Hidayat, Muhammad Ahsan, Tegar Syahid Kalijogo Panotogomo, Septi Munawaroh, Sri Handayani, Erin Intan Saputri, dan Nindi Ayu Apriliana. 2023. “Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Degradasi Moral.” Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 7 (1): 23–40.

Ibrahim, Irmawati, Abd Hamid Isa, dan Yakob Napu. 2020. “Peran Majelis Taklim Nurul Iman Dalam Meningkatkan Kehidupan Beragama.” Jambura Journal of Community Empowerment, 42–49.

Indonesia, Kementrian Agama. 2019. Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim. Vol. 29.

Islamy, Athoillah. 2023a. “Nilai-Nilai Pancasila dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2019 tentang Orientasi Majelis Taklim.” https://ejurnalpancasila.bpip.go.id/index.php/PJK/article/view/181.

———. 2023b. “Pengarustamaan Moderasi Beragama dalam Peraturan Penyelenggaraan Majelis Taklim di Indonesia.” Journal of Religious Policy 2 (1). https://doi.org/10.31330/repo.v2i1.17.

Istiani, Nurul, dan Adib Susilo. 2024. “Reviewing The Core Values of State Civil Apparatus in Indonesia: Perspectives on Islamic Multiculturalism.” TATHO: International Journal of Islamic Thought and Sciences, 1–13.

Mas’ ud, Mukhtar. 2021. “Efektivitas Majelis Taklim dalam Pengembangan Pendidikan Keagamaan.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 19 (1): 53–74.

Muhaimin. 2022. “The Role of Majelis Taklim in Promoting Humanitarian Values in Indonesia.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10 (2).

Muna, Shela Khotijatul, Suhaiella Suhaili, dan Randi Muhammad Gumilang. 2024. “Reflection Method in Shaping Student Character on Islamic Education: Ibn Thufail’s Perspective.” TATHO: International Journal of Islamic Thought and Sciences, 14–26.

Munawaroh, Munawaroh, dan Badrus Zaman. 2020. “Peran Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat.” Jurnal Penelitian 14 (2): 369–92.

Rahmat, Eka. 2021. “Pendidikan Islam Ramah Lingkungan: Sebuah Upaya Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal untuk Melestarikan Alam.” Jurnal Pendidikan Islam 10 (02).

Ridwan, Iwan, dan Istinganatul Ulwiyah. 2020. “Sejarah Dan Kontribusi Majlis Ta’Lim Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel) 6 (1).

Rohayana, Ade Dedi, dan Muhammad Jauhari Sofi. 2021. “Critique of radical religious paradigm: an epistemological analysis from principles of Islamic thought.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 11 (1): 163–84.

Salam, M. Isa H.A.2016. "Al-Dawlah wa al-Da‘wahal-Islāmīyah fī‘ Ahd al-Nizām al-Jadīd:Dirāsah fī Fikr Soeharto min Khilāl al-Khiābāt al-Ri’āsīyah fī al-Munāsabāt al-Islāmīyah bi Indonesia." Studia Islamika 23(1):144.

Satrock, Jhon. W. 2007. Psikologi Pendidikan terj. Triwibowo. Jakarta: Kencana.

Suyadi. 2022. “Learning Taxonomy of Islamic Education: The Development of Aql and the Brain in Quran from a Neuroscience Perspective.” Millah: Jurnal Studi Agama 21 (2).

Taufik, Taufik. 2019. “Integrasi nilai pendidikan iman dan ilmu pengetahuan dalam tafsir al–misbah (kajian surat al–mujadilah 58: 11).” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 1 (2): 317–31.

Tobroni, Faiq. 2021. “Local-Sharia Regulations and Religious Expression in Aceh: Criticism of the Qanun about Establishing Places of Worship.” Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum 55 (1): 209–39.

UIN, Mahasiswa Prodi Magister KPI Pascasarjana. 2019. “Peluang dan Tantangan Majelis Taklim pada Era Teknologi Informasi Ditinjau dari Perspektif Sosiologi Dakwah: Studi Kasus Majelis Taklim Jabal Al-Rahma di Perumahan Bukit Lawang Indah.” Dalam Proceeding of International Conference on Da’wa and Communication. Vol. 1. https://www.academia.edu/download/61170406/PICDC-2019_12.pdf.

Ushuluddin, Achmad, Abd Madjid, Siswanto Masruri, dan Mohammad Affan. 2021. “Shifting paradigm: from intellectual quotient, emotional quotient, and spiritual quotient toward ruhani quotient in ruhiology perspectives.” IAIN Salatiga 11 (1): 139–62.

Yazid, M. Aba, dan Athoillah Islamy. 2023. “Sufism Social Education in Government Policy Related to the Orientation of the MajelisTaklim in Indonesia.” Journal of Islamic Civilization 5 (1): 112–22.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats