Keragaman Peserta Didik dan Pembelajaran yang Akomodatif terhadap Kebutuhan Individual (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keragaman peserta didik dan pembelajaran yang akomodatif terhadap kebutuhan individual. Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung sebanyak 73 orang dengan sampling jenuh maka jumlah sampel sebanyak 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis diskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman peserta didik pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung berada dalam kategori cukup baik, pembelajaran yang akomodatif pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori cukup baik, dan kebutuhan individual pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori cukup baik. Pengaruh keragaman peserta didik terhadap kebutuhan individual pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori kuat, pengaruh pembelajaran yang akomodatif terhadap kebutuhan individual pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori sedang, dan pengaruh keragaman peserta didik dan pembelajaran yang akomodatif terhadap kebutuhan individual pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori kuat.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta
Kamal, M. (2018). Pengembangan Materi PAI berwawasan multikultural sebagai
upaya menanamkan nilai-nilai keberagaman siswa SMKN 1 Ampek Nagari
Kabupaten Agam. Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, 13, 26
Mahfud, C. (2011). Pendidikan multikultural. Pustaka Pelajar.
Priadana, Moh. Sidik & Saludin Muis. 2009. Metodologi Penelitian Ekonomi dan
Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu
Pujaningsih. (2010a). Promoting Social Competence Children with Learning
Difficulties: Fact and Teacher Strategy. Proceddings: First annual inclusive
Education Practices Conference. 874-884. Pujaningsih (2010b). Layanan
Pendidikan anak Berkesulitan Belajar di Sekolah dasar melalui Model
Akomodasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 16, Edisi
Khusus II, Hal. 198-210
Purnamasari, I. (2017). Keragaman di ruang kelas: Telaah kritis wujud dan
tantangan pendidikan multikultural. Harmony, 2(2), 130–138.
Rosyidi, Suherman. 2009. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori
Ekonomi Mikro dan Makro. PT. Grafindo
Samsudin, A. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sari Rudiyati, dkk. (2010). Penanganan Anak berkesulitan Belajar berbasis
Akomodasi Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Vol. 40, No. 2, Hal. 187-200
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Afabeta
Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yuen, M.,Westwood,P.,Wong,G.,(2004).“Meeting the needs of Students with
Specific Learning Difficulties in The Mainstream Education System:
Data From Primary School Teachers in Hong Kong”.The International
Journal of Special Education. 2004, Vol 20 no 1.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.