Corak Tradisi Kitab Klasik di Pesantren Tradisional dan Modern di Tasikmalaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan corak tradisi kitab klasik di Pesantren Miftahul Huda sebagai Pesantren Tradisional dan Pesantren Persis 67 Benda di Tasikmalaya sebagai Pesantren Modern. Metode yang diterapkan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi banding. (1) Corak tradisi kitab klasik di Pesantren Miftahul Huda adalah; dari segi otoritas pemilihan kitab klasik adalah prerogatif Dewan Kiai; ragam kitab dan materi fokus pada Fan Tauhid; metode yang digunakan adalah metode bandongan, sorogan, melogat, mudzakarah, dan hafalan kitab; rantai sanad keilmuan diyakini memiliki nasab yang jelas hingga ke tokoh Islam Indonesia. Sertifikat khatam kitab pun diberlakukan sebagai pengakuan atas kemahiran santri dalam pembelajaran kitab; interpretasi dilakukan dengan melogat dan terjamah; implementasi nilai ditonjolkan dengan 3 adab: ta’dhim masyayikh (guru), ta’dhim ma’ahid (pesantren), ta’dhim ilmi (ilmu). (2) Corak tradisi kitab klasik di Pesantren Persis Benda adalah; dari segi otoritas pemilihan kitab klasik adalah prerogatif Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis); ragam kitab dan materi fokus pada fiqih dengan konsep "kembali kepada al-Qur'an dan as-Sunnah"; metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya-jawab, dan penugasan; rantai sanad keilmuan diyakini memiliki nasab yang jelas hingga ke tokoh Persatuan Islam (Persis). Sertifikat Sanad Qiro'ah pun diberlakukan sebagai pengakuan atas kemahiran santri dalam pembelajaran al-Qur'an; interpretasi dilakukan dengan terjemah harfiyah dan tafsiriyyah; implementasi nilai dikuatkan melalui Bai’at (janji) setiap hari Kamis. (3) Persamaan kedua pesantren tersebut adalah; otoritas kitab ditentukan oleh ulama; mayoritas ragam materi dan metode sama; mempercayai rantai sanad keilmuan; perbedaan Interpretasi diwarnai oleh adanya perbedaan tingkat keilmuan, konteks sosial dan budaya; Mempercayai bahwa pengajaran kitab klasik juga berpengaruh terhadap perubahan sikap dan perilaku santri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Izatul dan Sirojudin, Didin (2022) Efektivitas Arab Pegon Dalam Pemahaman Kitab Kuning Di Pesantren Darun Najah Malang. Journal of Education and Management Studies Vol. 5, No. 6, Desember 2022 Hal. 41- 45
Amirudin, Ja'far dan Rohimah, Elis (2020) Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 14; No. 01; 2020; 268-282
Anwar Bachtiar, Tiar. (2012) Sejarah Pesantren Persatuan Islam 1936-1983. Jakarta: Pembela Islam Media
Brata, Rospia. (2013) Sejarah Berdirinya Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Univeritas Galuh Ciamis: Jurnal Artefak “History and Education” vol. 1,
Dhofier, Zamakhsyari. (2011) Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES,
Djazilam, Syukron (2019) Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional dalam Era Modernisasi. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman Vol. 5, No. 1, Maret
Hakim, Arief Rahman. (2017) Sejarah Masuk dan Berkembangnya Persatuan Islam di Tasikmalaya Tahun 1935-1994. Bandung; Aria Mandiri Group
Hasani (2011) Meneguhhkan Kembali Tradisi Pesantren. Lampung: IAIN Raden Intan, Vol. 9, No. 2, Juli - Desember
Hidayah, Bashirotul (2019) Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning melalui Pembelajaran Arab Pegon. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Maret
Krisman, Nandang (2022) Problem dan Tantangan Pembelajaran Kitab Kuning di Indonesia. Tsamratul -Fikri | Vol. 16, No. 2
Madjid, Nurcholish (1997). Bilik-bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina PT Temprint
Maskuri dkk., (2022) Metode Pembelajaran Kitab Kuning. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab Juli 2022 | Vol. 3 No. 2
Mubarok, Najib (2019) Optimalisasi Penerapan Tradisi Pesantren Salaf bagi Santri Kalong. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies. Volume IV, Nomor 2, November
Muchlis. (2015) Tradisi Pesantren dalam Tantangan Arus Globalisasi. Kota Bima; Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Ilmiah “Kreatif” Vol. XII No. 1 Januari
Risalah. (2008) Pesantren Persatuan Islam. Bandung: Majalah Risalah no. 3 Juni
Salni. (2018) Tradisi Pesantren: Antara Tradisionalis Dan Modernis. Palembang: UIN Raden Fatah, Vol. 19 Nomor 2, Desember
Satria, Rengga (2019:178) Intelektual Pesantren: Mempertahankan Tradisi Ditengah Modernitas. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Vol. 7, No. 2, Juli-Desember
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta
Syafi'i, Ahmad Helwani (2020). Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Khusus al-Halimy Sesela. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI Vol. 5, No. 2, Oktober 2020, hal. 40-49
Widiastuti, Nur (2021) Metode Pembelajaran dalam Upaya Internalisasi Nilai-nilai Keislaman. AL FATIH Volume 1, Nomor 1
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.