Strategi Madrasah Aliyah Al-Hidayah Ibun dalam Membangun Etika Komunikasi Murid kepada Guru

Rizki Zakiyah Nur Rohmah, Ikin Asikin, Ayi Sobarna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai kebijakan, implementasi dan evaluasi strategi yang diterapkan sekolah untuk membangun komunikasi etis antara siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan Madrasah Aliyah Al-Hidayah Ibun mengenai strategi membangun komunikasi etis antara siswa dan guru dilaksanakan melalui tiga strategi, antara lain pembentukan program pelatihan keterampilan komunikasi, pengembangan sekolah positif budaya, dan penerapan sistem penghargaan dan hukuman. . (2) Program pelatihan keterampilan komunikasi siswa dilaksanakan melalui empat program yaitu Matsama, LDKS, Sanlat, dan Duta Etika Komunikasi dan Bahasa yang dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada siswa seperti memberikan materi mengenai tata krama dan moral kepada guru. , prinsip etika komunikasi dalam Al-Qur'an. melalui latihan keterampilan berbicara seperti diskusi, public speaking, dan juga latihan khotbah dan ceramah singkat. Madrasah menciptakan budaya positif di lingkungan sekolah melalui program pembiasaan, membuat kampanye promosi, menciptakan interaksi edukatif antara siswa dan guru, serta membina lingkungan madrasah yang disiplin. . Sistem penghargaan diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai etika komunikasi yang baik berupa pemberian sertifikat dan hadiah lainnya. Hukuman yang diberikan kepada siswa yang melanggar berupa poin pelanggaran. (3) Evaluasi penanaman etika komunikasi dilakukan melalui tes tertulis untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap etika komunikasi, serta praktiknya melalui presentasi, khotbah, dan kuliah singkat. Selanjutnya duta etika komunikasi dinilai melalui integrasi etika komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarkan pesan-pesan positif kepada mahasiswa lainnya. Terdapat aturan yang mengatur etika komunikasi siswa, sehingga apabila terjadi pelanggaran akan diberikan sanksi berupa poin pelanggaran dan sanksi pendidikan lainnya. Evaluasi terhadap sistem reward dan punishment dilakukan secara berkala untuk memastikan efektivitasnya.


Keywords


Strategi; Etika Komunikasi; Murid.

References


Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Vol.7, No.2 Desember 2020. 7(2), 130–139.

Amansari. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-C Materi Penyelenggaraan Kekuasaan Negara Pelajaran PKN Melalui Model Pembelajaran Talking Stik Pada SMP Negeri 2 Peukan Baro Kabupaten Pidie. 9(8), 1516–1527.

Andriyani, Y., Husein Arifin, M., & Wahyuningsih, Y. (2021). Pengaruh Modernisasi Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 268–278. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.232

Fauzan, & Nazaruddin. (2021). Etika Komunikasi Remaja Terhadap Orang Tua Ditinjau Dari Psikologi Perkembangan Remaja. Jurnal Al-Madaris, 2(2), 61–71.

Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi dalam Pembelajaran di S Dasar. Educator: Directory of Elementary Education Journal, 2(2), 164–180.

Mustakar, Erwin, & Usman. (2024). Efektivitas Sanksi dalam Menanggulangi Pelanggar Tata Tertib Siswa di MTs Negeri 2 Ketapang. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 167–176.

Nugraha, C. A., Asikin, I., & Suhardini, A. D. (2021). Etika Komunikasi Siswa kepada Guru dalam Perspektif Aktivitas Kelompok Remaja Islam di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.41

Pratomo, W., Nadziroh, & Chairiyah. (2021). Pratomo, Wachid. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 137–144.

Puspitasari, R. D. (2019). Kasus Bullying Siswa terhadap Guru di Gresik Ditinjau dari teori Nilai Moral. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Rizqi, W. T. (2021). Penanman Etika Komunikasi Bisri Mustofa Dalam Proses Pembelajaran Di MA Nurul Islam Boyolali. Jurnal PUstaka Komunikasi, 4(2), 223–235.

Saihu, M. (2021). Etika Komunikasi dalam Pendidikan Melalui Kerangka Teori Teacher Engagement di SMK Puspita Persada Jakarta Selatan. Edukasi IIslmai: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 445–466.

Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi (Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahassiawa). Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135.

Sarihadi, S. S., Ariasanti, K., & Ahmad, H. (2022). Peranan Metode Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Akhlak Terpuji Pesrta Didik Di Madrasah Aliyah Raudlatul MUta’alimin Opo-Opo Krejengan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5211–5227.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukadari. (2020). Peranan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75–86. http://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/857

Suntiah, R., Fikri, M., & Assidiqi, M. H. (2021). Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School. Atthulab: Juranl Religion Teaching & Learning, 5(1), 21–36.

Ulfi, I. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam pembelajaran Sejarah. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 85–94.

Undari, R., Muthali’in, A., & Prasetiyo, W. H. (2022). Etika komunikasi siswa dalam pembelajaran daring: Studi kualitatif pada pembelajaran PPKn. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 62–74. https://doi.org/10.23917/sosial.v3i1.623

Yamawidura, E. (2019). Perumusan Strategi Pengembangan Berdasarkan Strategi QSPM (Studi Pada Perusahaan Persewaan Alat Pesta YAMA). Urnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats