Peta Jalan Pendidikan Nasional: Analisis Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam

Burhanudin Ata Gusman, Suyadi Suyadi

Abstract


Kehilangan frasa kolomik agama dalam draf peta jalan Pendidikan Nasional tahun 2020-2035 menyebabkan reaksi dari pemimpin agama, organisasi massa, politisi, masyarakat dan budayawan. Penelitian yang berjudulkan peta jalan Pendidikan nasional: Analisis kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam menggunakan studi kepustakaan, dengan pengumpulan data dari berbagai jurnal-jurnal yang berkaitan dengan tema penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan makna penting dari frasa agama yang tertera dalam draf peta jalan Pendidikan nasional tahun 2020-2035 dalam kurikulum merdeka Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini adalah Pendidikan agama berperan penting dalam mengembangkan potensi  peserta didik berupa spiritualitas keagamaan, akhlak mulia dan budi pekerti yang baik. Sehingga frasa agama dalam peta jalan Pendidikan nasional tidak boleh dihilangkah dalam artian harus tetap ada.

 


Keywords


Peta Jalan; Kurikulum; Pendidikan.

References


Achmad, Ghufran Hasyim, Dwi Ratnasari, Alfauzan Amin, Eki Yuliani, dan Nidia Liandara. 2022. “Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (4): 5685–99. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280.

Amalia, Jihanna, dan Muh. Wasith Achadi. 2023. “Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Materi PAI pada Kelas 10 SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3 (1): 1–23.

Apriliyani, Neng Virly, Denny Hernawan, Irma Purnamasari, Gotfridus Goris Seran, dan Berry Sastrawan. 2022. “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Jurnal Governansi 8 (1): 11–18. https://doi.org/10.30997/jgs.v8i1.5045.

Ariesta, Freddy Widya. 2019. “Peran Pendidikan Agama dan Moral Dalam Pendidikan di Indonesia.” 2019.

Arifin, Syamsul, Nurul Abidin, dan Fauzan Al Anshori. 2021. “Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendahuluan Perkembangan dunia saat ini telah mencapai pada era yang dikenal dengan era industri 4 . 0 dan bergerak menuju era Society 5 .” 7 (1): 65–78.

Baharuddin, Muhammad Rusli. 2021. “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi).” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 4 (1): 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591.

Bahri, Syamsul. 2017. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11 (1): 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Dirjen Dikti Kemendikbud. 2020. “Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.” Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.

Fadli, Muhammad Rijal, dan Dyah Kumalasari. 2019. “Sistem Ketatanegaraan Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang.” Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya 13 (2): 189. https://doi.org/10.17977/um020v13i22019p189-205.

Goli, Nur Halizah, dan Muh. Wasith Achadi. 2023. “Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Kelas 10 Di MA 1 Yogyakarta.” Jurnal Managemen dan Pendidikan Islam 3 (3): 121–29.

Habibah, Maimunnatun. 2022. “Pengembangan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka.” SITTAH: Journal Of Primary Education 3 (1): 76–89. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.11.

Ikhsanudin, Ikhsanudin, Wahyu Setiadi, dan Mukh Nursikin. 2022. “Inovasi Dan Literasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 2 (1): 01–10. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i1.416.

Jayanti, Gita Dwi, Farid Setiawan, Rivaldo Azhari, dan Nursaima Putri Siregar. 2021. “Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035.” Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan 6 (1): 40–48. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i1.618.

Kamil. 2021. “Empat Poin Dasar dalam Penyusunan Peta Jalan Pendidikan 2020-2035.” Kompas. 2021. https://nasional.kompas.com/read/2020/11/18/16172931/ini-empat-poin- dasar-dalam-penyusunan-peta-jalan-pendidikan-2020-2035?page=all%0AKemendikbud.

Kartini, N. Euis, Encep Syarief Nurdin, Kama Abdul Hakam, dan Syihabuddin Syihabuddin. 2022. “Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Basicedu 6 (4): 7292–7302. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3478.

Kemendikbud. 2020. “Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035.” 2020. http://eng.unila.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/5.a-Peta-Jalan-Sistem-Pendidikan- 2020-2035_Kemendikbud.pdf.

Khairunnisa, Indah, Betty Mauli, dan Rosa Bustam. 2023. “Dimensi fitrah dan relevansinya dalam Pendidikan Agama Islam berbasis konsep Merdeka Belajar.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 12 (2): 121–33. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.9327.

Ma’ruf, Roisul, Reni Sasmita, Fuji Awaliah, Khusna Haibati Lathif, dan Alicia Anderson. 2021. “Penguraian Urgensi Frasa Agama dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional (PJPN) 2020-2035.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26 (1): 38–50. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4837.

Menristekdikti. 2018. “Pengembangan IPTEK Dan Pendidikan Tinggi Di Era Revolusi Industri.” 2018.

Mubarok, Muhammad Shofi. 2015. “Kepemimpinan Pendidikan Dalam Perspektif Enam Sistem Nilai Prof. Dr. Ahmad Sanusi.” Insania 20 (2).

Murdiyanto, Eko. 2020. Metode penelitian kualitatif. I. Yogyakarta: Lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Nono. 2021. “Polemikono Pendidikan Agama. BKPSDM Kampar.” 2021. https://bkd.kamparkab.go.id/question/polemik-pendidikan-agama Oebaidillah,.

Paramita, Ainun Amaliya, Farid Setiawan, Safira Rona Mahmudah, dan Aulia Yuliani. 2021. “Analisis Draf Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035 Dan Perannya Terhadap Pendidikan Islam.” Almufi Jurnal Pendidikan (AJP) 1 (2): 55–60.

Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, dan Yunus Abidin. 2022. “Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6 (2): 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Roni, Roni Pasaleron, Syafruddin Nurdin, dan Muhammad Kosim. 2022. “Problema Integrasi-Interkoneksi Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Penguatan Kebijakan Inovasi Merdeka Belajar di Pesisir Selatan.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 5 (02): 153–70. https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.679.

Saiin, Asrizal. 2017. “Reaktulisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Justitia Et Pax 33 (2).

Sidiq, Umar, dan Moh Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata karya.

Susilowati, Evi. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1 (1): 115–32.

Sutarman, Haryono Edihermawan, Agus Salim. 2017. “Kehidupan Manusia Dengan Membudayakan Pendidikan Dan Sistem Nilai-Nilai Islami.” Jurnal Pemikiran dan pencerahan 3 (2).

Suyadi. 2010. “Konsep Edutainment Pembelajaran di Tingkat SD/MI (Antisipasi keterkejutan mental anak pada masa transisi dari TK/RA ke SD/MI).” Al-Bidayah 2: 1–16.

Suyadi, dan Sutrisno. 2018. “A genealogycal study of Islamic education science at the faculty of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.” Al-Jami’ah 56 (1): 29–58.

Suyadi, Suyadi. 2019. “Mainstreaming the Knowledge of Islamic Education With Progress and of Islam Nusantara Education.” AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam 24 (1): 39. https://doi.org/10.32332/akademika.v24i1.1613.

Ujiana, R. 2022. “Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikukulum Merdeka.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2 (6): 235–38. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/586%0Ahttp://202.162.210.184/index.php/guau/article/download/586/550.

Wibowo, Eko Ari. 2021. “Nadiem Revisi Draf Peta Jalan Pendidikan 2020-2035, Frasa Agama Dipastikan Ada.” TEMPO.CO. 2021. https://nasional.tempo.co/read/1440958/nadiem-revisi-draf-peta-jalan-pendidikan-2020-2035-frasa-agama-dipastikan-ada.

Yusmaliana, Desfa, dan Suyadi Suyadi. 2019. “Pengembangan Imajinasi Kreatif Berbasis Neurosains dalam Pembelajaran Keagamaan Islam.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 14 (2): 267. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.4213.

Zubaidah, Neneg. 2020. “Komisi X DPR Ingatkan Tentang Pentingnya Peta Jalan Pendidikan Nasional.” Sindonews. 2020. https://edukasi.sindonews.com/read/236904/212/komisi-x-dpr-ingatkan- tentang-pentingnya-peta-jalan-pendidikan-nasional-1605697889?showpage=all.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats