Keragaman Peserta Didik dan Pembelajaran yang Akomodatif terhadap Kebutuhan Individual (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung)

Muhamad Tsany Nurshiddiq

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keragaman peserta didik dan pembelajaran yang akomodatif terhadap kebutuhan individual. Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung sebanyak 73 orang dengan sampling jenuh maka jumlah sampel sebanyak 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis diskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman peserta didik pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung berada dalam kategori cukup baik, pembelajaran yang akomodatif pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori cukup baik, dan kebutuhan individual pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori cukup baik. Pengaruh keragaman peserta didik terhadap kebutuhan individual pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori kuat, pengaruh pembelajaran yang akomodatif terhadap kebutuhan individual pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori sedang, dan pengaruh keragaman peserta didik dan pembelajaran yang akomodatif terhadap kebutuhan individual pada Siswa Kelas XII SMK TI Garuda Nusantara Bandung dalam kategori kuat.


Keywords


Keragaman Peserta Didik, Pembelajaran yang Akomodatif, Kebutuhan Individual

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta

Kamal, M. (2018). Pengembangan Materi PAI berwawasan multikultural sebagai

upaya menanamkan nilai-nilai keberagaman siswa SMKN 1 Ampek Nagari

Kabupaten Agam. Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, 13, 26

Mahfud, C. (2011). Pendidikan multikultural. Pustaka Pelajar.

Priadana, Moh. Sidik & Saludin Muis. 2009. Metodologi Penelitian Ekonomi dan

Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu

Pujaningsih. (2010a). Promoting Social Competence Children with Learning

Difficulties: Fact and Teacher Strategy. Proceddings: First annual inclusive

Education Practices Conference. 874-884. Pujaningsih (2010b). Layanan

Pendidikan anak Berkesulitan Belajar di Sekolah dasar melalui Model

Akomodasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 16, Edisi

Khusus II, Hal. 198-210

Purnamasari, I. (2017). Keragaman di ruang kelas: Telaah kritis wujud dan

tantangan pendidikan multikultural. Harmony, 2(2), 130–138.

Rosyidi, Suherman. 2009. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori

Ekonomi Mikro dan Makro. PT. Grafindo

Samsudin, A. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sari Rudiyati, dkk. (2010). Penanganan Anak berkesulitan Belajar berbasis

Akomodasi Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Vol. 40, No. 2, Hal. 187-200

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Afabeta

Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yuen, M.,Westwood,P.,Wong,G.,(2004).“Meeting the needs of Students with

Specific Learning Difficulties in The Mainstream Education System:

Data From Primary School Teachers in Hong Kong”.The International

Journal of Special Education. 2004, Vol 20 no 1.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats